×
×

Search in Mata Mata Musik

Raffi Ahmad: Profil, Biodata, Biografi, dan Fakta Terkini

Posted on: 12/22/20 at 11:28 am

Siapakah Raffi Ahmad itu? Raffi Ahmad atau yang dikenal dengan ‘Sultan Andara’ merupakan seorang presenter asal Indonesia yang memiliki berbagai koleksi mobil mewah. Dirinya mempunyai pengaruh besar di dunia hiburan dan profil Raffi Ahmad, biodata, biografi serta fakta terkini terkait dirinya lumayan banyak dicari di mesin pencari. Bahkan, halaman khusus tentang dirinya dibuat oleh Wikipedia. Melihat ini, Mata Mata Musik merangkum data – data yang diperlukan untuk memberikan informasi seputar Raffi Ahmad seperti profil, biodata, biografi, serta fakta terkini terkait dirinya.

Baca juga:Agnes Monica: Profil, Biodata, Biografi, dan Fakta Terkini

BIODATA

Nama Lengkap: Raffi Farid Ahmad

Panggilan: Raffi, Sultan Andara

Tempat Lahir: Bandung

Tanggal Lahir: 17 Februari 1987 (33 tahun)

Asal: Bandung

Profesi: Aktor, Pembawa Acara, Penyanyi, Bintang Iklan, Pengusaha, Produser, dan Youtuber

Status: Menikah

Agama: Islam

Instagram (IG): @raffinagita1717

Twitter: @RaffiAhmadLagi

Facebook (FB): @RaffiAhmadLagi

YouTube Channel: Rans Entertainment

BIOGRAFI

Nama Raffi Ahmad tentu saja tidak asing lagi bagi kalian yang aktif di dunia hiburan. Sejak dulu, Sultan Andara ini terkenal playboy. Bahkan, Raffi juga pernah berpacaran dengan wanita yang jauh lebih tua daripadanya, yakni Yuni Shara. Terlepas dari kisah cintanya yang unik tersebut, Raffi akhirnya berhasil menemukan cinta senjatinya, yakni Nagita Slavina. Selain itu, Sultan Andara juga dermawan. Hal itu terlihat dari dirinya yang membagikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pedagang kaki lima, dan membawa kembarannya, Dimas, pergi wisata, meskipun mereka baru saja kenal. Selain itu, Sultan Andara juga pernah meraih sejumlah penghargaan nasional seperti, Dahsyatnya Award untuk Momen Terdahsyat, Panasonic Globe Award untuk Presenter Entertainment Variety & Talkshow Terfavorit, Indonesia KCA untuk Aktor Terfavorit, dan banyak lainnya.

KEHIDUPAN AWAL

Raffi Ahmad merupakan anak sulung dari tiga bersaudara dari pasangan Munawar Ahmad (alm) dan Amy Qanita. Pada 23 Januari 2013, Raffi sempat diperiksa oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) karena tersangkut kasus narkoba. Setelah melalui proses pemeriksaan, Raffi terbukti menggunakan obat yang mengandung zat methylone (M1). Akan tetapi, Raffi Ahmad tidak ditahan, karena obat tersebut tidak tercantum ke dalam UU Narkotika Republik Indonesia.

Di tahun 2014, Raffi Ahmad secara resmi menikahi Nagita Slavina atau yang biasa dipanggil dengan Gigi. Pernikahan mereka berlangsung sangat mewah, dan bahkan mereka menyewa sebuah hotel untuk mereka tinggal bersama keluarga besarnya. Pesta pernikahan Raffi dan Gigi tersebut berhasil menyedot perhatian publik dan bahkan di siarkan langsung oleh salah satu televise nasional. Pada tahun 2015, pasangan tersebut dikaruniakan seorang anak laki – laki. Anak tersebut diberi nama Rafathar Malik Ahmad.

PERJALANAN KARIER

Pada usia 15 tahun, Raffi mendapat peran pendukung di sinetron pertamanya, Tunjuk Satu Bintang. Nama Raffi Ahmad mulai melejit setelah ia menjadi pemeran utama bersama Bunga Citra Lestari di film ‘Senandung Masa Puber’. Setelah itu, Raffi pun sering tampil diberbagai acara sinetron. Karena kepiawaiannya dalam berakting di film ‘Love Is Cinta’, Raffi dipuji oleh kritikus film.

Pada akhir tahun 2006, Raffi berhasil lolos casting dan masuk ke grup vokal ‘Bukan Bintang Biasa (BBB)’ bersama Laudy Chintya Bella, Chelsea Olivia Wijaya, Dimas Beck, dan Ayushita. Grup vokal tersebut berada dibawah naungan penyanyi Melly Goeslaw. Grup vokal ini menghasilkan single “Let’s Dance Together.” Single tersebut diterima baik oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, grup vokal ini juga membintangi film ‘Bukan Bintang Biasa The Movie’ yang disutradarai oleh Lasja Fauzia. Single lainnya yang dihasilkan oleh BBB adalah ‘Bukan Bintang Biasa’, ‘Jangan Bilang Tidak’, dan ‘Putus Nyambung’.

Baca juga:Ariel NOAH: Profil, Biodata, Biografi, dan Fakta Terkini

Dua tahun kemudian, karier aktingnya semakin bersinar, dan ia membintangi film besutan Rudi Soejarwo yakni ‘Liar’ dan ‘Asoy Geboy’. Di dunia musik, program yang paling melambungkan namanya adalah ‘Dahsyat’. Ia membawakan program tersebut bersama Luna Maya dan Olga Syahputra (alm). Di tahun 2009, Raffi bahkan disebut sebagai artis terlaris karena program ‘Dahsyat’. Selain Dahysat, Raffi juga hadir di program TV baru, yakni Rafi Wkwkwk dan OMG.

Selain kariernya yang cemerlang, ternyata Raffi juga tak lepas dari berita asmara sesama artis. Beberapa artis yang pernah berpacaran dengan Raffi Ahmad adalah Laudya Chintya Bella, Bunga Zainal, Ratna Galih, Tyas Mirasih, Velove Vexia, dan Yuni Shara.

Selain dunia akting, presenting, dan musik, Raffi Ahmad juga mencoba peruntungan di dunia penyutradaraan. Raffi merilis film yang berjudul ‘Barbie’ yang berdurasi 10 menit. Film tersebut berhasil menyabet penghargaan Best Movie di LA Lights Indie Movie 2011. Kemudian, Raffi kembali dengan film terbarunya yang berjudul ‘Pocong Kesetanan’ di akhir tahun 2011.

Akibat eksistensi dan produktivitas Raffi dalam menghasilkan karya di progtam TV, sinetron, FTV, film layar lebar, iklan, dan beberapa bisnis yang dikelolanya, membuat salah satu tabloid ternama di Indonesia menempatkan Raffi di posisi ke 4 dari 9 artis Indonesia terkaya di tahun 2011.

Pada 28 Agustus 2014, Raffi membintangi film yang berjudul ‘Olga & Billy Lost’ di Singapura bersama Olga Syahputra, Billy Syahputra, Tarra Budiman, Chand Kelvin, dan Syahnaz Sadiqah (adik Raffi). Dalam film tersebut, Raffi hanya tampil sebagai penampilan special. Kemudian, di bulan Oktober Raffi menikahi Nagita Slavina.

Di tahun 2015, Raffi Ahmad bersama isterinya Nagita Slavina merilis album yang berjudul ‘Kamulah Takdirku’. Album ini berisikan lagu kolaborasi antara Sultan Andara dengan isterinya. Uniknya, album tersebut hanya terjual di seluruh gerai KFC di Indonesia. Di akhir tahun 2015, Sultan Andara bersama Nagita Slavina membuat channel YouTube, RANS Entertainment. Nama RANS diambil dari penggabungan inisial Raffi Ahmad (RA) dan Nagita Slavina (NS).

Pada tahun 2020, pasangan ini kembali merilis album yang bertajuk ‘RANS’. Album itu menceritakan tentang perjalan keluarganya. Dalam album tersebut, terdapat lagu yang berjudul ‘Menerka – nerka’ dan ‘Hingga Ujung Dunia’. Selain itu, Rafathar juga ikut bernyanyi di dalam album tersebut.

Sampai dengan saat ini, Sultan Andara telah memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi seperti SCTV Awards kategori Aktor Ngetop, AMI Awards kategori Karya Produksi Dance/Electronic Terbaik, Indonesia Kids Choice Awards kategori Aktor Pria Favorit, Awarding Night LA Lights Indie Movie kategori Best Movie ‘Bikin Film Bareng Artis’, Bintang (tabloid) kategori Bintang Paling Berkilau 2011, Panasonic Globe Awards kategori Presenter Musik & Variety Show Terfavorit, Dahsyatnya Awards kategori Pasangan Terdahsyat bersama Nagita Slavina, Global Seru Awards kategori Presenter Paling Seru, Bright Awards kategori Bintang Iklan Pria Terfavorit, dan masih banyak lainnya.

Dengan banyaknya penghargaan yang pernah diperoleh oleh Raffi Ahmad, membuat dirinya sukses di dunia hiburan Tanah Air. Selain itu, dirinya terus berkarya, baik di dunia presenting, musik, dan aktor.

FAKTA TERKINI RAFFI AHMAD (2020)

Sejak masa remajanya, Raffi Ahmad telah memulai karier berakting. Kemudian, ia juga mencoba peruntungan di dunia tarik suara, presenting, sutradara, dan YouTube. Sampai dengan akhir tahun 2020 ini, Sultan Andara ditaksir memiliki harta kekayaan senilai Rp400 miliar. Harta tersebut tentunya merupakan hasil kerja keras dari masa remajanya hingga saat ini. Bahkan, channel YouTube-nya, RANS, pernah di tawar senilai Rp250 miliar.

RAFFI AHMAD DAN KEMBARANNYA

Dimas Ramadhan, kembaran Raffi Ahmad, awalnya merupakan penjual bakso keliling. Namun, dirinya menjadi viral karena dianggap mirip dengan Raffi Ahmad. Setelah dirinya mulai viral, ia pun di undang oleh Raffi Ahmad ke rumahnya dan tinggal di sana serta mengikuti presenter ngetop itu syuting dan jalan – jalan. Setelah menjalani kehidupan yang mewah di rumah Sultan Andara, Dimas memutuskan untuk meninggalkan istana tersebut, dengan alasan ingin mandiri. Kemudian, Dimas pindah ke kos yang berada di dekat Andara.

Meskipun hanya sebentar, tetapi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina beserta karyawan RANS lainnya merasa kehilangan Dimas, mereka pun merasa sedih serta mengantarkan kepergian Dimas tersebut. Keesokan harinya, Sultan Andara itu mengunjungi kos Dimas dan berbincang dengannya, serta memberikan nasihat – nasihat untuk Dimas.

TEMAN SIWON SUPER JUNIOR

Pada bulan Maret 2020, Siwon secara mengejutkan mengunjungi rumah Raffi Ahmad. Kedatangannya tersebut disambut dengan meriah oleh keluarga Sultan Andara tersebut. Ternyata, kedatangan Siwon tersebut berhubungan dengan perannya sebagai brand ambassador salah satu produk mi instan di Indonesia.

Baca juga:Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Tuangkan Cinta Keluarga dengan Rilis Album RANS

Pada Desember 2020, Super Junior diundang sebagai bintang tamu dalam sebuah siaran langsung di salah satu stasiun televisi Indonesia. Dalam kesempatan ini, anggota Super Junior memainkan games. Mereka harus menebak mana presenter Indonesia yang bernama Ivan Gunawan, kemudian di tampilkanlah foto Ruben Onsu (A), Raffi Ahmad (B), dan Ivan Gunawan (C). Melihat foto tersebut, Siwon langsung antusias dan menyebutkan bahwa Raffi Ahmad (B) merupakan temannya.

Seketika itu, nama Raffi Ahmad pun menjadi trending topic di Twitter. Banyak yang tidak menyangka jika Siwon berteman dengan Sultan Andara itu.

RANS DITAWAR DENGAN HARGA FANTASTIS

Dalam sebuah kesempatan, sejumlah perusahaan menawar channel YouTube milik Raffi Ahmad bersama isterinya Nagita Slavina, RANS. Tak tanggung – tanggung, harga yang ditawarkan perusahaan tersebut mencapai Rp250 miliar. Akan tetapi, Sultan Andara menolak tawaran tersebut dengan alasan masih ingin berkarya di platform digital itu.

Untuk menjual channel YouTube yang memiliki 18,8 juta subscriber tersebut, tentu saja membutuhkan banyak pertimbangan. Dalam wawancara dengan Gading Marten di KUY Entertainment, Raffi Ahmad mengungkapkan bersedia untuk menjual RANS Entertainment dengan harga Rp1 – 2 triliun. Meski demikian, Sultan Andara menuturkan bahwa semuanya tidak diukur dengan uang.

Penulis: Leonardo Forestin

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    RANS = Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

    Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Tuangkan Cinta Keluarga Dengan Rilis Al...

    RANS = Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina menuangkan perjalanan cinta rumah tangganya melalui sebuah lagu. Me

    on Mar 9, 2020
    Raffi Ahmad

    Raffi Ahmad Pulang Kampung Usai Pamit Istirahat dari Dunia Hiburan

    Baru saja mengumumkan rencana hiatusnya dari panggung hiburan, Raffi Ahmad langsung tancap gas ‘berlibur’ ke kampung halamannya di Bandung. Baca juga: B

    on Oct 23, 2019
    Lamborghini Raffi Ahmad

    Lamborghini Raffi Ahmad Terbakar, Nagita Slavina Bersyukur

    Penyanyi dan pembawa acara Raffi Ahmad sedang mengalami musibah. Mobil mewahnya, Lamborghini Aventador, mengalami kebakaran di kawasan Sentul, Jawa Barat. B

    on Oct 22, 2019
    Raffi Nagita

    BIKIN MEWEK! Raffi Nagita Sukses Bikin Video Klip Banjir Air Mata

    Raffi Ahmad dan Nagita Slavina meluncurkan video klip berjudul “Menerka-nerka” dan “Menerka-nerka II” melalui akun YouTube mereka, Rans Entertainment.

    on Oct 16, 2019