×
×

Search in Mata Mata Musik

Rekaman Lawas Eddie Van Halen Mengcover Lagu Jimi Hendrix Muncul Ke Permukaan

Posted on: 11/28/20 at 10:00 am

Rekaman Eddie Van Halen Cover Lagu Jimi Hendrix Dari '90-an Muncul Ke Permukaan
Jimi Hendrix (Foto: David Redfern/Redferns) / Eddie Van Halen (Foto: Mediapunch/REX Shutterstock).

Kibordis David Garfield telah bermain dengan banyak banget musisi mulai dari Larry Carlton dan Steve Lukather hingga George Benson dan Smokey Robinson.

Baca juga: Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen Akan Dilelang Di Icons & Idols: Rock and Roll

Tapi salah satu hal yang paling menarik dalam kariernya muncul di akhir tahun 1990-an, saat doi rekaman bersama gitaris legendaris Eddie Van Halen untuk sebuah lagu cover ‘If 6 Was 9’ karya gitaris legendaris Jimi Hendrix. Meski sudah lama, baru sekarang, untuk pertama kalinya, David Garfield merilis lagu perpaduan Hendrix-Van Halen tersebut, dan MataMata Musik dengan senang hati menayangkan lagu kolaborasi perdana Garfield-Van Halen. Keren ya, lagu legenda di-cover oleh legenda juga.

Lagu cover ‘If 6 Was 9’ muncul di EP baru David Garfield, Guitar Heroes OTB, Vol. 1, yang juga menampilkan penyanyi dan gitaris Michael Landau, bassis Will Lee dan dramer Simon Phillips. Tapi solo gitar terdepan lagu itu jelas diisi oleh Eddie Van Halen, yang menyumbangkan permainan gitar yang benar-benar liar dan psikedelik ke lagu klasik Jimi Hendrix.

‘If 6 Was 9’, yang muncul di Guitar Heroes OTB direkam pada tahun 1996 di Mad Hatter Studios milik Chick Corea di Los Angeles, Amerika Serikat dan di-engineer oleh Alan Hirshberg. Sedangkan overdub bagian permainan gitar Eddie dikerjakan di 5150 Studios miliknya sendiri.

David Garfield berbicara dengan Guitar World tentang asal mula lagu tersebut, menjelaskan bahwa doi pertama kali bertemu Eddie “di toko cerutu lokal dan kami harus mengobrol”. Saat itu, David Garfield sedang mengerjakan proyek bertajuk Tribute to Jeff Porcaro, untuk menghormati almarhum dramer Toto. Doi mengenang, “Gue menyebutkannya kepada Eddie, menanyakan apakah dia ingin berpartisipasi. Tanggapan Eddie langsung bilang ‘ya!'”.

David Garfield melanjutkan, “Gue pergi ke rumahnya untuk mengerjakan lagu bersamanya, dan dia sangat keren. Sebagai pemain kibord, gue dan dia sangat cocok. Setelah sesi itu, kami tampil live bersama di Baked Potato, bersama dengan Steve Lukather dan Michael Landau.

“Kami terus menjalin hubungan, dan sering kali dia menelepon gue tiba-tiba, meminta bantuan untuk hal-hal yang berhubungan dengan kibord. Gue bahkan menemukan seseorang untuk bepergian bersamanya dalam tur dan memainkan bagian tambahan di luar panggung, serta menjadi teknisi kibordnya”.

“Gue sangat sedih kami kehilangan dia terlalu cepat, gue berharap bisa berkolaborasi dengannya lagi. Beristirahatlah dengan damai, Eddie saudara gue”.

David Garfield bersama Eddie Van Halen. (Foto: Robert Knight).

Baca juga: Gitar Awal Dekade 1960 Jimi Hendrix Laku Rp 3 Miliar Lebih Saat Dilelang

Silakan lo simak lagu cover ‘If 6 Was 9’ versi ‘extended and remastered’ di bawah ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Van Halen

    Wolfgang Van Halen Menolak Tampil Di Grammy 2021, Ini Alasannya

    Wolfgang dan Eddie Van Halen. (Foto: Philip Cosores). Banyak pemirsa yang menyaksikan acara live streaming Grammy Awards 2021 yang digelar pada hari Minggu

    on Mar 16, 2021
    27 Club

    Musisi Bintang Pop & Rock Anggota “27 Club”: Yang Mati Muda Di Usi...

    27 Club, perkumpulan macam apa ini? Sebelum membahas ke sana, kita bahas konteks 'Mati Muda' di artikel ini. Memang sedikit berbeda dengan substansi lagu h

    on Jan 18, 2021
    Penyebab Kematian Eddie Van Halen

    Penyebab Kematian Eddie Van Halen Resmi Diungkap, Abu Kremasinya Dibua...

    Eddie Van Halen (Foto Muda: MediaPunch/REX, Foto Tua: Michele Eve Sandberg). Lebih dari dua bulan setelah kematian tragis sang legenda gitar Eddie Van Halen

    on Dec 15, 2020
    Wolfgang Van Halen

    Wolfgang Van Halen Debut Single Solo, 'Distance' Via Video Tribute Unt...

    Putra kandung semata wayang mendiang Eddie Van Halen, Wolfgang Van Halen telah meluncurkan single pertama dari proyek solo barunya Mammoth WVH. Berjudul 'D

    on Nov 16, 2020