×
×

Search in Mata Mata Musik

Radiohead Unggah Beberapa Albumnya ke YouTube

Posted on: 12/25/19 at 5:42 pm

Personil Radiohead

Sebagai salah satu band rock terbesar pertama yang membuka akses album digital secara gratis, Radiohead kembali melakukan terobosan. Baru-baru ini mereka telah mengunggah sebagian diskografinya ke kanal YouTube, setelah Billboard mengumumkan akan menghitung angka stream di situs tersebut untuk menentukan posisinya di tangga lagu.

Meski hanya empat album, yakni Hail to the Thief (2003), In Rainbows (2007), The King of Limbs (2011), A Moon Shaped Pool (2016), dapat diakses melalui kanal YouTube resmi Radiohead. Setiap album yang mereka unggah memiliki tanda waktu di tahun 2016, bertepatan dengan akuisisi seluruh katalog lampau mereka oleh XL Recordings.

Keputusan Radiohead tidak bisa dilepaskan dari keputusan Billboard 200, berikut turunan genre-nya, yang kini menghitung angka stream YouTube dan beberapa platform musik digital saat menentukan rangking.

Langkah tersebut dilakukan untuk menyesuaikan perilaku pendengar musik, terutama menggeser dari penjualan album menuju model konsumsi.

Di tahun 2013, Billboard sudah menghitung angka stream YouTube untuk lagu-lagu yang akan menembus Hot 100 Chart. Lagu pertama yang menempati posisi puncak saat model ini diberlakukan adalah ‘Harlem Shake’. Belum ada keterangan dari Billboard kenapa mereka baru memasukkan jumlah pemutaran album di YouTube enam tahun setelahnya.

Langkah Radiohead ini bisa jadi adalah kado buat para fans.

Sementara itu, semua personil tengah disibukkan aktivitas masing-masing setelah dilantik ke Rock & Roll Hall of Fame angkatan 2019, Maret lalu.

Tahun ini, vokalis Thom Yorke melepas album solo berjudul ‘ANIMA’, menggelar tur solo, dan merilis soundtrack film Motherless Brooklyn bersama Flea yang menghasilkan nominasi Oscar.

Sedangkan, gitaris Ed O’Brien mengonfirmasi bahwa album sekaligus tur solonya akan rilis pada 2020 setelah melepas beberapa single baru. Gitaris tandemnya, Jonny Greenwood meluncurkan label rekaman khusus musik klasik, merilis komposisi baru berjudul ‘Horror Vacui’, dan tampil di Tiny Desk Concert.

Salah satu lagu andalan dari album ‘A Moon Shaped Pool’

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    YouTube Shorts

    YouTube Rilis Shorts Di AS, Layanan Video Pendek Rival TikTok

    Ilustrasi: YouTube. YouTube menggulirkan layanan video pendek untuk para pengguna yang ada di Amerika Serikat (AS). Tampaknya kehadiran layanan video pendek

    on Mar 21, 2021
    Midtown Carousel band

    Single 'Happy Birthday' Jadi Kado Ulang Tahun Pop-Punk Dari Midtown Ca...

    Midtown Carousel. Setelah merilis single terakhirnya, ​'Rose' ​pada Desember 2019 lalu, ​trio band "kord tiga jurus" ​asal Bandung, Midtown Carousel

    on Sep 13, 2020
    Cardi B & Megan Thee Stallion

    MV Cardi B Fitur Megan Thee Stallion 'WAP' Yang Tidak Senonoh Bikin He...

    Card B (depan) dan Megan Thee Stallion (belakang). (Foto: via YouTube). Akhirnya, dua rapper cewek paling tenar saat ini, Cardi B dan Megan Thee Stallion te

    on Aug 9, 2020
    Daniel Ek Spotify CEO

    CEO Spotify Daniel Ek Dikecam Karena Dinilai Tidak Manusiawi Terhadap ...

    CEO Spotify Daniel Ek. (Foto: via Bloomberg). Dalam banyak hal, Spotify dan layanan streaming musik serupa lainnya telah menjadi anugerah bagi pecinta musik

    on Aug 2, 2020