×
×

Search in Mata Mata Musik

RM dan Suga (BTS) Ungkapkan Bagaimana Komentar Haters Mempengaruhi Mereka

Posted on: 09/7/20 at 7:00 am

RM dan Suga (BTS) Ungkapkan Bagaimana Komentar Haters Mempengaruhi Mereka
Suga (Foto: via Hwa’s Moon Twitter) dan RM (Foto: via Biaswrecker).

Kesuksesan dan ketenaran tentu ada harganya. Seiring dengan semua cinta yang diterima BTS dari ARMY, juga selalu bertebaran banyak komentar kebencian terhadap BTS di media sosial. Dua dari anggota grup K-pop terbesar di dunia ini mengomentari kritikan tersebut, berbagi cerita bagaimana mereka menanggapinya sekarang ini, sebagai artis garda terdepan dengan segudang prestasi termasuk memecahkan rekor dan menduduki puncak tangga lagu di hampir seluruh negara.

Baca juga: BTS Ceritakan Reaksi Mereka Saat Lagu ‘Dynamite’ Jadi No.1 di Billboard Hot 100

RM berbagi komentar terhadap kebencian yang dulu menimpanya.

Saat para idol ini pertama kali debut, beberapa dari mereka masih remaja. Meskipun mereka berbakat, dengan kesuksesan tersebut muncul sejumlah komentar kebencian, yang ditujukan kepada para anggota dan musik mereka. Pada suatu wawancara, RM (yang bernama asli Kim Namjoon) berbagi cerita bahwa doi dulu sering memikirkan hal-hal negatif setelah membaca komentar kebencian terhadap diri dan grupnya.

“Dibutuhkan 5 detik bagi seseorang dengan perasaan permusuhan yang seketika itu terhadapku untuk mengetik komentar kebenciannya. Tapi aku membaca komentar itu dan merenungkannya selama 5 jam, 5 hari,” ungkap RM tentang komentar kebencian tersebut, seperti yang dilansir dari MNews.

Namun kini, anggota BTS seperti RM, nggak membiarkan hal-hal negatif yang mempengaruhi mereka.

Dengan sekitar tujuh tahun berkali-kali tampil di depan publik dan menjadi figur publik, anggota BTS yang merupakan “jubir” grup ini kini nggak terlalu memperhatikan dan memusingkan para haters. RM membagikan pemikiran terbarunya selama live streaming dengan penggemar.

“Kamu perlu mendengarkan kritik yang membangun,” ujar RM dalam salah satu V Live. “Nggak ada seorangpun yang sempurna. Sangatlah dogmatis untuk berpikir demikian. Tetapi ada juga orang yang menyerang kamu tanpa alasan yang sah. Itu menyedihkan. Ada terlalu banyak kebaikan di dunia untuk kita fokuskan ketimbang serangan yang nggak masuk akal itu. Hidup terlalu singkat untuk hal (seperti) itu”.

Suga pun mengomentari komentar kebencian tersebut.

Rapper lainnya di BTS, Suga, juga berbagi cerita bagaimana doi bereaksi terhadap komentar kebencian. Dengan gaya “MIC Drop” yang sebenarnya, anggota BTS yang satu ini hanya menepis hal-hal negatif, mengatakan bahwa doi bahkan nggak membaca komentarnya.

“Kalian khawatir tentang komentar kebencian. Aku (justru) agak merasa nggak enak (kepada mereka yang menulisnya) karena… aku benar-benar nggak (pernah) membacanya,” kata Suga dengan santai namun cukup menohok di salah satu sesi live streaming. “Jadi, haters bisa membenci sebanyak yang mereka inginkan. Agensi kami mungkin akan menuntut mereka. Aku nggak membaca komentar mereka tetapi mereka mungkin akan dituntut. Nggak ada cara lain yang tepat untuk menghadapinya. Semua orang senang dengan cara ini. Silakan tulis lebih banyak”.

Baca juga: Setelah Single ‘Dynamite’ No.1 di Billboard, BTS Digandeng Hyundai Buat Jingle

Sebagian besar, anggota BTS menghabiskan energi mereka untuk para penggemar yang mencintai dan peduli kepada mereka. Mereka belum lama ini menuai kesuksesan gila-gilaan dan mencapai rekor baru dari single ‘Dynamite’ berkat dukungan para die-hard fans yang sangat menyukai gaya disko retro pada musik dan artistik ‘Dynamite’ yang telah tersedia di berbagai platform musik digital.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    BTS

    BTS & UNICEF Kampanye LOVE MYSELF, Sebar Cinta & Stop Kekerasan

    BTS dalam video kampanye 'LOVE MYSELF'. (Foto: via YouTube). Lagi-lagi BTS. Tetapi kami enggak bosan-bosannya memberitakan sepak terjang fenomena global ini

    on Mar 5, 2021
    BTS

    BTS Jadi Artis Asia Pertama Peraih Global Recording Artist Of The Year

    BTS. (Foto: Big Hit). BTS tidak henti-hentinya membuktikan diri mereka sebagai fenomena global dengan invasi K-pop-nya. Kali ini mereka telah menerima IFPI

    on Mar 5, 2021
    TXT Foto Utama

    TXT: Interpretasi Nama Grup, Karakter Member Dan Pertumbuhan Karier

    TXT. (Foto: Vogue Korea). Wajah rupawan dan penampilan menawan para member TXT menghiasi edisi terbaru majalah Vogue Korea. Selain melakukan sesi pemotretan

    on Mar 4, 2021
    BTS

    Dianggap Rasis Ke BTS, Radio Jerman Minta Maaf Setelah Dikecam ARMY

    BTS tampil di atas panggung untuk American Music Awards 2020 pada 22 November 2020 di Korea Selatan. (Foto: Big Hit Entertainment/AMA2020/Getty Images). Bay

    on Mar 1, 2021