×
×

Search in Mata Mata Musik

Rayakan Hari Musik Nasional, Lokananta Gelar Sambung Rasa dan Beri Penghargaan Untuk Waljinah

Posted on: 03/8/20 at 7:00 am

(Foto: Instagram.com/@lokananta_musik).

Memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh setiap tanggal 9 Maret, Lokananta menggelar “Sambung Rasa”. Acara rencananya akan digelar pada 7 Maret 2020 di Taman tengah dan depan Lokananta, Solo pukul 18.00 WIB.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia yang merupakan ekspresi budaya universal yang merepresentasikan nilai luhur dan kemanusian yang memiliki peran strategis untuk memajukan pembangunan nasional. Selain itu juga berkaitan erat dengan berdirinya Lokananta sebagai penyebarluasan budaya di Indonesia melalui musik.

Baca Juga: Terkait Corona, Disparekraf Godok Panduan Untuk Konser Musik

Lokananta sebagai salah satu bagian dari seni dan budaya, ingin mengenalkan kembali karya-karya seni tradisional yang berupa lagu-lagu Jawa yang ada di masyarakat melalui kegiatan yang bertajuk “Sambung Rasa Lokananta”.

Acara ini akan dipandu oleh Ign. Krisna Nuryana Putra yang merupakan Dosen ISI Yogyakarta. Acara tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan Gamelan Gadhon Ki Agus PM dkk, Anteng Kitiran dan penyanyi asal Solo Woro Mustiko.

Lokananta juga akan memberikan Lifetime Achievement Awards kepada ibu Waljinah atas pengabdian dan dedikasi beliau dalam musik keroncong.

“Sambung Rasa Lokananta” juga akan dimeriahkan dengan Vintage Market yang akan menambah semarak perayaan Hari Musik Nasional. Vintage Market ini diikuti oleh pedagang-pedagang antik dari berbagai kota di Pulau Jawa, Jerman dan Malaysia yang bertempat di halaman depan Lokananta.

Seperti diketahui, Lokananta dikenal sebagai perusahaan rekaman tertua di Indonesia yang berada di kota Solo. Lokananta banyak merekam dan menggandakan karya audio dari beragam seni budaya di Indonesia.

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya bersifat seremonial saja melainkan dapat membangkitkan kembali semangat pelestarian budaya lagu-lagu Jawa serta musik Indonesia.

Penulis: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Keterangan Foto Utama: Slank Slanking Forever (kredit foto: @slankdotcom Instagram account)

Album Ke-23 Slank, Slanking Forever Direkam di Lokananta

Berisi 10 lagu baru, Slank merilis album Slanking Forever dalam format boxset Tepat hari ini (23/8) band rock legendaris Indonesia, Slank baru saja melepas

on Aug 23, 2019