×
×

Search in Mata Mata Musik

RM Akui Sempat Kabur Enam Bulan Sebelum BTS Jalani Debut Pada 2013

Posted on: 08/18/20 at 7:30 am

RM Akui Sempat Kabur Enam Bulan Sebelum BTS Jalani Debut Pada 2013
RM (BTS).

Penampilan BTS minggu lalu di acara I-Land episode ke-7 pastinya akan membuat para trainee menjadi semakin semangat. Meskipun hanya secara virtual, para Bangtan Boys itu menawarkan banyak saran berharga untuk mengatasi rasa khawatir yang menghantui pikiran para kontestan acara tersebut.

Baca juga: RM & Jungkook BTS Nangis dalam Konser Perpisahan Era Love Yourself

Ketika seorang trainee bernama Ta-ki mengungkapkan betapa doi merindukan orang tua dan adik perempuannya di Jepang, Jimin dari BTS mengatakan bahwa para anggota BTS memahami penderitaannya karena mereka juga hanya bertemu orang tua mereka dua atau tiga kali dalam setahun. Di sisi lain, RM secara mengejutkan mengungkapkan bagaimana doi dulu sempat melarikan diri enam bulan sebelum BTS debut pada tahun 2013.

“Ada saat ketika aku dulu sempat kabur, enam bulan sebelum debut kami. Ketika ayahku melihatku, dia menghabiskan dua setengah jam membujukku untuk kembali. Ayah mengatakan kepadaku, ‘Aku tahu kamu adalah seseorang yang ingin menetap di sana dan kamu ya harus ada di sana. Jika kamu kembali ke sini maka kamu akan membenciku selama sisa hidupmu’. Aku masih ingat itu,” ungkap pemimpin BTS itu, dilansir dari Soompi.

Suga menambahkan bahwa tentu saja itu nggak apa-apa untuk merindukan orang tua tetapi kamu juga perlu menyadari apa yang perlu kamu lakukan dan kembali fokus dengan latihan, yang bahkan disepakati oleh Jungkook sebagai hal terpenting yang harus dipikirkan seorang trainee.

Selain itu, ketika seorang trainee lainnya, Heeseung meminta tips bagaimana cara mengembangkan jiwa kepemimpinan secara lebih baik, RM dan para anggota BTS terkesan dengan pertanyaannya. “Doi telah berlatih lebih lama dari yang lain! Lebih dari tiga tahun!… Luar biasa. Orang ini pasti akan sukses! Doi orang yang sangat bijaksana”.

J-Hope kemudian memuji Heeseung. “Itu ya yang doi khawatirkan? Doi sepertinya sangat bijaksana ya. Menurutku pribadi, fakta bahwa doi khawatir tentang hal semacam ini mengartikan bahwa doi sudah memiliki jiwa kepemimpinan”.

Contohnya, “’Seseorang harus melakukan itu demi timnya’. Menjadi seseorang yang dapat membela anggota grup lainnya, menurut aku itu adalah jiwa kepemimpinan yang baik. Aku sendiri pada awalnya nggak sejago itu, jujur ​​saja,” ujar RM dan kemudian Suga mengatakan, “Kamu adalah pemimpin yang baik,” sedangkan V mengatakan, “Kamu adalah pemimpin terbaik yang pernah aku lihat!”. Saat RM berterima kasih kepada anggota BTS lainnya atas pujian mereka, Suga menyindir, “Para pemimpin grup biasanya nggak menerima keuntungan tambahan tetapi mereka memiliki lebih banyak tanggung jawab”.

Baca juga: Lil Nas X Gandeng RM BTS di Remix “Seoul Town Road”

RM kemudian menambahkan, “Itu benar. Ini sangat menantang. Jadi para rekan satu tim harus membantu pemimpinnya. Para anggota harus banyak membantu”. Suga kemudian menyimpulkan, “Biasanya orang mengatakan bahwa ‘Kepemimpinan akan mempengaruhi semua orang dengan cara yang positif’. Itu bagus untuk mempengaruhi rekan satu tim kamu dengan cara yang positif. Tetapi jika kamu mencoba membuat semua orang puas, itu akan terlalu sulit dan menyakitkan bagi diri kamu sendiri. Jadi, kamu nggak boleh lupa untuk mencoba mempengaruhi setiap anggota dengan cara yang positif”.

Mari kita semua mengucapkan terima kasih kepada ayahnya RM karena telah meyakinkan dia untuk kembali dan tetap menjadi pemimpin BTS!

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Video Musik K-Pop

15 Urutan Peringkat Video Musik K-Pop Dengan Views Paling Banyak Saat ...

Video musik K-pop sering kali mendapatkan views paling banyak pada saat baru dirilis, tetapi beberapa video terus mendapatkan jutaan views bahkan berbulan-

on Oct 25, 2020
Irene Red Velvet

Irene (Red Velvet) Minta Maaf Setelah Ketahuan Pernah Caci Maki Seoran...

Irene (Red Velvet). (Foto: via Soompi). Irene Red Velvet telah menulis surat permintaan maaf setelah doi baru-baru ini dituduh telah mengamuk dan mencaci-ma

on Oct 24, 2020
Girlband K-Pop Underrated

5 Girlband K-Pop 'Underrated' Yang Lo Mungkin Belum Pernah Dengar

Ada sangat banyak grup K-pop baru belakangan ini yang mana hanya sebagian kecil dari mereka yang benar-benar menjadi terkenal dan sukses, dan itu sangat di

on Oct 23, 2020
Reputasi Anggota Boyband

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Okt...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Oktober 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bran

on Oct 22, 2020