×
×

Search in Mata Mata Musik

RM (BTS) Rayakan Ultah Dengan Donasi Rp 1,2 Miliar Ke Museum Seni Nasional Korea

Posted on: 09/15/20 at 5:30 am

RM (BTS).

RM membuktikan sekali lagi sebagai pemimpin grup BTS yang elegan. Bertepatan pada hari ulang tahunnya yang ke-26, tanggal 12 September lalu, doi memilih cara yang unik untuk merayakannya, yaitu dengan aksi filantropis yang sangat mulia dan kembali menyebarkan energi positif kepada dunia.

Baca juga: RM dan Suga (BTS) Ungkapkan Bagaimana Komentar Haters Mempengaruhi Mereka

Menurut pernyataan yang diumumkan oleh National Museum of Modern And Contemporary Art di Seoul, Korea Selatan, “RM telah melakukan donasi sebesar 100 juta won (atau sekitar Rp 1,2 miliar) dengan tujuan menyebarkan budaya membaca ‘buku-buku seni yang indah'”.

Donasi dari rapper dermawan bernama asli Kim Nam-joon ini berfokus untuk melestarikan buku-buku dari National Museum of Modern And Contemporary Art yang sulit ditemukan atau perlu diterbitkan ulang. Buku-buku yang diterbitkan ini akan disumbangkan ke 400 perpustakaan umum di Korea Selatan dan berbagai perpustakaan SD, SMP, dan SMA yang lokasinya agak sulit dijangkau karena terletak di daerah pulau dan pegunungan.

Buku-buku yang akan diterbitkan ini terdiri dari delapan buku per satu set-nya dan akan dicetak sebanyak 4.000 kopi untuk dikirimkan. Buku-buku itu juga akan tersedia bagi siapa saja yang ingin membelinya dan akan dijual mulai bulan depan di toko buku Museum of Modern and Contemporary Art (MMCA).

Pemimpin museum seni nasional Korea itu, Yoon Bum Mo mengatakan, “Saya senang dan terkejut dengan keinginan RM untuk membagikan harapannya agar anak-anak dapat dengan mudah mengakses (edukasi) seni”.

Yoon Bum Mo kemudian membahas kecintaan RM terhadap museum seni dengan mengatakan, “RM terus mengunjungi museum ini terlepas dari jadwalnya yang sibuk dan telah memberikan pengaruh positif dalam menyebarkan minat terhadap seni. Kami juga akan terus bekerja keras untuk menyebarkan budaya membaca”.

Baca juga: RM Akui Sempat Kabur Enam Bulan Sebelum BTS Jalani Debut Pada 2013

Salut untuk RM! Meski sibuk memimpin boyband K-pop paling populer di dunia, doi tetap menyempatkan waktu untuk mengapresiasi seni literatur dengan memberikan motivasi untuk pelestarian budaya literasi yang pada era digital ini rasanya agak sulit diterapkan kepada mayoritas netizen.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

30 Peringkat Keseluruhan Idol K-Pop Populer November 2020

30 Peringkat Keseluruhan Idol K-pop Paling Populer Edisi Bulan Novembe...

30 peringkat keseluruhan idol K-pop paling populer edisi bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Nov 23, 2020
30 Peringkat Keseluruhan Grup K-Pop Populer November 2020

30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Novembe...

30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Nov 23, 2020
30 Peringkat Anggota Girlband K-pop Populer November 2020

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Girlband K-Pop Bulan No...

Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi br

on Nov 22, 2020
30 Peringkat Anggota Boyband K-Pop Populer November 2020

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Nov...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

on Nov 22, 2020