×
×

Search in Mata Mata Musik

Rivers Cuomo Menjual Lebih Dari 2.000 Demo Weezer Yang Belum Pernah Dirilis

Posted on: 12/9/20 at 10:00 am

Rivers Cuomo Menjual Lebih Dari 2.000 Demo Weezer Yang Belum Pernah Dirilis
Rivers Cuomo (Weezer). (Foto: Ben Kaye).

Tahun ini album baru Weezer yang diberi judul Van Weezer memang belum dirilis, itu artinya tahun depan dirilisnya. Tapi bagi Weezerian (penggemar fanatik Weezer), sang vokalis Rivers Cuomo dianggap telah memberikan hadiah yang lebih baik kepada mereka. Rocker berusia 50 tahun itu baru-baru ini menjual lebih dari 2.000 demo yang belum pernah dirilis di online marketplace, dari tahun-tahun sebelum terbentuknya Weezer hingga era band alternative rock ini di tahun 2015.

Baca juga: Green Day, Weezer dan Fall Out Boy Tunda Hella Mega Tour Karena Asu…dahlah

Kumpulan demo itu terletak di bagian “Market” di situs web Neighborhood milik Rivers Cuomo, dan pentolan Weezer ini memiliki sepuluh kompilasi yang berbeda untuk penjualan yang diatur berdasarkan periode yang berbeda dari riwayat kreatifnya. Setiap paket demo hanya berharga US$ 9 (sektiar Rp 127 ribu), tetapi jumlah lagunya berkisar dari 26 dan seterusnya dalam kompilasi “Best of the Demos” yang diringkas hingga 1.113 (itu lebih dari 38 jam durasinya!) untuk “The EWBAITE Years”, yang mencakup materi musik selama periode 2011-2014.

Penggemar karya awal Weezer pasti akan tergoda oleh 72 demo di “Blue-Pinkerton Years” yang didambakan mereka, serta lagu “Before Weezer”, yang dimulai dari lagu yang dibuat pada 1976 ketika Rivers Cuomo baru berusia enam tahun dan diakhiri tepat sebelum Weezer terbentuk pada 1992. Paket lainnya diberi nama “The Green Years”, “The Maladroit Years”, dan “The White Year”, yang berhubungan dengan album-album tersebut dalam katalog Weezer.

Seperti yang ditunjukkan Music Ally, area dagang Rivers Cuomo ini juga dilengkapi dengan bagian penafian yang bersifat langsung di mana Rivers memperingatkan calon pembeli tentang sifat kacau dan berantakan dari karya rekaman demo dari pengalama musik seumur hidupnya.

“Untuk demo apa pun: Mungkin memiliki keheningan. Mungkin sangat nggak layak. Mungkin kualitas suaranya sangat rendah. Mungkin saja gue mengoceh, berbicara, membuat suara. Mungkin sudah dibagikan atau bocor. Mungkin hanya ketukan dram. Atau itu mungkin nggak ada vokalnya. Atau mungkin duplikat dari demo lain. Itu mungkin versi inferior dari demo lain. Informasi yang diberikan, seperti tahun dan deskripsi, mungkin salah”.

Sebagian besar pilihan menampilkan preview dengan sedikit komentar audio dari Rivers Cuomo, tetapi satu-satunya cara untuk mengetahui cakupan sebenarnya dari setiap paket demo tersebut adalah dengan membayar sembilan dolar. Rivers Cuomo juga mencatat bahwa pasar buatan doi ini adalah proyek final untuk kursus yang doi ikuti dalam pemrograman situs web.

Baca juga: Weezer Rilis Lagu Baru ‘Hero’ Sebagai Tribute Untuk Para Pejuang Krisis

Kembali ke bulan September 2020 lalu saat musim semi, mereka merilis lagu berjudul ‘Hero’ yang didedikasikan untuk pekerja garis depan penanganan pandemi kopad-kopid budy holly (hahaha, ya nggak ketawa berarti nggak paham Weezer) yang bakal muncul di album mendatangnya yang sepertinya akan dirilis tahun 2021. Dengerkan saja lagi yuk!

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Oddwain

    Alt-Rocker Oddwain Bangkit Via Single 'Radiance' Soal Pendalaman Moral

    Single 'Three-ring Circus' menjadi awal untuk semua mimpi buruk yang terjadi pada Oddwain selama setahun terakhir. Bagaimana enggak, setelah single tersebu

    on Apr 2, 2021
    Band Korea

    Mau Dengar Musik Korea Selain K-Pop? Inilah 10 Rekomendasi Band Keren!

    Mungkin sebagian dari kita, terutama kalian para milenial mengenal musik dan artis Korea melalui invansi K-pop ke seluruh dunia. Dengan terus meningkatnya kesu

    on Mar 13, 2021
    Robi Navicula

    Robi Navicula Rilis Single 'Wujudkan Cinta' Sebagai Hadiah Ultah Anakn...

    Gede Robi. (Foto: via YouTube). Setiap orang tua tentu memiliki caranya sendiri untuk mengungkapkan rasa sayang kepada buah hatinya. Enggak terkecuali Gede

    on Mar 8, 2021
    For Revenge & Stereo Wall

    For Revenge & Stereo Wall Lebur Energi Emo Via Collab Single 'Jakarta ...

    Dua band yang dikenal sebagai pengusung gaya emo/modern rock, For Revenge dan Stereo Wall berkolaborasi dalam sebuah lagu yang menyatukan energi dan karakt

    on Mar 1, 2021