×
×

Search in Mata Mata Musik

Recording Academy dan MusiCares Siapkan Dana Bantuan Virus Corona Untuk Industri Musik

Posted on: 03/19/20 at 6:02 am

(Foto: Instagrsm.com/@recordingacademy).

Banyaknya industri musik yang terhuyung-huyung akibat wabah virus Corona yang sedang merebak. Recording Academy dan MusiCares mengumumkan pada hari Selasa bahwa kedua organisasi telah menyiapkan dana bantuan untuk masalah COVID-19 senilai US$ 2 juta (Rp 30,7 miliar) untuk anggota industri musik yang membutuhkan keuangan.

Juru bicara untuk Recording Academy mengatakan anggota industri musik dapat meminta bantuan melalui situs web MusiCares. Menurut situs tersebut, pelamar harus memberikan bukti pembatalan acara dan pemesanan bersama dengan salinan perjanjian sewa mereka atau pernyataan hipotek bersama dengan aplikasi MusiCares yang sudah dilengkapi. Pelamar dapat meminta maksimal US$ 1.000 (Rp 15,3 juta).

Covid-19 telah memukul industri musik terutama konser dengan sangat keras. Festival besar seperti South by Southwest dan Coachella telah dibatalkan atau ditunda, dan artis telah mengumumkan pembatalan tur karena masalah kesehatan dan perjalanan.

Beberapa mulai beralih ke live streaming sebagai sarana untuk terhubung dengan penggemar atau menebus sebagian pendapatan yang hilang dari konser mereka.

Di luar artis yang tampil, berhentinya konser musik juga memengaruhi ribuan pekerja musik di belakang layar seperti manajer tur, teknisi suara, dan manajer produksi, yang mengandalkan pertunjukan untuk mata pencaharian mereka. Banyak dari pekerja ini adalah bagian dari ekonomi pertunjukan dan tidak menerima manfaat pekerjaan atau perlindungan dari serikat pekerja.

Dalam sebuah pernyataan kepada Rolling Stone, ketua Recording Academy dan CEO interim Harvey Mason Jr. menyebut dampak Covid-19 terhadap musik belum pernah terjadi sebelumnya dan memohon kepada seluruh industri untuk bergabung dengan upaya akademi untuk mendukung anggota industri.

“Pembatalan acara berada pada level yang belum pernah terjadi sebelumnya dan oleh karena itu situasinya membutuhkan respons yang belum pernah terjadi sebelumnya. Banyak orang di industri sekarang dalam krisis, tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan atau harus berurusan dengan kenyataan komersial yang mengerikan,” ujar Mason Jr.

“Kami meminta seluruh industri untuk berdiri bersama kami untuk mendukung para musisi, artis, dan profesional yang merupakan landasan dan masa depan komunitas musik kami,” imbuhnya.

Dalam pernyataan yang sama, Steve Boom, Ketua MusiCares, juga menyerukan aksi dari komunitas musik.

“Industri musik dibangun di atas karya para musisi, seniman, dan profesional musik. Di saat seperti ini, industri perlu bersatu untuk mendukung mereka yang berjuang, terutama mereka yang mengandalkan pendapatan tur untuk bertahan hidup. Kami tahu dana ini harus signifikan,” ujarnya.

“Kami tidak akan dapat melakukannya sendiri, dan itulah sebabnya kami meminta seluruh komunitas musik termasuk label, layanan streaming, dan siapa saja yang dapat bergabung dengan kami dalam upaya penting ini. Kita semua berada di saat masa-masa indah bergulir, dan penting bagi kita semua saat masa-masa sulit juga,” tutupnya.

Penerjemah: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Konser

Pakar Penyakit Menular Dr. Fauci Optimis Konser Kembali Digelar Pada T...

Dr. Fauci. (Foto: dok. Consequence of Sound). Pada konferensi virtual yang diselenggarakan oleh Association of Performing Arts Professionals, Dr. Anthony Fa

on Jan 12, 2021
Boss Metal Zone

Diagram Efek Gitar Metal Zone Dirumorkan Sebagai Chip 5G Dalam Vaksin ...

"5G chip diagram" dan pedal efek Boss Metal Zone. Kita telah memasuki era di mana realitas yang nggak masuk akal adalah hal yang masuk akal. Hal yang non-lo

on Jan 6, 2021
SOS Fest

Fitur Foo Fighters & Lainnya, SOS Fest Raup Rp 28 Miliar Untuk Bantu V...

SOS Fest. Seiring dengan berlanjutnya Laporan Tahunan, kita akan melihat beberapa perubahan pada musik live di tahun 2020 di mana sebagian besar dunia berst

on Dec 30, 2020
OPPORTUNIST deathcore

'Plandemic (Narrow Minded)' Cetus MOSI TIDAK PERCAYA Unit Metalcore Op...

'Plandemic (Narrow Minded)' adalah single kedua band metalcore asal Pandeglang, Banten Opportunist yang dirilis pada tanggal 18 Desember 2020. Single baru

on Dec 23, 2020