×
×

Search in Mata Mata Musik

Rage Against The Machine Suarakan Solidaritas Untuk Rakyat Palestina

Posted on: 05/14/21 at 11:00 am

Rage Against The Machine Suarakan Solidaritas Palestina Di Tengah Konflik
RATM (Foto: Robin Harper).

Rage Against The Machine (RATM) menyuarakan solidaritasnya kepada rakyat Palestina menyusul serangan udara mematikan Israel yang menewaskan sedikitnya 51 orang di Gaza dan Tepi Barat pada minggu lalu dan masih berlanjut.

Baca juga: Rage Against The Machine Rilis “Killing In Thy Name”, Film Dokumenter Soal Ras

Band hardcore hibrida hip hop/hard rock/heavy metal legendaris yang terkenal vokal soal politik itu angkat bicara ke media sosial pada minggu lalu. Mereka menyuarakan dukungan mereka untuk rakyat Palestina. Selain itu, gitaris Tom Morello telah me-retweet postingan jurnalis Jeremy Scahill yang mengkritik tanggapan pemerintahan Joe Biden terhadap konflik tersebut. RATM menjadi artis musik Amerika Serikat (AS) pertama yang menyuarakan hal tersebut.

Pernyataan media sosial RATM berbunyi cukup lantang:

“Kekerasan dan kekejaman yang kami saksikan di Sheikh Jarrah, kompleks (Masjid) Al Aqsa dan Gaza adalah kelanjutan dari beberapa dekade apartheid brutal Israel dan penjajahan dengan kekerasan di Palestina. Kami berdiri bersama rakyat Palestina saat mereka melawan teror kolonial ini dalam segala bentuknya”.

Rage Against The Machine Angkat Tema Revolusi

Kekerasan yang baru-baru ini terjadi di Palestina dimulai ketika polisi Israel memblokir Gerbang Damaskus. Tempat orang Arab Palestina biasanya berkumpul saat bulan Ramadhan. Hal itu menyebabkan serangan terhadap Yahudi Ortodoks, yang pada gilirannya menyebabkan polisi Israel menggerebek Masjid Al-Aqsa. Serangan udara Israel yang menewaskan 51 orang itu merupakan balasan terhadap militan Palestina (Hamas) di Gaza. Yang menembakkan ratusan roket ke Israel sejak Senin malam, 10 Mei, yang menewaskan sedikitnya lima warga sipil.

Pada hari Rabu, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa “harapannya adalah bahwa kita akan melihat ini menjadi kesimpulan lebih cepat daripada nanti”. Biden juga mengatakan bahwa Israel memiliki hak untuk menanggapi dengan serangan udara “ketika Anda memiliki ribuan roket yang terbang ke wilayah Anda”. Pernyataan yang dinilai keberpihakan pemerintahan Biden terhadap Israel.

Permasalahan konflik berdarah ini sudah berlangsung sejak berdirinya negara Israel pada 1948. Untuk melihat secara lebih rinci, kita harus menelusuri sejarah kedua negara yang berperang ini.

Baca juga: Rage Against The Machine Ogah Konser Kalau Kapasitas Venue Dibatasi

RATM telah sejak lama membahas konsep revolusi dalam liriknya yang berpandangan politis. Yang menjadi tema utama band ini. Dan Tom Morello selalu menjadi salah satu anggota band yang paling vokal saat di bawah panggung.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Kid Rock

    Kid Rock "Si Mulut Sampah" Tersandung Kasus Homofobik Setelah Rasis

    Si Rocker Bengal (Foto: AP Photo/Terry Renna, File). Kid Rock tertangkap basah oleh kamera video, saat doi dengan terang-terangan melontarkan cercaan bernad

    on Jun 8, 2021
    Gelora Saparua

    Gelora Saparua: Episentrum Sejarah Geliat Rock & Metal Indonesia

    Gelora Saparua. Sesuai namanya, Gelora adalah akronim dari Gelanggang Olahraga. Selain lapangan atletik dan taman sarana umum, salah satu tempat di dalam a

    on Jun 7, 2021
    Lil Baby

    Lil Baby & Lil Durk Tampil Prima Di Album Collab "Voice Of The Heroes"

    Lil Baby dan Lil Durk (Foto: Michael Thomas). Lil Baby dan Lil Durk sebelumnya memang sudah diantisipasi oleh banyak penggemar hip hop untuk melepas karya k

    on Jun 5, 2021
    Bad Bunny

    Bad Bunny Nyanyi Bahasa Jepang Di Single Barunya, 'Yonaguni', Simak!

    Bad Bunny (Foto: via Twitter). Bad Bunny baru saja merilis single baru berjudul 'Yonaguni' pada Kamis malam, 5 Mei 2021. Kali ini sang rapper asal Puerto Ri

    on Jun 4, 2021