×
×

Search in Mata Mata Musik

Robert Hunter, Penulis Lirik Grateful Dead Meninggal di Usia 78

Posted on: 09/26/19 at 1:45 pm

Mendiang penyair dan penulis lirik tersebut menulis lagu-lagu klasik Grateful Dead termasuk “Box of Rain,” “Ripple,” “Touch of Grey,” “Dark Star,” dan lainnya

Robert Hunter—penulis lagu di balik banyak lagu klasik Grateful Dead—meninggal dunia di usia 78 tahun, menurut laporan Rolling Stone dan The New York Times. Hingga saat ini penyebab kematiannya belum terungkap.

Dalam sebuah pernyataan kepada RS dan The Times, keluarga Robert Hunter mengatakan:

“Dengan penuh kesedihan kami mengonfirmasi bahwa Robert yang kami cintai meninggal kemarin malam. Dia berpulang dengan tenang di rumah di tempat tidurnya, dikelilingi oleh cinta. Istrinya, Maureen, berada di sampingnya memegangi tangannya.

Untuk para penggemarnya yang telah mencintai dan mendukungnya selama ini, jangan bersedih karena kata-katanya ada di sekitar kita, dan dengan begitu dia tidak pernah benar-benar meninggalkan kita. Dalam momen kesedihan ini, tolong rayakan dia dengan cara yang kalian semua tahu, yaitu dengan terus bersama dan mendengarkan musik.”

Robert Hunter terlahir di California. Pada 1961, Hunter bertemu Jerry Garcia yang kemudian menjadi pentolan Grateful Dead. Keduanya sempat bermusik bersama di berbagai grup bluegrass sebelum Hunter memilih untuk fokus pada karier menulisnya. Sewaktu menempuh pendidikan di Stanford pada awal tahun ’60-an, Hunter—bersama Ken Kesey dan Allen Ginsberg—pernah menjadi subjek tes sukarela dalam eksperimen MK-Ultra LSD, psilocybin, dan mescaline yang disponsori CIA.

Setelah keluar dari Stanford, Hunter pindah ke bagian barat daya AS di mana dia mengalami kecanduan narkoba. Selama periode itu, dia mengirim beberapa lagu yang ditulisnya kepada Garcia, yang kemudian mengajaknya menjadi penulis lirik Grateful Dead. Hunter bergabung dengan band itu di 1967 dan mulai menulis lirik “Dark Star” saat latihan.

Selama bertahun-tahun, Hunter menulis lirik untuk karya-karya klasik Dead seperti “Ripple,” “Box of Rain,” “Scarlet Begonias,” “Dark Star,” dan “Touch of Grey.” Kontribusi liriknya untuk Dead sering dianggap sebagai jiwa band itu. Ketika Grateful Dead masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame di 1994, nama Hunter ikut disertakan dan dia menjadi satu-satunya non-penampil yang pernah dilantik sebagai anggota band. Kemudian di 2015, Hunter masuk ke dalam jajaran Songwriters Hall of Fame.

Selain menulis untuk Grateful Dead, Hunter merilis beberapa rekaman solo dan volume puisi. Dia juga memiliki kemitraan kreatif dengan Bob Dylan, menulis lagu di album Down in the Groove (1988), Together Through Life (2009), dan Tempest (2012). Di samping itu, Hunter pernah menulis lagu untuk Elvis Costello, Jim Lauderdale, dan Bruce Hornsby, termasuk “Take You There (Misty)” dari album Absolute Zero yang dirilis tahun ini.

Dead & Company memberikan penghormatan untuk Hunter di Twitter:

Keterangan Foto Utama: Robert Hunter, November 1977. (Foto: Ed Perlstein/Redferns/Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Rekaman Termahal

10 Album Rock & Metal Dengan Anggaran Rekaman Termahal Dalam Sejarah

Sebagai seorang seniman musik alias musisi, tentu lo memiliki ambisi dan impian yang besar terhadap karya dan karier solo lo atau band lo. Sebelum masuk st

on Sep 24, 2020
Alkemirasa

Lewat Single 'Tiga Puluh Dua Derajat', Alkemirasa Refleksikan Arti Keh...

Alkemirasa. Alkemirasa, band shoegaze rock yang berdomisili di Jakarta dengan formasi Akel (vokal/gitar), Fiqo (vokal/gitar), Akbar (dram), Edho (bass) kemb

on Sep 18, 2020
Sang Juara Turnamen Lagu Rock Indonesia 2020

Inilah Sang Juara Turnamen 32 Lagu Rock Indonesia Terbaik 2020!

Saturia. (Foto: dok. Saturia). Ok guys, tibalah saatnya pengumuman sang juara Turnamen 32 Lagu Rock Indonesia Terbaik 2020 persembahan MataMata Musik yang d

on Aug 31, 2020
Saturia vs Morfem

Turnamen Babak Final – Side A: Saturia Vs Side B: Morfem. Vote Sekar...

Vote dengan tulis di kolom komentar di bawah! Caranya gampang, login terlebih dahulu ke akun Facebook atau Twitter lo atau bikin akun sebentar di Disqus.

on Aug 30, 2020