×
×

Search in Mata Mata Musik

Rich Brian Rilis EP Baru, ‘1999’ Bareng MV ‘Love In My Pocket’ dan ‘Don’t Care’

Posted on: 08/27/20 at 6:30 am

Rich Brian Rilis EP Baru, '1999' Bareng MV 'Love In My Pocket' dan 'Don't Care'
Rich Brian dalam MV ‘Don’t Care’ (Foto: via YouTube).

Setelah merilis dua single terakhirnya yang asyik, ‘Love In My Pocket’ dan ‘Don’t Care’, Rich Brian kembali memberi kejutan dengan merilis mini album alias EP baru berjudul 1999, berisi 7 lagu yang ditulis dan diproduksi oleh Rich Brian, Santell, Suburban Plaza, dan yang sering menjadi kolaboratornya, Bekon & The Donut.

Baca juga: Rich Brian Rilis Single ‘Love In My Pocket’, Bebaskan Fans Untuk Edit Videonya

EP 1999 terinspirasi dan dibuat di tengah masa karantina Rich Brian selama pandemi kopad-kopid sembilan belas. Proyek EP ini menyelami tampilan introspektif pada penemuan diri rapper multi aspek asli Indonesia ini, baik secara musikal maupun pribadi saat doi mengungkapkan perasaannya tentang hubungan baru melalui musiknya. Lagu utamanya, ‘DOA’ melanjutkan ke arah baru Rich Brian dan menampilkan gayanya yang unik. Vokalnya yang khas dan produksi Santelle yang memukau membuat lagu ini ceria dan sangat cucok untuk musim panas tahun 2020.

Cover mini album Rich Brian 1999. (Gambar: 88rising).

Tracklist EP 1999:
Sometimes
Don’t Care
Long Run
When You Come Home
DOA
Love In My Pocket
Sins

“Proyek ini memiliki lagu untuk semua orang,” kata Rich Brian tentang EP 1999. “Salah satu favorit GUE adalah ‘DOA’”, yang merupakan singkatan dari ‘Dead On Arrival’. Kedengarannya nggak wajar, tetapi ini tentang bersaing dengan seseorang yang nggak memiliki peluang melawan lo sejak awal. Melodinya benar-benar mengingatkan gue ke Gorillaz, yang gue suka banget. Itu adalah lagu yang selalu gue mainkan setiap kali gue ingin merasa lebih baik tentang nyanyian gue, dan diri gue sendiri secara umum”.

Berbicara tentang single dari EP 1999 lainnya, ‘Sins’, Rich Brian menjelaskan, “Ini mungkin lagu terbaik yang pernah gue buat. Itu berasal dari sesi jamming gue dengan Jacob Ray dan Diamond Pistols, dan kemudian Louis Bell datang nggak menentu. Gue selalu menjadi penggemar musiknya meskipun gue sudah mengenalnya selama beberapa tahun sekarang, dan hari itu gue harus mengerjakan sesuatu dengannya untuk pertama kalinya. Teman gue Natalie mengirimi gue video yang sangat manis pada suatu hari saat doi menangis dan mengatakan betapa bangganya doi ke gue, jadi gue memutuskan untuk meletakkannya di akhir lagu karena gue mencintai Drake dan gue tahu doi akan bangga ke gue”.

Baca juga: Rich Brian Gandeng Gojek Untuk Beri Sumbangan Ke Pekerja Terkena Dampak Pandemi

EP 1999 mengikuti kesuksesan album The Sailor rilisan tahun 2019, album full length kedua Brian. Album ini menerima pujian kritis, dengan Hypebeast menyatakan, “Rich Brian dengan sempurna menangani pertumbuhan sonik dan identitas Asia-nya”. Menampilkan produksi dari Bekon & The Donuts, 1Mind, Frank Dukes dan Rich Brian sendiri, The Sailor mendokumentasikan kedewasaan Brian di mata publik, yang telah membawanya dari seorang rapper kelahiran internet menjadi ikon dan pahlawan Indonesia bagi pemuda Asia dan berkeliling dunia. Album ini menampilkan single ‘100 Degrees’, ‘Yellow’, dan ‘Kids’, dan telah diputar lebih dari 400 juta kali secara global di berbagai platform digital.

Selain 1999, Rich Brian juga telah merilis MV (Music Video) resmi lagu ‘Love In My Pocket’. Disutradarai oleh Daniel Cloud Campos, MV ini adalah pengalaman intergalaksi yang menampilkan Rich Brian dan tiga “kloningan sempurna” miliknya di laboratorium rahasia. Dimulai dengan Rich Brian saat mendefinisikan semua kualitas unik yang membuatnya berubah menjadi eksperimen berantakan yang gagal.

“Ini adalah video musik favorit gue sejauh ini, tentang bagaimana mencoba menjadi sempurna nggak akan berhasil di sebagian besar waktu,” kata Rich Brian.

Sekali lagi, ada dua single yang dirilis sebelumnya dari EP 1999, yakni ‘Love In My Pocket’ dan ‘Don’t Care’, yang telah mencapai lebih dari 31 juta streaming hingga saat ini dan menerima pujian dari outlet seperti HotNewHipHop, Hypebeast, UPROXX, Genius, dan Complex.

Yuk kita tonton kedua MV single tersebut di bawah ini.

Sumber: 88rising
Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    J. Cole & C. Brickley

    J. Cole Dikontrak Rwanda Patriots Main Di Liga Bola Basket Afrika

    J. Cole bersama pelatih NBA Chris Joseph Brickley (Foto: via Instagram/cbrickley603). J. Cole telah lama mengejar impiannya sebagai atlit bola basket dengan

    on May 11, 2021
    Pop-Punk

    Pop-Punk Kembali Berjaya Berkat 'Crossover' Hip Hop & Aksi Viral TikTo...

    Pop-punk sepak terjangnya mengalami lonjakan selama setahun terakhir dan kemungkinan seterusnya. Terbukti subgenre punk rock ini kembali merayap ke banyak

    on May 10, 2021
    Polo G

    Polo G, Raja Rap Baru Yang Kuasai Billboard Hot 100 Via 'Rapstar'

    Polo G. (Foto: Daniel Prakopcyk). Polo G sedang ramai diperbincangkan. Rapper muda ini debut di peringkat 1 tangga lagu tertinggi Billboard Hot 100 lewat la

    on Apr 23, 2021
    Shock G

    Shock G, Rapper Legendaris Mentor Tupac Shakur Meninggal Dunia

    Shock G (Foto: Earl Gibson III/Getty Images). Shock G, pendiri dan vokalis dari grup hip-hop legendaris Digital Underground meninggal dunia di usia 57 tahun

    on Apr 23, 2021