×
×

Search in Mata Mata Musik

Putri Paul McCartney, Mary Menjadi Narator Film Dokumenter “Abbey Road”

Posted on: 01/13/21 at 11:00 am

Putri Paul McCartney, Mary Menjadi Narator Film Dokumenter "Abbey Road"
Mary McCarthy. (Foto: Grace Guppy via Instagram/@grace.guppy).

Pada 1931, Gramophone Company membuka studio rekaman di kompleks hunian Georgia di Abbey Road, London. Yup, namanya Abbey Road Studios. Sembilan dekade kemudian, Abbey Road Studios menjadi salah satu studio rekaman paling terkenal dan legendaris karena memiliki nilai historis yang tinggi. Sekarang, Mary McCartney, putri dari mantan personil The Beatles, Paul McCartney dan istrinya, Linda McCartney, berencana untuk menjadi narator alias menceritakan kisah studio tersebut melalui film dokumenter yang berjudul, If These Walls Could Sing.

Baca juga: Paul McCartney: Beatles Nyaris Konser Penontonnya Dipisah Berdasarkan Warna Kulit

Bagi banyak orang, pentingnya Abbey Road sebagai nama jalan maupun studio rekaman berkaitan dengan Abbey Road, album studio ke-11 oleh The Beatles. Namun, bekas studio rekaman milik EMI itu memiliki tempat yang kaya di lebih banyak sejarah musik Inggris, dari sesi tahun 1930-an dengan London Symphony Orchestra hingga rekaman digital pertama yang pernah dibuat di Inggris hingga kini menjadi tonggak sejarah.

Film If These Walls Could Sing akan menjadi pertama kalinya para kru film dokumenter diizinkan masuk ke dalam dinding studio keramat itu. Mereka berasal dari Mercury Studios, ventura baru dari Universal Music Group, dan film itu akan diproduseri oleh pembuat film pemenang Oscar John Battsek (Searching for Sugar Man, One Day in September). Film ini akan siap tayang hanya beberapa saat setelah perayaan hari jadi ke-90 Abbey Road Studios pada November tahun ini.

Dalam suatu pernyataan, Mary McCartney menjelaskan apa arti studio itu baginya, dengan menulis, “Beberapa kenangan paling awal aku sebagai anak kecil berasal dari waktu yang dihabiskan di Abbey Road. Aku sudah lama ingin menceritakan kisah tentang tempat bersejarah ini dan aku nggak bisa berkolaborasi dengan tim yang lebih baik dari John dan Mercury Studios untuk mewujudkan ambisi kreatif ini”.

Abbey Road yang begitu ikonik dengan “zebra cross” jalan yang terkenal di dekat studio itu terus menjadi simbol yang kuat. Pada 2019, setelah Drake memuncaki tiga rekor The Beatles, doi merayakannya dengan membuat tato Abbey Road. Awal tahun ini, kota London memulihkan zebra cross yang telah lama terabaikan selama pandemi virus Corona.

Baca juga: Beginilah Serunya Klip Footage Pertama Film Dokumenter The Beatles: Get Back

If These Walls Could Sing juga bukan satu-satunya dokumenter tentang The Beatles di permukaan, karena film garapan sutradara top markotop Peter Jackson, Get Back akan tayang di bioskop pada bulan Agustus ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Enuff Z'Nuff

    Enuff Z'nuff Rilis Album Tribute The Beatles "Enuff Z'Nuff's Hardrock ...

    Foto: dok. Enuff Z'nuff. Seakan tidak pernah luntur kecintaan para penikmat musik kepada band rock n' roll legendaris The Beatles. Begitu juga yang dirasaka

    on Sep 16, 2021
    Rock

    Rock Sudah Mati? Kecuali BTS, 10 Best Selling Album 2021 Adalah Rock!

    Lunchbox Records di Charlotte, North Carolina, AS, 29 Juli 2018 (Foto: Luke Taylor/MPR). Rock is dead? Rock sudah mati? Jadi ingat pernyataan Gene Simmons t

    on Jul 28, 2021
    Album Klasik

    14 Album Klasik & Esensial Yang Merayakan Ulang Tahun Di Bulan Juni

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas banget! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya

    on Jun 9, 2021
    The Beatles

    The Beatles: 13 Urutan Peringkat Album Dari Terburuk Hingga Terbaik

    Jujur saja, judul artikel ini mengandung clickbait yang sedikit misleading. Di mana letak misleading-nya? Pemakaian diksi "Terburuk". Karena dari 13 album

    on Mar 20, 2021