×
×

Search in Mata Mata Musik

“Q&A” Cherry Bullet Tembus Daftar World Digital Song Sales Billboard

Posted on: 02/5/19 at 2:28 pm

Grup baru tersebut mengatakan, masuk daftar Billboard adalah salah satu impian tahun pertama mereka

Oleh Jeff Benjamin (Billboard)

Tahun baru di ranah K-pop berarti babak baru bagi artis pendatang yang mencari celah untuk merebut hati para penggemar dan menembus tangga lagu. Dan di awal tahun ini, satu girl group sudah memperoleh pencapaian penting tersebut.

Baru saja memulai debut, Cherry Bullet berhasil memasuki daftar World Digital Song Sales Billboard minggu ini lewat single pertama mereka “Q&A,” yang duduk manis di No. 17. Ini menandai awal yang kuat untuk grup yang berisikan 10 anggota di bawah naungan FNC Entertainment karena, secara historis, sebagian besar girl group K-pop tidak mampu menembus tangga lagu Billboard dengan single debut mereka—meskipun tahun 2018 membuktikan tren ini bisa berubah dengan banyaknya grup wanita baru yang mendaratkan single pertama mereka ke daftar World Digital Song Sales.

Dari tahun 2012-2017, hanya satu atau dua grup wanita baru yang berhasil menerobos daftar tersebut dengan single debut mereka, tetapi di 2018, angka itu naik menjadi lima. Ini tidak hanya menunjukkan minat yang semakin tinggi pada ranah K-pop secara umum di AS, tetapi juga pada artis wanita karena debut artis pria cenderung mendapat perhatian yang lebih besar.

Secara khusus, banyak dari girl group ini yang single debutnya memasuki tangga lagu lewat sub-unit mereka. Hal ini berarti personil dari grup tersebut sudah menjalankan debut dan, dengan demikian, menjadi terkenal. Tidak termasuk sub-unit, Cherry Bullet adalah girl group ke delapan yang masuk ke daftar Billboard dengan single debut mereka. Lihat rincian historis debut girl group di World Digital Song Sales dari tahun ke tahun di bawah ini:

Artis, single Debut (Posisi Tertinggi di World Digital Songs):

2012 – Girls’ Generation-TTS – “Twinkle” (No. 4)
2013 – T-ara N4 – “Jeon Won Diary” (No. 5)
2014 – Red Velvet – “Happiness” (No. 4)
2015 – Twice – “Like OOH-AHH” (No. 6)
2016 – AOA Cream – “I’m Jelly Baby” (No. 4), BLACKPINK – “Boombayah”(No. 1)
2017 – Pristin – “Wee Woo” (No. 11)
2018 – (G)I-DLE – “Latata” (No. 4), Pristin V – “Get It” (No.6), LOONA – “favOriTe” (No. 4) – Girls’ Generation-Oh!GG – “Lil’ Touch” (No. 3), IZ*ONE – “La Vie en Rose” (No. 6)
2019 – Cherry Bullet, “Q&A” (No. 17)

Ini juga menjadi prestasi yang spesial bagi Cherry Bullet yang secara khusus memiliki impian untuk masuk ke tangga lagu Billboard di tahun pertama mereka. Dalam sebuah siaran pers pada 21 Januari untuk memperkenalkan diri dan album debut mereka, Cherry Bullet mengungkapkan ambisi mereka. “Kami selalu dinasihati untuk bermimpi besar,” ucap Bora (seperti dilansir Soompi). “Impian lain kami adalah, kami ingin memasuki tangga lagu Billboard. Sejak Billboard menandai kami sebagai grup pendatang yang wajib dinantikan di 2019, kami bertekad untuk masuk ke daftar Billboard.”

Dan setelah melakukan debut yang telah lama dinantikan—termasuk menunggu lebih dari satu tahun setelah awalnya mereka direncanakan debut di 2017—tidak diragukan lagi kalau cewek-cewek ini punya mimpi yang besar dan sudah menyaksikan salah satu impian mereka terwujud. 

Tonton aksi Cherry Bullet membawakan “Q&A” pada penampilan pertama mereka di program musik Korea, M Countdown, berikut ini:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Mariah Carey

Mariah Carey: Artis Pertama No. 1 Di Billboard Hot 100 Dalam Empat Dek...

Mariah Carey (Foto: Kevin Winter/GettyImages) Kini Mariah Carey berperingkat paling atas di Hot 100 pada dekade '90an, '00an, '10an dan '20an. Tak habis-

on Jan 3, 2020
Red Velvet

Red Velvet Ungguli Destiny’s Child dengan The ReVe Festival - Finale

Red Velvet baru saja merilis video musik bertema gothic untuk single baru mereka ‘Psycho,’ bersamaan dengan bagian terakhir dari seri mini album ReVe Festi

on Dec 24, 2019
Beck

‘Uneventful Days’ Bawa Beck Puncaki Chart Adult Alternative Songs

Untuk pertama kalinya di 2019, seorang artis solo pria sukses menempatkan lagunya di puncak tangga lagu airplay Adult Alternative Songs Billboard. Baca juga

on Dec 19, 2019
Billie Eilish

Terima Piala Woman of the Year, Billie Eilish Mengaku Merasa ‘Ngeri...

Kamis (12/12) lalu, Billie Eilish resmi menerima penghargaan Woman of the Year 2019 dari Billboard. Superstar muda ini mengakhiri malam itu dengan pidato pener

on Dec 14, 2019