×
×

Search in Mata Mata Musik

Ranu Pani ‘Maha Sutradara’, Single Spiritual Keren Bagi Semua Keyakinan

Posted on: 04/27/21 at 3:00 pm

Ranu Pani 'Maha Sutradara', Single Spiritual Keren Bagi Semua Keyakinan

Ranu Pani, mengingatkan nama obyek wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Dan Ranu Pani yang dibahas di sini merupakan band pengusung psychedelic-pop dari Jakarta bagian Selatan.

Baca juga: Rinada, Eks-Lady Rocker Rilis Single Religi Karya Deddy Dores

Dari dulu hingga kini bulan Ramadhan identik dengan ramainya artis-artis yang merilis single religi. Bahkan yang biasanya tampil funky dan seronok berubah sopan berpakaian gamis (bagi wanita). Namun belakangan hampir nampaknya sepi-sepi saja band independen alias indie yang merilis single serupa.

Ranu Pani adalah perwakilan band indie yang telah merilis single ‘spiritual’ (jika bukan single religi) di tengah bulan Ramadhan, bulan spiritual salah satu agama besar di Indonesia. Single tersebut bertajuk ‘Maha Sutradara’ yang dirilis pada Jum’at, 23 April 2021 melalui berbagai DSP (Digital Streaming Platform). ‘Maha Sutradara’ merupakan single ketiga dari Ranu Pani. Sebelumnya mereka telah merilis dua single, yakni ‘Kandas Lalu’ dan ‘Hilang Kemana’.

Artwork sampul single 'Maha Sutradara' oleh Ranu Pani

Menariknya, Ranu Pani memasukan unsur psychedelic di musiknya untuk makin menyelami perenungan spiritual. Meskipun di rilis di bulan Ramadhan, ‘Maha Sutradara’ bukanlah single religi melainkan single spiritual. Karena lagu ini diciptakan untuk semua manusia secara universal dengan tafsir spiritualitasnya masing-masing. Baik yang ‘diakui secara formal’ maupun kepercayaan-kepercayaan lainnya.

Penulis sekaligus produser band ini, Upi Maajid, menjelaskan bahwa benang merah dari lagu ini adalah adanya kekuatan besar di luar kendali manusia yang punya andil pada rimba raya jagad semesta. Apakah kekuatan besar tersebut tentunya kembali lagi tergantung tafsir masing-masing pendengar.

Baca juga: Ecko Show Gandeng Derry Sulaiman Di Single Hip Hop Religi ‘Dunia Fana’

‘Maha Sutradara’ merupakan single pertama yang mengantarkan perilisan album penuh debut Ranu Pani yang ditargetkan akan rilis pada akhir tahun 2021. Selamat mendengarkan, sobat MataMata Musik.

Lirik Ranu Pani ‘Maha Sutradara’

Rasa beradu layaknya sang laut
yang bergelombang tak lekang

Berselimut kabut jiwa dan pikirku
berputar-putar kian lama enggan terang juga

Sang mahasutradara bergema dan alam baka tunduk patuh dan
melayu, hilang segala keakuan

Tangis nestapa dan tawa gempita
ku derita, semua hanya sekejap kedip mata

Sang mahasutradara bergema dan alam baka tunduk patuh dan
melayu, hilang segala keakuan

Sang mahasutradara bersabda pada manusia
Dan mereka hanya bisa buang segala keangkuhan

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Pinky Walrus

    Setelah Hiatus Setahun, Pinky Walrus Comeback Via Single 'We Were' Unt...

    Pinky Walrus. Jika sebelumnya hadir sebagai grup musik psychedelic pop asal Jakarta, kini Pinky Walrus kembali sebagai duo dengan konsep

    on Dec 6, 2020
    Low Pink

    Low Pink Kembali Dengan EP "Dominance" Yang Mengusung Psychedelic Pop

    Low Pink. (Foto: Peter George). Setelah empat tahun sejak mini album perdana Phases EP, proyek music bedroom bergenre psychedelic pop asal Jakarta, Low Pink

    on Sep 28, 2020
    Tame Impala

    Tame Impala "The Slow Rush": Kolase Indah Fusi Elemen Jadul

    Cover 'The Slow Rush' oleh Tame Impala. (Gambar: Interscope). TAME IMPALAThe Slow Rush(2020, Modular/Interscope) Oleh Dharma Samyayogi Fakta: Mastermi

    on Feb 21, 2020