×
×

Search in Mata Mata Musik

Rilis Sepatu Yeezy Israfil dan Asriel, Kanye West Dituding Hina Agama Islam

Posted on: 08/25/20 at 6:30 am

Rilis Sepatu Yeezy Israfil dan Asriel, Kanye West Dituding Hina Agama Islam
Kanye West dituduh hina agama Islam lantaran sepatu model baru Yeezy.

Kanye West, seperti biasa, nyaris nggak pernah luput dari sorotan media dan seringkali kontroversial. Kali ini doi dikritik habis-habisan oleh netizen dan dituduh ‘nggak menghormati agama Islam’ setelah musisi/desainer itu menamai dua pasang sepatu Yeezy Boost terbarunya dengan nama salah satu malaikat utama agama Islam.

Adidas mengumumkan kedua sepatu Yeezy baru itu minggu lalu, yakni Yeezy Boost 350 V2 Israfil dan Yeezy Boost 350 V2 Asriel. Dalam agama Islam, malaikat Israfil digambarkan sebagai malaikat yang akan meniup sangkakala pada hari kiamat – dan merupakan salah satu dari empat malaikat utama dalam agama Islam, sedangkan malaikat Asriel alias Izrail adalah “angel of death” alias malaikat maut, malaikat “pencabut nyawa” yang mengambil jiwa-jiwa manusia setelah mereka meninggal.

Tindakan kontroversial itu sangat khas dengan sifat “nekat” Kanye West yang menuai kecaman habis-habisan oleh netizen di internet, dicap nggak sopan dan menyinggung orang-orang Muslim.

Sebuah petisi yang menyerukan Adidas dan Kanye West untuk mengubah nama sepatu Yeezy tipe baru itu kini telah beredar online. “Ini telah menjadi perhatian komunitas Muslim global bahwa Adidas telah mengizinkan produksi sepatu yang dinamai sesuai dengan salah satu malaikat utama dalam agama Islam,” tulis pernyataan yang ada dalam petisi itu, yang selengkapnya bisa lo baca di sini.

“Ini sangat menyinggung komunitas Muslim. Menggunakan nama malaikat, yang sangat kami hormati, untuk sebuah sepatu yang digunakan untuk berjalan di tanah adalah suatu pelecehan yang sangat besar bagi semua komunitas Muslim. Kami menuntut Adidas [sic] untuk segera menghentikan semua produksi sepatu ini, mengumumkan permintaan maaf yang tulus kepada komunitas Muslim dan berkonsultasi dengan perwakilan komunitas Muslim untuk memahami kurva pembelajaran ini sehingga hal ini nggak terjadi lagi di masa depan”.

“Kami adalah (bagian yang) besar dari demografis penjualan (kalian) dan untuk mengabaikan rasa kekecewaan kami adalah sebuah keputusan bisnis yang sangat buruk”.

Petisi tersebut diakhiri dengan menyerukan umat agama Islam untuk memboikot merek Yeezy milik Kanye West sampai Adidas bersedia untuk menghentikan produksi kedua sepatu baru tersebut.

Dua jenis sepatu Yeezy baru tersebut dijual dengan harga masing-masing sekitar US$ 237 atau sekitar Rp 3,4 juta – model sepatu Yeezy Israfil sudah terjual habis, dengan sepatu Yeezy Asriel dijadwalkan untuk dirilis bulan depan. Baik Adidas maupun Kanye West belum mengomentari kontroversi ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Mental Trip

Mental Trip Fitur Insane & Dionaldy Rilis 'Lompat Jurang' Tentang Kehi...

Setelah merilis mini album alias EP pada 26 Juni 2020 lalu, Mental Trip kali ini merilis sebuah single baru yang berjudul 'Lompat Jurang'. Dalam lagu ini M

on Oct 19, 2020
Alex Skolnick

WTF! Alex Skolnick (Testament) Ternyata Bisa Nge-Rap Dan Sudah Merilis...

Alex Skolnick (Testament). (Foto: Kid Logic Media). Gitaris virtuoso Testament, Alex Skolnick sejak lama dianggap sebagai salah satu gitaris thrash metal te

on Oct 14, 2020
Saykoji

Lewat 'SideHustle', Saykoji Gaet Iwa K & Ras Muhamad Sebarkan Spirit O...

Persatuan hip-hop dan reggae (ki-ka): Iwan K, Saykoji, Ras Muhamad. Pandemi mengubah jalan pikiran semua orang, mau nggak mau survival adalah hal utama yang

on Oct 11, 2020
Kanye West

Berseteru Dengan Universal Music dan Sony/ATV, Kanye West Kencingi Pia...

Kanye West (Foto: Brad Barket/Getty Images for Fast Company) / Piala Grammy dikencingi. (Foto: Twitter Ye). Dengan terhitung hanya 47 hari dari hari pelaksa

on Sep 17, 2020