×
×

Search in Mata Mata Musik

Rapper & Produser Penuh Teka-Teki, MF DOOM, Meninggal Dunia Di Usia 49 Tahun

Posted on: 01/1/21 at 10:30 am

Rapper & Produser Penuh Teka-Teki, MF DOOM, Meninggal Dunia Di Usia 49 Tahun
MF DOOM (Foto: dok. MF DOOM).

MF DOOM, rapper dan produser kelahiran Inggris yang dikenal dengan persona “penjahat super” yang gemar mengenakan topeng, seorang pakar rima rap, yang menyukai sampel sound dari kultur pop yang nggak beken, telah meninggal dunia pada usia 49 tahun.

Baca juga: Rapper Muda Dycal Lepas Single ‘Gue Udah Muak’ Setelah Muak Diselingkuhi Melulu

MF DOOM meninggal dunia pada 31 Oktober 2020, namun berita kematiannya baru terungkap hari ini, 1 Januari 2021, dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh istrinya, Jasmine, melalui laman Facebook suaminya. Penyebab kematiannya pun nggak diungkapkan.

“Suami, ayah, guru, murid, mitra bisnis, kekasih, dan teman terhebat yang pernah aku minta,” tulis Jasmine dalam pernyataan yang diposting ke laman Facebook MF DOOM. “Terima kasih atas semua hal yang telah kamu tunjukkan, ajarkan dan berikan kepadaku, anak-anak kita dan keluarga kita. Terima kasih telah mengajari aku cara memaafkan makhluk dan memberikan kesempatan lain, tidak terlalu cepat menghakimi dan mencela. Terima kasih telah menunjukkan bagaimana tidak takut untuk mencintai dan menjadi orang terbaik yang pernah aku bisa. Duniaku tidak akan pernah sama tanpamu. Kata-kata tidak akan pernah mengungkapkan apa arti dirimu dan Malachi bagiku, aku mencintai keduanya dan selalu memujamu. Semoga SEMUA terus memberkati kamu, keluarga kita, dan planet ini”.

Begin all things by giving thanks to THE ALL! To Dumile The greatest husband, father, teacher, student, business…

Posted by MF DOOM on Thursday, December 31, 2020

MF DOOM, yang bernama asli Daniel Dumile, lahir di London, Inggris pada tanggal 9 Januari 1971, anak dari seorang ibu asal Trinidad dan seorang ayah dari Zimbabwe. Pada usia 17 tahun, setelah pindah ke Long Island, New York, Daniel (tampil dengan nama Zev Love X) bekerja sama dengan adik laki-lakinya, Dingilizwe Dumile (DJ Subroc) untuk membentuk KMD. KMD, adalah grup hip-hop yang formasinya mencakup Onyx the Birthstone Kid, dan mengalami kesuksesan yang lumayan di awal 1990-an. Mereka melakukan debut sebagai bintang tamu pada Bass ke-3 ‘The Gas Face’, dan merilis album pertama mereka, Mr. Hood, pada 1991. Tragisnya, sebelum merilis album kedua mereka, Black Bastards, Subroc ditabrak oleh sebuah mobil dan meninggal.

Setelah kematian saudaranya, Daniel pindah ke Atlanta dan mengambil cuti tiga tahun dari musik. Pada 1997, doi kembali ke New York City, kali ini dengan persona baru dengan moniker MF DOOM. Terinspirasi oleh penjahat super Marvel Comics, Doctor Doom, MF DOOM mengaburkan wajahnya dengan mengenakan topeng logam dan mulai merekam musik yang dibuat di sekitar sampel film dan TV yang nggak terkenal. Album debut solonya sebagai MF DOOM, Operation: Doomsday, dirilis pada 1999. Hampir seluruhnya diproduksi sendiri, dua dekade kemudian, Operation: Doomsday tetap menjadi salah satu album rap underground paling dipuji dan berpengaruh sepanjang masa.

Pada awal 2000-an, MF DOOM merilis tiga album di bawah moniker yang berbeda, yakni Take Me to Your Leader, dirilis pada Juni 2003, dengan moniker King Geedorah. Tiga bulan kemudian, doi kembali dengan album pertama dengan moniker Viktor Vaughn, Vaudeville Villain. Album keduanya, Venomous Villain, dirilis setahun kemudian.

Tahun 2004 menjadi puncak karier bagi MR DOOM. Doi merilis album kedua dengan moniker MF DOOM, Mm..Food, sebuah konsep rekaman ambisius yang menyatukan obsesi rapper tersebut dengan makanan dan buku komik dengan sampel-sampel sound dari Frank Zappa, Sade, dan Fat Albert Halloween Special tahun 1977. Selain itu, MF DOOM bekerja sama dengan Madlib untuk merilis debut albumnya sebagai Madvillain, Madvillainy. Album ini banyak mengambil sampel buku komik dan suara kartun-sentris termasuk MR DOOM sendiri dalam menggambarkan MF DOOM dan Madlib sebagai penjahat master hip-hop. Secara lirik, itu adalah salah satu pertunjukan terbaik MF DOOM, karena doi menggunakan perangkat sastra seperti multi-suku kata dan rima internal, aliterasi, dan makna ganda.

Pada 2005, MF DOOM bergabung dengan Danger Mouse untuk membentuk Danger Doom dan merilis album berjudul The Mouse and the Mask. Doi juga muncul di lagu Gorillaz dari album Demon Days, ‘November Has Come’, dan memproduseri beberapa lagu untuk album Fishscale dan More Fish milik Ghostface Killah.

Album studio solo terakhir MF DOOM dirilis pada 2009 berjudul Born Like This. Dalam dekade berikutnya, output-nya berkisar dari proyek kolaborasi dengan Jneiro Jarel, Bishop Nehru, dan Westside Gunn untuk menampilkan penampilan tamu di single milik Flying Lotus dan The Avalanches. Awal tahun 2020, doi bersatu kembali dengan Uskup Nehru dalam ‘Meathead’ dan bermitra dengan BADBADNOTGOOD dalam ‘The Chocolate Conquistadors’.

Salah satu hal yang nggak biasa dari MF DOOM adalah ketidaktertarikannya untuk melakukan pertunjukan secara live. Doi hanya memainkan beberapa pertunjukan selama kariernya, dan sempat menyewa pemeran pengganti saat pertunjukan live, yang sering membuatnya bermasalah dengan penggemarnya.

Baca juga: John ‘Ecstasy’ Fletcher, Pionir Hip Hop dan Pendiri Grup Whodini Meninggal Dunia

Bagaimana pun doi tetap menjadi sosok yang dicintai dan berpengaruh di dunia hip hop, setelah mendengar “obituari”nya, Q-Tip menyebut MF DOOM sebagai “MC-nya MC favorit lo”. El-P dari Run the Jewels menyebut MF DOOM sebagai “penulisnya penulis” yang “menginspirasi kita semua dan akan selalu”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    DMX

    DMX, Rapper Legendaris New York Meninggal Dunia Di Usia 50 Tahun

    DMX (Foto: via Wikipedia). Berita duka menyelimuti kancah musik internasional terutama hip hop. Rapper legendaris New York DMX telah meninggal dunia setelah

    on Apr 10, 2021
    Lil Nas X

    Lil Nas X Didukung Gereja Setan Untuk "Satan Shoes" Yang Kontroversial

    Lil Nas X bersama Satan Shoes. (Foto: MSCHF). Sepatu Setan berisi setetes darah manusia karya Lil Nas X terus memicu reaksi keras dari tokoh-tokoh konservat

    on Mar 31, 2021
    BLXST feat. Tyga & Ty Dolla $ign

    BLXST, Tyga & Ty Dolla $ign Gelar Pesta Kampus Di Single 'Chosen'

    BLXST. (Foto: Miguel Garcia). BLXST telah meraih kesuksesan dari album perdananya, No Love Lost. Yang telah meraih lebih dari 150 juta stream dari seluruh

    on Mar 29, 2021
    10 Lagu Rap Baru Terbaik 2020.

    10 Lagu Hip Hop Baru Yang Menguasai Chart Tahun 2020 Sejauh Ini

    Meskipun tahun 2020 belum berakhir, sekarang tidak terlalu cepat juga untuk membahas 10 lagu hip hop terbaik selama tahun 2020. Banyak yang telah terjadi pada

    on Mar 16, 2021