×
×

Search in Mata Mata Musik

Punks Reformasi Rilis Lagu ‘Bali Bersama JRX’ Jelang Bebasnya JRX

Posted on: 05/23/21 at 1:00 pm

Punks Reformasi Rilis Lagu 'Bali Bersama JRX' Jelang Bebasnya JRX
Punks Reformasi (Foto: Instagram/punksreformasi).

Apa yang dialami I Gede Ary Astina alias Jerinx atau JRX, penggebuk dram legenda punk rock Indonesia Superman Is Dead (SID) sangat patut kita soroti. Kasus yang telah menggiringnya meringkuk di balik jeruji penjara itu menimbulkan keprihatinan bagi keluarga, rekan, sahabat serta para penggemar. Untungnya, sebentar lagi JRX akan bebas setelah menjalani masa hukuman selama 10 bulan. Hal ini dikarenakan Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan oleh Jaksa.

Baca juga: The Linda Lindas, Kuartet Punk Remaja Putri Yang Dunia Perlu Ketahui!

Gaung solidaritas untuk musisi pemilik Twice Bar di Kuta, Bali itu lantas bermunculan. Terutama dari para penggiat musik punk di Bali yang terkumpul dalam wadah Punks Reformasi. Bentuk solidaritas mereka tuangkan dengan merilis lagu sekaligus video musik berjudul ‘Bali Bersama JRX’.

“Lagu ini adalah bentuk solidaritas juga penyemangat untuk Ary Astina a.k.a JRX SID, dan semua orang yang memperjuangkan kebebasan berpendapat, berekspresi, karena tidak ada standar ganda untuk itu,” tutur si penulis lirik lagu ini, Roy Djihard.

Dalam konteks perkara Jerinx, Punks Reformasi berpendapat harusnya suami Nora Alexandra itu bebas atau lepas dari jeratan hukum. Meski keputusan hakim berbeda, dan akhirnya menjatuhkan vonis penjara terhadap Jerinx.

“Hal itu yang menjadi salah satu pemicu tercetusnya ide untuk penggarapan lagu ‘Bali Bersama JRX’. Di saat semua diam, JRX maju terdepan menyuarakan ketidakadilan dari ibu hamil yang harus kehilangan bayinya hanya karena harus melewati proses rapid test kala itu, dan akhirnya menyeretnya ke penjara,” jelas Roy, vokalis dari The Djihard ini.

Melibatkan Istri JRX, Nora Alexandra

Berbicara konsep lagu ‘Bali Bersama JRX’ sejatinya telah dipersiapkan oleh Roy Djihard di penghujung tahun 2020. Namun baru terealisasi penggarapannya di bulan Maret 2021.

Proses produksi video musik sendiri ditangani oleh Purdana Scream dan Botel Torpedo, yang menjadi bagian dari Punks Reformasi di bawah bendera “Torpedo TV”.

Dalam karya ini, Punks Reformasi melibatkan Nora Alexandra, istri Jerinx. Nantinya lagu sekaligus video musik ‘Bali bersama JRX’ akan dirilis di basecamp Punks Reformasi di Pondok Baladewa secara live, Kamis, 20 Mei 2021.

“Semoga ini bisa menginspirasi tentang rasa solidaritas persaudaraan, dan juga perjuangan untuk kebebasan berpendapat dan berekspresi,” harap Roy Djihard.

Punks Reformasi Sebagai Komunitas & Band

Perlu kalian ketahui, Punks Reformasi awalnya adalah wadah beberapa band punk di Kota Denpasar (Criminal Asshole, Reject, The Djihard, Rongsokan, Total Vandal, Rawback, Pendosa, Ranjau, Jahanam) yang ikut dalam barisan gerakan “Bali Tolak Reklamasi”.

Seiring berjalannya waktu, mereka bertransformasi menjadi komunitas yang kerap turun di berbagai kegiatan sosial. Juga menjadi band yang selalu menyuarakan perlawanan, kritik sosial dalam setiap penampilannya.

Punks Reformasi diawaki oleh Yande Reject, Jayak Criminal, Roy Djihard, Gus Surya Vandal, Katox Freedom, Defuckingdick, Tongzhell, Turah Rawback, Lengar Reject, Yuve Tham, Shynta Bagwel, Pecon Ranjau, Bego, Purdana Scream, Botel Torpedo, dan Dek Jerink.

Baca juga: Tepat HUT Ke-25, Superman Is Dead Ajak Seluruh Fansnya Serukan: Bebaskan JRX!

Mari kita simak video musik ‘Bali Bersama JRX’ dari Punks Reformasi agar gaungnya lebih luas lagi, silakan dibagikan dan disebarkan.

Sumber: Kumparan
Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Ramones

    Ramones 'I Wanna Be Sedated' Digubah Tenacious D Buat Kampanye Vaksin

    Jack Black / Kyle Gass / Amy Lee, via YouTube Ramones lagu-lagunya memang asyik buat di-cover. Contohnya Kyle Gass dari Tenacious D yang telah menggubah sal

    on Jun 5, 2021
    Sum 41

    Sum 41 Dedikasikan Single Buat Istri Sang Vokalis Yang Nyaris Bunuh Di...

    Sum 41 (Foto: Ashley Osborn). Sum 41 merilis versi terbaru dari single 'Catching Fire' mereka, kali ini fitur rapper nothing,nowhere. Deryck Whibley, vokali

    on May 31, 2021
    Konser Punk

    Konser Punk Di AS Jual Tiket $18 Buat Tervaksinasi, $1000 Yang Belum

    Crowd di sebuah Punk Rock Show (Foto: Melinda Oswandel). Konser punk yang satu ini termasuk hal yang baru. Seorang promotor konser di Florida, Amerika Serik

    on May 30, 2021
    The Linda Lindas

    Punk Rocker Cewek ABG The Linda Lindas Dikontrak Epitaph Records

    The Linda Lindas. Kuartet punk rock cewek ABG ini menjadi salah satu "buzz band" yang meramaikan media sosial dalam seminggu terakhir. Sejak video penampil

    on May 23, 2021