×
×

Search in Mata Mata Musik

Queen Menampilkan Atmosfer "Live Aid 1985" di Konser Fire Fight Australia 2020

Posted on: 03/20/20 at 6:00 am

Adam Lambert.
Adam Lambert (Foto: Instagram.com/@adamlambert).

Untuk pertama kalinya dalam sejarahnya, Queen yang di millenium baru ini dipimpin oleh vokalis Adam Lambert, menampilkan atmosfer konser klasik dan ikonik “Live Aid 1985” di konser amal Fire Fight Australia di Sydney pada 16 Februari 2020 lalu. Queen tampil selama 22 menit dengan menampilkan enam lagu hits-nya, yakni ‘Bohemian Rhapsody’, ‘Radio Ga Ga’, ‘Hammer To Fall’, ‘Crazy Little Thing Called Love’, ‘We Will Rock You’ dan ‘We Are The Champions’.

Sebagai bagian dari pertunjukan, Queen menyertakan cuplikan video dan audio dari almarhum vokalis Queen Freddie Mercury dari Live Aid agar penonton ber-sing a long.

Baca juga: Queen + Adam Lambert Tambah 2 Jadwal Konser Baru Di Inggris Dalam Tur ‘Rhapsody’ Mereka

Adam Lambert mengungkapkan perasaannya kepada Music Feed Australia mengenai penampilannya bersama Queen. Dia sangat senang dengan ide membawakan set list Live Aid 1985 dalam penampilannya.

Freddie Mercury at Live Aid 1985.
Freddie Mercury (alm.) saat tampil di konser Live Aid 1985 (Foto: Neil Leifer/Sports Illustrated/Getty Images).

“Itu bukan ideku. Saya tidak bisa mengambil kredit untuk itu,” ujarnya sambil tertawa.

Tapi kami melakukan pertunjukan di sekitar Malam Tahun Baru dan kami berpikir, ‘Lagu apa yang harus kami lakukan? dan menemukan ide tersebut. Kami segera berpikir itu adalah ide yang keren dan sesuatu yang berbeda, kami belum pernah melakukan itu sebelumnya. Itu semua adalah lagu yang kami mainkan setiap malam, jadi itu masuk akal. Hanya dengan meletakkannya dalam urutan itu, lagu ini memiliki resonansi lingkaran penuh untuk itu,” imbuhnya.

Bagi Adam Lambert momen ini dibuat sangat ikonik sepert dalam film biopik Bohemian Rhapsody. Menurutnya film ini memberi pengaruh besar pada setiap konser Queen.

“Agar adil, kami menjual tur sebelum film, tetapi film telah membawanya ke tingkat berikutnya untuk tur ini. Kami telah mengubah demografis kami. Kami memiliki anak-anak di antara penonton dan keluarga penuh di sana. Sangat keren,” ujarnya.

Baca juga: Queen Raih Penghargaan Spesial Berupa Koin Resmi Mereka Sendiri Di Inggris

Adam Lambert juga mengungkapkan bahwa dirinya merasa terhormat bisa bernyanyi di Queen. Dia juga penggemar berat Freddie Mercury dan mengaguminya semua tentangnya.

“Aku penggemar berat Freddie Mercury. Perlakukan bagi saya adalah bahwa itu musik yang bagus untuk dinyanyikan oleh seorang penyanyi dan itu adalah kehormatan besar. Hal lain yang selalu sangat istimewa bagi saya, Freddie adalah ikon “queer” (homoseksual, sama seperti Adam sendiri -Ed.). Dia mungkin tidak menunjukan karena itu adalah saat yang sangat tabu sehingga akan sulit,” ujarnya.

“Tapi sekarang, belajar tentang dia dalam delapan tahun terakhir, saya merasa seperti dia seseorang yang akan bergaul dengan saya dan jika dia masih bersama kami, dia adalah seseorang yang akan terus saya perhatikan. Jadi untuk dapat membawa obor baginya sungguh istimewa,” pungkasnya.

Penerjemah: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Queen + Adam Lambert

    Queen + Adam Lambert Bikin Album Baru? Brian May Telah Konfirmasi!

    Foto (ki-ka): Brian May, Adam Lambert dan Roger Taylor. (Getty Images). Queen, ikon rock legendaris Inggris ini telah bermain dengan vokalis baru Adam Lambe

    on Apr 12, 2021
    X Japan

    Yoshiki, Queen, Babymetal Tampil Epik Bawain X Japan 'Endless Rain' Di...

    Peforma Yoshiki, Brian May, Roger Taylor, Babymetal, dan lainnya di acara Malam Tahun Baru TV Jepang. (Foto: via YouTube). Dua member Queen yang legendaris,

    on Jan 5, 2021
    Max Cavalera (Soulfly).

    Max Cavalera (Soulfly) dan 10 Album Yang Paling Berkesan Dalam Hidupny...

    Max Cavalera. (Foto: Napalm Records). Max Cavalera. Sebenarnya nama ini tidak perlu diperkenalkan lagi. Tapi what the hell, sekarang sudah tahun 2020, regen

    on Jul 5, 2020
    Rock & Metal LGBTQ

    27 Ikon Musik Rock dan Metal Di Komunitas LGBTQ+ Yang Disegani

    Selamat merayakan Pride Month semuanya! Kamu homofobik? Itu problem kamu. Tiap bulan Juni adalah peringatan Pride Month global alias bulan perayaan komunita

    on Jun 22, 2020