×
×

Search in Mata Mata Musik

Rinada, Eks-Lady Rocker Rilis Single Religi Karya Deddy Dores

Posted on: 04/25/21 at 9:00 pm

Rinada, Eks-Lady Rocker Rilis Single Religi Karya Deddy Dores

Rinada merupakan satu dari sekian banyak penyanyi Indonesia yang mengalami pasang surut dalam perjalanan karier dan hidupnya. Sempat terjerat kasus penyalahgunaan narkoba pada Februari 2021 lalu, Rinada kini sudah tuntas menjalani rehabilitasi di BNN Kota Bandung. Kini penyanyi yang dikenal sebagai lady rocker ini bisa melaksanakan ibadah Ramadhan dengan tenang di rumahnya.

Baca juga: Ecko Show Gandeng Derry Sulaiman Di Single Hip Hop Religi ‘Dunia Fana’

Di momen bulan penuh berkah dan ampunan ini, Rinada merilis single religi. Bukan cuma satu lagu, mantan istri Andika eks-The Titans ini merilis dua lagu religi sekaligus. Masing-masing berjudul ‘Nyalakan Iman’ ciptaan mendiang Deddy Dores dan ‘Rasulullah’ karya Yonni Dores.

Rinada merilis single religi di tahun ini sebagai komitmennya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Ogah lagi segala kesalahan yang sempat dilakukan mantan vokalis band rock Geger ini di masa lalu terulang kembali. Doi ingin hijrah dari masa lalunya yang enggak baik menuju masa depan yang lebih baik.

“Dalam setiap kejadian saya selalu ambil hikmah. Alhamdullah di bulan Ramadhan ini bisa rilis single religi,” ujar Rinada melalui video kepada JawaPos.com.

Diberikan kepercayaan membawakan lagu milik legenda musik Tanah Air Deddy Dores, Rinada menyatakan senang banget. Membawakan single ‘Nyalakan Iman’, doi mendapat arahan langsung dari saudara kandung almarhum, Yonni Dores.

“Berkah luar biasa buat saya bisa merilis dua single religi,” kata cewek yang perjalanan hidupnya bak roller coaster ini.

Pesan Religius Dua Lagu Deddy Dores

Rina juga mengatakan, single ‘Nyalakan Iman’ menyampaikan pesan bahwa iman manusia selalu naik turun dan kembang kempis. Lagu itu hendak mengingatkan kita semua untuk meminta pertolongan kepada Allah supaya iman kita terus ada menyala di dalam hati.

Sementara untuk single ‘Rasulullah’, doi menyanyikannya dengan format featuring. Rinada berkolaborasi dengan J. Carry, vokalis band Cobra. Lagu ‘Rasulullah’ menceritakan dahsyatnya cinta Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Lagu tersebut merupakan karya dari Yonni Dores.

“Semoga dua lagu ini diterima oleh masyarakat dan para pecinta musik di Indonesia,” ucap Rinada penuh harap.

Dalam kesempatan itu doi juga menceritakan kenangan kebersamaannya terakhir kali dengan mendiang Deddy Dores. Menurutnya, itu terjadi pada 2011 silam. Kala itu Rinada bersilaturahmi dengan almarhum dan mendapat sambutan yang sangat ramah.

Selain sedikit menyinggung soal musik, kata Rinada, Deddy Dores lebih banyak bicara tentang spiritual dengan dirinya kala itu. Doi pun menganggap almarhum bukan sekedar guru dalam bermusik tetapi guru spiritualnya.

“Beliau sosok guru dalam religusitas saya. Pertemuan ketika itu religius sekali karena yang kita obrolin itu bukan tentang musik. Tapi lebih banyak tentang religius. Dan mungkin jalannya aku sekarang membawakan lagu religi dari almarhum,” ungkapnya.

Di mata Rinada, Deddy Dores adalah sosok yang kalem namun sangat memperhatikan orang lain. “Dan apa yang diucapkan beliau benar adanya terjadi dalam hidup aku,” ungkap Rinada yang mengaku dipuji Deddy Dores karena warna vokalnya nge-rock.

Baca juga: Model Senior Prasanti Andrini Rilis Album Pop Religi “Suara Hatiku”

Profil Rinada

Cewek bernama lengkap Raden Roro Septiana ini banyak dikenal sebagai penyanyi asal Bandung. Kemampuan bermusiknya enggak lepas dari pengaruh keluarga. Dalam video podcast yang diunggah oleh kanal YouTube JMN Channel, Rinada mengungkap bahwa sang paman merupakan musisi Sunda. Doi merupakan adik Abel, bassis Topi Band di mana Ariel (Noah) pernah menjadi vokalis band tersebut. Rinada kemudian mencoba peruntungan dengan bersolo karier sekitar tahun 2013.

Doi diketahui pernah membina rumah tangga dengan kibordis The Titans, Andika. Namun rumah tangga mereka jarang terekspos hingga keduanya akhirnya memutuskan untuk berpisah.

Setelah bercerai dengan Andika, Rinada bergabung dengan band D’Mantans yang cukup mencuri perhatian pada masanya. Pasalnya band tersebut beranggotakan para mantan istri personel band ternama Indonesia, yaitu Okie Agustina (mantan Pasha Ungu), Ade Bunga (mantan Andhika Kangen Band), dan Ratna Damayanti (mantan Rizky The Titans).

Namun perjalanan hidupnya setelah itu penuh lika-liku. Doi sempat bikin heboh akibat tersandung kasus video mesum dirinya yang berseragam PNS. Di situ doi menjadi korban pencorengan nama baiknya.

Pada 2016, Rinada sempat bergabung dalam band rock lawas, Geger Band dan merilis single ‘Beibz’. Sejak saat itu doi terkenal sebagai lady rocker. Sayangnya, pada Februari 2021 lalu, doi ditangkap polisi karena kasus narkoba. Tetapi sebelumnya, doi sempat fokus merilis beberapa single bergenre slow rock. Tahun lalu, doi merilis dua single berjudul ‘Kuraih Cintamu’ dan ‘Tak Ingin Berbeda’ di bawah label Bintang Delapan Production.

Sumber: Jawa Pos dan berbagai Literatur
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter