×
×

Search in Mata Mata Musik

Resmi Rilis Layanan Video Musik, Akankah Facebook Bakal Saingi YouTube?

Posted on: 08/2/20 at 6:00 am

Resmi Rilis Layanan Video Musik, Akankah Facebook Bakal Saingi YouTube?
Foto: Facebook.

Video musik resmi berlisensi akhirnya akan tersedia di Facebook mulai 1 Agustus 2020, menurut pengumuman perusahaan itu dalam sebuah postingan blog pada 31 Juli lalu. Berita tersebut mencerminkan apa yang dilaporkan oleh Techcrunch pada 14 Juli, yang mengkonfirmasi waktu terjadinya kesepakatan antara raksasa media sosial itu dan bisnis musik yang telah lama ditunggu-tunggu.

Baca Juga: Berkultur “Black”, Beyoncé Rilis MV ‘Already’ Fitur Major Lazer dan Shatta Wale

Facebook telah menjadi penyedia layanan video di Thailand dan India, dan pengumuman pada 31 Juli lalu mulai membuka layanan itu ke Amerika Serikat (AS). Menurut postingan blog tersebut, perusahaan ini telah mengikat kesepakatan dengan tiga perusahaan musik besar, dan juga Merlin, BMG, Kobalt dan sejumlah perusahaan indie, penerbit, dan PRO (Performance Rights Organisation).

Video akan dapat diposting di halaman pribadi para artis, sementara penggemar akan dapat berkomentar, berbagi, dan bereaksi terhadap mereka seperti yang mereka lakukan dengan konten lain di platform itu. Facebook juga telah memberikan teaser beberapa tayangan perdana khusus Facebook yang akan datang, termasuk video dari kreator konten seperti Lele Pons dan Sech, sementara itu video musik eksklusif dari artis-artis Latin seperti J Balvin, Karol G, Sebastian Yatra, Alejandro Fernandez dan Calibre 50 juga dalam proses perilisan.

Facebook mengatakan bahwa mereka akan membuat hub alias pusat kegiatan baru untuk musik di Facebook Watch, yang akan memasukkan daftar lagu bertema berdasarkan genre, era dan popularitas, serta pencarian video berdasarkan suasana hati, genre atau artis. Itu akan lebih dimodifikasi ke depannya, kata perusahaan itu.

Kedatangan video musik ke Facebook telah dianggap oleh beberapa orang sebagai pukulan langsung kepada YouTube, yang telah menjadi hub tradisional video musik di era digital. Tetapi perbandingan itu terlalu berlebihan alias lebay, menurut beberapa sumber industri musik, setiap orang yang melihat musik pada setiap platform secara fundamental berbeda dengan pengalaman layanannya. Tetapi daya tarik yang dimiliki Facebook merupakan video yang terintegrasi dalam dunia media sosial, dipasangkan dengan keterlibatan yang menyertainya.

“Koneksi artis-penggemar di Facebook lebih dalam dan lebih otentik karena alat-alat seperti Stories, Live, dan efek AR (Augmented-Reality) khusus,” ujar Wakil Presiden pengembangan bisnis dan kemitraan musik Facebook, Tamara Hrivnak dalam sebuah pernyataan. “Video musik resmi dilahirkan kembali dalam pengaturan itu, mereka menjadi bagian dari cara orang mengekspresikan identitas dan suasana hati dan membawa dimensi baru pada metode penceritaan artis yang terjadi setiap harinya pada aplikasi kita”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Nicki Minaj

    Nicki Minaj: 10 Peringkat Video YouTube Terpopuler Si Ratu "Geal-Geol"

    Nicki Minaj termasuk dalam deretan atas artis internasional melalui goyangan musik hip hop-nya. Cewek berbokong besar ini tercatat telah menjual lebih dari

    on May 17, 2021
    TEDDY LEE

    YouTuber Teddy Lee Debut Lagu Ciptaannya Berlirik Korea & Indonesia

    Teddy Lee telah dikenal sebagai musisi dan content creator YouTube alias YouTuber yang sering mengcover lagu-lagu soundtrack drama seri Korea yang diterjem

    on May 9, 2021
    Aggregator Musik

    Aggregator Musik: Perantara Pendapatan Di Tengah Disrupsi Teknologi

    Lebih dari satu dekade kita telah memasuki era terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaran teknologi secara fundamental. Mengubah sistem, tatanan, lansk

    on Apr 15, 2021
    YouTube Shorts

    YouTube Rilis Shorts Di AS, Layanan Video Pendek Rival TikTok

    Ilustrasi: YouTube. YouTube menggulirkan layanan video pendek untuk para pengguna yang ada di Amerika Serikat (AS). Tampaknya kehadiran layanan video pendek

    on Mar 21, 2021