×
×

Search in Mata Mata Musik

Punk Rocker Cewek ABG The Linda Lindas Dikontrak Epitaph Records

Posted on: 05/23/21 at 11:00 am

Punk Rocker Cewek ABG The Linda Lindas Dikontrak Epitaph Records

The Linda Lindas. Kuartet punk rock cewek ABG ini menjadi salah satu “buzz band” yang meramaikan media sosial dalam seminggu terakhir. Sejak video penampilan live mereka di Perpustakaan Umum Los Angeles (LA Public Library) viral dan menuai banyak pujian. Setelah usut punya usut, ternyata mereka telah menandatangani kontrak dengan Epitaph Records. Seorang perwakilan dari label rekaman besar tersebut mengonfirmasi kepada Variety tentang kesepakatan dengan band remaja tersebut.

Baca juga: The Linda Lindas, Kuartet Punk Remaja Putri Yang Dunia Perlu Ketahui!

Band ini dihuni Lucia (gitar, 14 tahun), Mila (dram, 10 tahun), Eloise (bass, 13 tahun), dan Bela (gitar, 16 tahun). Mereka mendeskripsikan dirinya di media sosial sebagai “Setengah Asia / Setengah Latin. Saudara perempuan, sepupu, dan sahabat yang bermain musik bersama karena itu menyenangkan!!”.

Kiprah mereka dimulai pada tahun 2018 di Los Angeles (LA) dengan memainkan lagu-lagu cover band punk idola mereka. Dan telah lama mendapat dukungan dari musisi senior yang mayoritas di kancah punk. Mereka telah membuka konsernya Best Coast, Money Mark dan band punk veteran LA seperti The Dils dan Alley Cats. Dan mereka diminta secara khusus Kathleen Hanna dari Bikini Kill untuk membuka konsernya pada tahun 2019. Video pertunjukan mereka di LA Public Libray merupakan bagian dari peringatan AAPI (Asian American and Pacific Islander alias Asia Amerika dan Kepulauan Pasifik) Heritage Month.

Epitaph Records Rumah Punk

Epitaph Records jelas merupakan label rekaman yang terkenal sebagai rumah bagi band-band alternative rock, punk rock, hardcore, dan metalcore. Pendirinya tidak lain adalah gitaris Bad Religion, Brett Gurewitz. Banyak banget album punk legendaris lahir dari rahim label ini. Sebut saja Bad Religion Recipe for Hate, Rancid …And Out Come the Wolves, The Offspring Smash, NOFX Punk in Drublic, dan daftarnya masih panjang lagi. The Linda Lindas sangat cocok masuk roster label indie besar tersebut yang dengan bangga turut melanjutkan warisan scene punk rock di Los Angeles selama hampir 50 tahun.

Namun, ada fakta lain yang menarik untuk disorot. Bokap sang dramer, Mila adalah seorang produser-sound engineer pemenang Grammy, Carlos de la Garza. Carlos telah bekerja dengan lusinan artis, tetapi yang paling menonjol adalah Paramore, Cherry Glazerr, Best Coast dan Bad Religion. Jadi enggak usah heran yah. Sedangkan bokapnya Eloise adalah Martin Wong, salah satu pendiri dan editor majalah Giant Robot.

The Linda Lindas ‘Racist, Sexist Boys’

Epitaph Records telah meng-upload video The Linda Lindas ‘Racist, Sexist Boys’ live di LA Public Library di kanal YouTube mereka. Lagu tersebut ditulis oleh Mila dan Eloise setelah seorang anak laki-laki merundung Mila selama sekolah. “Beberapa saat sebelum kami mengalami lockdown, seorang anak laki-laki di kelasku mendatangiku dan mengatakan bahwa ayahnya menyuruh dia untuk menjauh dari orang-orang China,” kata Mila sebelum memulai performanya di pertunjukan LA Public Library. “Setelah aku mengatakan kepadanya bahwa aku adalah orang China, dia menjauhi aku. Eloise dan saya menulis lagu ini berdasarkan pengalaman itu,” imbuhnya. Dalam set LA Public Library, mereka juga menyertakan lagu orisinal yang mereka tulis untuk film dokumenter Netflix “The Claudia Kishi Club”, serta lagu cover ‘Big Mouth’ dari The Muffs dan ‘Rebel Girl’ dari Bikini Kill.

Baca juga: Rinada, Eks-Lady Rocker Rilis Single Religi Karya Deddy Dores

Video ‘Racist, Sexist Boys’ menuai pujian dari gitaris Rage Against The Machine, Tom Morello, dan salah satu pendiri Sonic Youth, Thurston Moore, dan beberapa musisi lainnya.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Ramones

    Ramones 'I Wanna Be Sedated' Digubah Tenacious D Buat Kampanye Vaksin

    Jack Black / Kyle Gass / Amy Lee, via YouTube Ramones lagu-lagunya memang asyik buat di-cover. Contohnya Kyle Gass dari Tenacious D yang telah menggubah sal

    on Jun 5, 2021
    Sum 41

    Sum 41 Dedikasikan Single Buat Istri Sang Vokalis Yang Nyaris Bunuh Di...

    Sum 41 (Foto: Ashley Osborn). Sum 41 merilis versi terbaru dari single 'Catching Fire' mereka, kali ini fitur rapper nothing,nowhere. Deryck Whibley, vokali

    on May 31, 2021
    Konser Punk

    Konser Punk Di AS Jual Tiket $18 Buat Tervaksinasi, $1000 Yang Belum

    Crowd di sebuah Punk Rock Show (Foto: Melinda Oswandel). Konser punk yang satu ini termasuk hal yang baru. Seorang promotor konser di Florida, Amerika Serik

    on May 30, 2021
    Punks Reformasi

    Punks Reformasi Rilis Lagu 'Bali Bersama JRX' Jelang Bebasnya JRX

    Punks Reformasi (Foto: Instagram/punksreformasi). Apa yang dialami I Gede Ary Astina alias Jerinx atau JRX, penggebuk dram legenda punk rock Indonesia Super

    on May 23, 2021