×
×

Search in Mata Mata Musik

She Is Coming – Miley Cyrus

Posted on: 06/10/19 at 7:30 pm

She Is Coming, manifesto ‘seribu’ kepribadian dari seorang mantan teen idol kesayangan Disney.

Perempuan yang dilahirkan dengan nama Destiny Hope Cyrus ini memulai perjalanannya di dunia hiburan lewat peran kecil di sebuah seri drama bersama Ayahnya, Billy Ray Cyrus yang juga adalah seorang musisi. Kemudian, terlibat di Big Fish yang disutradarai oleh Tim Burton makin membuat Miley diperhatikan. Ketika berumur 11 tahun, menjadi Hannah Montana membuat namanya melambung, dan lewat perannya itu juga, Miley resmi dilabeli teen idol di saat itu.  

Miley Cyrus: She Is Coming Review

Tapi Miley bukanlah sosok ‘jinak’ dan Disney bukan habitatnya. Sekitar 2010, Miley Cyrus mulai ‘berulah’ dan mulai membuat banyak kontroversi, sampai akhirnya melepas album berjudul Miley Cyrus and Her Dead Petz di 2015. Ditulis bersama para anggota The Flaming Lips. Ya, kalian pasti sudah bisa menebak bahan bakar mereka saat itu. Sudah tidak ada lagi teen idol kesayangan Disney.

Meet Miley Cyrus di 2007, kemudian Breakout di 2008, dan Can’t Be Tamed di 2010, akhirnya mendaratkan album kolaborasinya bersama The Flaming Lips yang sudah disebutkan di atas, merupakan rekaman perubahan diri Miley yang di masa remajanya. Di Younger Now, Miley Cyrus ingin tunjukan kalau dia bukannya tumbuh semakin dewasa tapi malah  makin muda. Mungkin mengambil konsep Benjamin Button. Tapi sayangnya, musik-musiknya tersebut semakin terasa tidak tulus dan ‘dipaksakan’, untungnya Miley menyadari itu dan mengeset ulang semuanya, untuk yang kesekian kalinya.

Berselang sekitar dua tahun dari rilisan album terakhirnya, She Is Coming mendarat sebagai bagian awal dari trilogi EP-nya. She Is Here dijadwalkan akan datang di pertengahan tahun ini, sedangkan She Is Everything akan dihadirkan di kuartal terakhir tahun ini. Dan sudah bisa ditebak, pada akhirnya trilogi EP ini akan berujung pada album penuh. Mungkin di tahun depan?

Bisa dibilang keenam trek yang hadir di She Is Coming ini bukanlah sesuatu yang baru. Dengan kata lain, apa yang ditawarkan oleh Miley di EP ini terasa sama saja dengan musik kebanyakan zaman sekarang. Tapi, Miley Cyrus dikenal pintar soal pemilihan kolaborator. Dan di EP ini, dia berhasil lagi.

Dibuka dengan lirik “Hallelujah, I’m a freak/I’m a freak, hallelujah/Every day of the week I’ma do ya/Like I want to/I’m Nile Crocodile, a Piranha,” “Mother’s Daughter” memiliki beats yang ramah kuping dengan hook yang bikin nyantol. Fungsinya tepat sebagai trek pembuka. Vokalis Miike Snow, Andrew Wyatt terlibat sebagai produser untuk trek ini. Dilanjutkan dengan “Unholy” yang masih senuansa dengan “Mother’s Daughter,” penuh hook yang catchy.

Tidak bisa disangkal, salah satu yang menarik dari EP ini adalah deret kolaboratornya. “Cattitude” tampilkan duet paling kuat di EP ini. Miley gandeng RuPaul, bintang reality show pemenang tiga Primetime Emmy Awards, Drag Race. Walaupn RuPaul bukan dikenal sebagai seorang rapper, tapi sekitar 13 album musik sudah dia kantongi. Dan karakternya yang kuat, membungkus lagu ini dengan sempurna!

Secara keseluruhan, tidak ada yang berkesan dari proyek yang ‘belum selesai’ ini dengan rangkaian lagunya yang terasa repetitif. Untungnya sedikit terbantu dengan hook yang catchy di sana-sini dan deretan kolaboratornya. Tapi Miley Cyrus tidak pernah terdengar senyaman ini dengan musiknya, dan itu merupakan hal besar dan pantas menjadi penanda penting di hidup seorang Miley Cyrus yang (sepertinya) sudah naik tingkat dengan kehadiran She Is Coming ini.

Verdict: 6.5/10.
Karena faktor paling utama dari sebuah rilisan musik adalah eksekusi produksinya yang berkualitas. Dan Miley Cyrus berhasil!

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Metallica Blacklist

    The Metallica Blacklist: Peringkat 53 Lagu Cover Dari Terburuk Ke Terb...

    The Metallica Blacklist merupakan album kompilasi "tribute" yang paling megah dalam sejarah musik. Bagaimana tidak, mega proyek ini menampilkan 53 artis li

    on Sep 23, 2021
    Metallica

    Metallica The Black Album Dicover 53 Artis Top Lintas Genre & Generasi

    Metallica circa 1992 (Foto: Midori Tsukagoshi/Shinko Music/Getty Images). Metallica merayakan ulang tahun ke-30 "The Black Album" dengan cara yang keren ban

    on Jun 23, 2021
    Lollapalooza

    Lollapalooza Festival Sediakan 1.200 Tiket Gratis Bagi Yang Mau Divaks...

    Crowdsurfing di Lollapalooza 2019 (Foto: Erika Goldring/FilmMagic). Lollapalooza, salah satu festival musik dan seni terbesar di Amerika Serikat (AS) sedang

    on Jun 12, 2021
    MMM Playslit 20 Lagu Internasional April #3

    MMM Playlist April 2021 #3: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist April 2021 #3. MMM Playlist edisi bulan April 2021 minggu ketiga untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang

    on Apr 23, 2021