×
×

Search in Mata Mata Musik

Queen & YouTube Rilis 3 Video Kompilasi Buatan Fans

Posted on: 10/25/19 at 5:00 pm

YouTube bekerja sama dengan Queen untuk menghadirkan video musik baru untuk tiga lagu hit klasik band yang dikompilasi dari kreasi penggemar mereka. 

Baca juga: Queen Larang Donald Trump Gunakan Lagu Mereka dalam Kampanye

Video kolaborasi untuk lagu “Bohemian Rhapsody,” “A Kind of Magic” dan “Don’t Stop Me Now” sekarang sudah tersedia di saluran YouTube resmi Queen pada Kamis kemarin (24/10). 

“Ini adalah salah satu hal yang paling berharga yang bisa terjadi pada artis mana pun: melihat karya kita menginspirasi orang-orang di seluruh dunia untuk menciptakan penampilan dan karya visual mereka sendiri adalah sesuatu yang menggetarkan hati,” kata gitaris Queen, Brian May. 

“Dan keragaman visi mereka sangat menakjubkan. Terima kasih banyak untuk semua yang sudah berpartisipasi.”

Ketiga video ini adalah hasil dari inisiatif bernama You Are The Champions yang diluncurkan akhir Juli lalu, saat video musik orisinal “Bohemian Rhapsody” melampaui satu miliar views di YouTube.

“Bohemian Rhapsody” menjadi video musik pertama yang direkam sebelum tahun 1990 yang mencapai angka fantastis itu menurut platform streaming tersebut.

Untuk menginspirasi video baru buatan fans, YouTube dan Queen meluncurkan situs mikro khusus dengan instruksi mendetail untuk setiap klip.

“Don’t Stop Me Now” direncanakan sebagai video tarian kolaboratif berdasarkan koreografi asli dari Polly Bennett, yang juga menggarap koreografi di biopik Bohemian Rhapsody.

Sementara untuk “Bohemian Rhapsody,” YouTube dan Queen mendorong fans untuk membawakan lagu ini sendiri di rumah. Video baru “A Kind of Magic” didasarkan pada beragam seni visual yang dikirimkan oleh penggemar dari seluruh dunia. 

Dilansir Variety, lebih dari 10.000 penggemar dari 120 negara ikut serta dalam pembuatan ketiga video baru ini.

Baca juga: Auli’i Cravalho, Queen Latifah & Shaggy Bintangi Little Mermaid Versi Live

Ide mengompilasi karya penggemar menjadi video musik baru bukanlah hal baru. Sebelumnya, YouTuber kreatif sering menjelajahi YouTube untuk menemukan rekaman amatir yang dapat mereka gunakan sebagai materi sumber. 

Salah satu karya kolaboratif yang paling populer yaitu kumpulan versi cover lagu Gotye “Somebody That I Used to Know” yang dikompilasi oleh Gotye sendiri.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Gelora Saparua

    Gelora Saparua: Episentrum Sejarah Geliat Rock & Metal Indonesia

    Gelora Saparua. Sesuai namanya, Gelora adalah akronim dari Gelanggang Olahraga. Selain lapangan atletik dan taman sarana umum, salah satu tempat di dalam a

    on Jun 7, 2021
    Nicki Minaj

    Nicki Minaj: 10 Peringkat Video YouTube Terpopuler Si Ratu "Geal-Geol"

    Nicki Minaj termasuk dalam deretan atas artis internasional melalui goyangan musik hip hop-nya. Cewek berbokong besar ini tercatat telah menjual lebih dari

    on May 17, 2021
    King Gizzard & The Lizard Wizard

    King Gizzard & The Lizard Wizard Siap Rilis Album Ke-18, "Butterfly 30...

    King Gizzard & The Lizard Wizard (Foto: Jason Galea). King Gizzard & The Lizard Wizard. Yoi Australia punya nih. Setelah Tame Impala, gaya rock retr

    on May 12, 2021
    TEDDY LEE

    YouTuber Teddy Lee Debut Lagu Ciptaannya Berlirik Korea & Indonesia

    Teddy Lee telah dikenal sebagai musisi dan content creator YouTube alias YouTuber yang sering mengcover lagu-lagu soundtrack drama seri Korea yang diterjem

    on May 9, 2021