×
×

Search in Mata Mata Musik

RM & Jungkook BTS Nangis dalam Konser Perpisahan Era Love Yourself

Posted on: 10/30/19 at 1:37 pm

BTS baru saja mengakhiri era terbarunya dengan konser final Love Yourself: Speak Yourself kemarin. Tidak hanya ditutup dengan senyuman, konser itu pun dihinggapi kesedihan yang mendalam dari ARMY dan member BTS. 

Sepertinya tidak ada yang lebih emosional dari personil BTS sendiri, terutama presiden kita, RM, dan maknae kesayangan kita, Jungkook, dalam konser tanggal 29 Oktober di Seoul itu. 

Dalam sambutan terakhirnya, RM menitikkan air mata saat mengucapkan selamat tinggal pada era Love Yourself BTS. Sementara itu, Jungkook BTS menangis dalam penampilan lagu terakhir “Mikrokosmos.” Dan terus terang, reaksi mereka akan terus melekat dalam kenangan ARMY selamanya.

Tumpahnya air mata RM dalam sambutan terakhirnya di konser Love Yourself: Speak Yourself [The Final]

Kalau boleh jujur, setiap member BTS—termasuk RM, Jin, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook—menyampaikan sambutan terakhir yang fenomenal untuk era Love Yourself mereka. Namun, pidato RM menjadi yang paling mengena bagi para ARMY.

Menurut terjemahan seorang penggemar di Twitter, RM mengenang perjalanan Love Yourself. Akan tetapi, dia memastikan kepada ARMY bahwa arti di balik era tersebut akan terus hidup.

“Meskipun konsep LOVE YOURSELF: SPEAK YOURSELF berakhir di sini, perjalanan [dan] langkah menemukan cara mencintai diri sendiri tidak berakhir di sini maupun di masa depan,” kata RM melalui terjemahan yang dibuat akun @doyou_bangtan di Twitter.

“Mari kita berpegangan tangan seperti sekarang, dan terus bersama-sama seiring kita mencari cara mencintai diri sendiri.”

Ketua BTS ini juga mengutarakan harapannya agar para fans terus menemukan rasa cinta terhadap diri sendiri melalui lirik lagu mereka, tak peduli konsep apa yang akan diusung grup selanjutnya. Kemudian RM mulai jelas menahan air mata saat mengucapkan selamat tinggal pada era itu.

“Saya rasa saya akan menyesal kami tidak bisa melakukan tur LOVE YOURSELF: SPEAK YOURSELF ’18 ini di masa depan,” kata RM, mengeluarkan beberapa tetes air mata. “Saya harap ada kata yang lebih baik daripada ‘cinta,’ tapi sungguh, saya cinta kalian.”

Jungkook menangis saat membawakan “Mikrokosmos” untuk terakhir kalinya

RM bukan satu-satunya personil BTS yang meneteskan air mata karena Jungkook juga mulai menangis selama penampilan final “Mikrokosmos,” yang menjadi lagu terakhir yang dimainkan BTS malam itu.

Baca juga: Lagu Jungkook BTS Muncul di Episode Terakhir Serial Euphoria

Pelantun “Euphoria” ini biasanya bertugas memulai lagu. Tetapi saat dia memulai verse-nya, Jungkook terlihat dengan mata tertutup dan air mata mengalir di wajah imutnya. Namun untungnya, personil BTS lainnya siap menghiburnya.

Jimin juga terlihat merangkul Jungkook untuk menghiburnya. Dan di akhir lagu, Jungkook tampak penuh senyuman saat melambaikan tangan kepada ARMY.

Mata Jin terus berkaca-kaca sepanjang konser Love Yourself: Speak Yourself [The Final]

Meskipun Jin tidak meneteskan air mata, ARMY yang jeli memperhatikan matanya berkaca-kaca sepanjang pidato Love Yourself-nya. Meski begitu, Jin tampak menahan air mata dan mencoba membuat ARMY tertawa dengan ciuman tangannya yang terkenal.

“Ketika saya menyanyikan ‘Epiphany’ hari ini, saya merasa sedih memikirkan ini adalah kali terakhir membawakan lagu ini,” ujar Jin, via The Korea Herald.

“Dan di atas panggung, saya melihat kalian semua, dan itu membuat saya tersenyum. Kami akan bekerja keras untuk mempersiapkan album baru dan kembali dengan konser yang bagus! Kami cinta kalian!”

BTS Love Yourself
BTS dalam konser final Love Yourself: Speak Yourself.

Terlepas dari semua kesedihan yang mewarnai konser final era BTS ini, ARMY percaya bahwa air mata yang diteteskan oleh BTS dan ARMY membuktikan betapa pentingnya supergroup K-pop ini bagi dunia. 

Dan setelah konser tersebut usai, tagar #ThankYouBTS trending di seluruh dunia, di mana pecinta BTS mengungkapkan terima kasih atas semua kerja keras mereka di era Love Yourself.

Ternyata, pepatah ‘ARMY adalah bintang yang menghiasi galaksi BTS’ itu ada benarnya.

Dan kita mungkin baru saja menutup bab terakhir dari era Love Yourself, tapi yang jelas, pesan yang disampaikan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook akan tetap bertahan di hati para ARMY selamanya.

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    30 Peringkat Keseluruhan Idol K-Pop Populer November 2020

    30 Peringkat Keseluruhan Idol K-pop Paling Populer Edisi Bulan Novembe...

    30 peringkat keseluruhan idol K-pop paling populer edisi bulan November 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

    on Nov 23, 2020
    Reputasi Anggota Boyband K-Pop

    Inilah Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan September ...

    Peringkat reputasi brand anggota boyband K-Pop bulan September 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi brand ali

    on Sep 22, 2020
    RM BTS

    RM (BTS) Rayakan Ultah Dengan Donasi Rp 1,2 Miliar Ke Museum Seni Nasi...

    RM (BTS). RM membuktikan sekali lagi sebagai pemimpin grup BTS yang elegan. Bertepatan pada hari ulang tahunnya yang ke-26, tanggal 12 September lalu, doi m

    on Sep 15, 2020
    Jimin-Jennie-PSY

    30 Peringkat Lagu Oleh Artis Solo K-Pop Yang Paling Sering Diputar Di ...

    Foto: Jimin BTS (Babyitsu) / Jennie BLACKPINK (Scott Dudelson/Getty Images), PSY (via YouTube). Spotify telah menjadi salah satu platform musik streaming ya

    on Sep 14, 2020