×
×

Search in Mata Mata Musik

Red Hot Chili Peppers Jual Katalog Lagunya Ke Hipgnosis Rp 1,4 Triliun

Posted on: 05/4/21 at 12:00 pm

Red Hot Chili Peppers Menjual Katalog Lagunya Ke Hipgnosis Rp 1.4 Triliun
Red Hot Chili Peppers. (Foto: Getty Images).

Red Hot Chili Peppers menjadi artis baru yang bergabung di klub “Jual Putus Katalog Gegara Pandemi”. Band funk rock legendaris ini menjual katalog lagu-lagu mereka ke Hipgnosis Songs seharga lebih dari US$ 140 juta (atau sekitar Rp 2 triliun) menurut narasumber yang mengonfirmasi ke Variety.

Baca juga: Katalog Lagu Paul Simon dan Simon & Garfunkel Diakuisisi Sony Music

Fenomena mendulang emas dengan cara menjual putus katalog musik ini terus berlangsung. Yang dipelopori oleh Bob Dylan yang menjual seluruh lagu yang ditulisnya ke Universal Music Publishing sebesar lebih dari US$ 300 juta (sekitar Rp 4,3 triliun). Serta Stevie Nicks menjual katalog musik miliknya ke Primary Wave seharga US$ 100 juta (sekitar Rp 1,4 triliun).

Repot Cari Papir…eh…Red Hot Chili Peppers yang dibentuk pada tahun 1982, memiliki katalog lagu hit yang solid termasuk ‘Under the Bridge’, ‘Give It Away’, ‘Californication’, ‘Can’t Stop’, ‘By The Way’, dan masih banyak lagi. Berita tersebut pertama kali diberikan kode halusnya oleh Music Business Worldwide dan dilaporkan oleh Billboard. Pada saat artikel ini dipublikasikan, belum jelas apakah kesepakatan penjualan katalog musiknya itu telah ‘closing’.

Katalog Red Hot Chili Peppers

Katalog Chili Peppers sebagian besar ditulis oleh para member band ini sejak 1989. Yaitu vokalis Anthony Kiedis, bassis Flea, dramer Chad Smith, dan gitaris John Frusciante. Frusciante kembali bergabung bersama band ini untuk ketiga kalinya setelah keluar-masuk. Seperti dilansir Billboard, katalog tersebut dikelola oleh Moebetoblame Music, di bawah bimbingan pengacara Eric Greenspan, mitra pengelola firma hukum Myman, Greenspan, Fox, Rosenberg Mobasser, Younger & Light LLP. Narasumber mengatakan Greenspan membeli kesepakatan untuk band tersebut. Juga dilaporkan bahwa katalog band ini menghasilkan US$ 5 juta hingga US$ 6 juta bersih untuk bagian pendapatan music publishing.

Chili Peppers sudah meninggalkan Q Prime management selama lebih dari 20 tahun. Dan baru-baru ini mereka mengkonfirmasi bahwa mereka telah menandatangani kontrak dengan manajer artis top, Guy Oseary. Guy terkenal karena sukses jadi manajer Madonna dan U2.

Hipgnosis, tentu saja, telah menjadi perusahaan yang mengakuisisi katalog musik yang tidak tertandingi dalam sejarah industri musik. Dan mereka telah menaikkan harga katalog lagu secara eksponensial. Hanya dalam dua minggu awal tahun ini, mereka mengakuisisi setengah dari katalog Neil Young, serta milik veteran Fleetwood Mac, Lindsey Buckingham, produser Jimmy Iovine dan Shakira. Hanya dalam waktu kurang dari tiga tahun, Hipgnosis telah memperoleh katalog dari pembuat film terkenal seperti Timbaland, vokalis Pretenders, Chrissie Hynde, RZA dari Wu-Tang Clan, Blondie, Barry Manilow, Jeff Bhasker dan banyak lagi. Ck ck ck… duitnya banyak banget!

Baca juga: Usai Menjual Seluruh Katalog Musiknya, Bob Dylan Digugat Rp 100 Miliar

Dan dramer Chad Smith baru-baru ini mengonfirmasi bahwa bandnya sedang mengerjakan album baru. Album baru Chili Peppers menjadi semakin diantisipasi sejak John Frusciante kembali bergabung. Kita tunggu saja.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Oddwain

    Alt-Rocker Oddwain Bangkit Via Single 'Radiance' Soal Pendalaman Moral

    Single 'Three-ring Circus' menjadi awal untuk semua mimpi buruk yang terjadi pada Oddwain selama setahun terakhir. Bagaimana enggak, setelah single tersebu

    on Apr 2, 2021
    Band Korea

    Mau Dengar Musik Korea Selain K-Pop? Inilah 10 Rekomendasi Band Keren!

    Mungkin sebagian dari kita, terutama kalian para milenial mengenal musik dan artis Korea melalui invansi K-pop ke seluruh dunia. Dengan terus meningkatnya kesu

    on Mar 13, 2021
    Robi Navicula

    Robi Navicula Rilis Single 'Wujudkan Cinta' Sebagai Hadiah Ultah Anakn...

    Gede Robi. (Foto: via YouTube). Setiap orang tua tentu memiliki caranya sendiri untuk mengungkapkan rasa sayang kepada buah hatinya. Enggak terkecuali Gede

    on Mar 8, 2021
    For Revenge & Stereo Wall

    For Revenge & Stereo Wall Lebur Energi Emo Via Collab Single 'Jakarta ...

    Dua band yang dikenal sebagai pengusung gaya emo/modern rock, For Revenge dan Stereo Wall berkolaborasi dalam sebuah lagu yang menyatukan energi dan karakt

    on Mar 1, 2021