×
×

Search in Mata Mata Musik

Roblox Selesaikan Klaim Hak Cipta Senilai Rp 2,8 T Dari Penerbit Musik

Posted on: 09/29/21 at 12:00 pm

Roblox
Roblox, aplikasi layanan penyedia game online

Roblox, sebuah layanan game online dan developer game yang tercatat secara resmi sebagai Roblox Corporation membuat perjanjian dengan Nasional Music Publisher Association (NMPA). Hal ini bertujuan untuk menyelesaikan klaim yang diajukan kepada mereka sebelumnya dikarenakan pelanggaran hak cipta oleh perusahaan layanan game online tersebut.

Pada bulan Juni lalu, sekelompok penerbit musik menggugat Roblox melalui NMPA sebesar US$200 juta-plus (sekitar Rp 2,8 triliun). Mereka mengklaim pelanggaran hak cipta kepada perusahaan layanan game online tersebut.

Baca juga: Petinggi Apple: Tidak Akan Ada Layanan Gratis Apple Music Dengan Sistem Iklan

Perjanjian tersebut bertujuan untuk menyelesaikan klaim yang diajukan oleh pihak NMPA. Di sisi lain NMPA menawarkan keikutsertaan mereka di ranah industri yang digeluti Roblox. Hal ini tentu saja membutuhkan waktu bagi perusahaan layanan game online tersebut untuk memutuskan keterlibatannya.

Lebih detail mengenai perjanjian ini belum dijelaskan secara menyeluruh. Kesepakatan ini adalah yang kedua kalinya yang dijalin oleh NMPA, beberapa hari terakhir NMPA mengumumkan kesepakatan sejenis bersama Twitch. Hal ini tentu saja bertujuan untuk membangun kerja sama yang transparan dan produktif antara pemberi layanan dan penerbit musik.

Potensi Roblox Sebagai Penyedia Layanan Game Online

Kesepakatan antara Roblox dan NMPA diperkirakan akan memperluas hubungan Roblox dengan para penerbit musik di industri yang digelutinya. “Roblox akan menjalin kerja sama sejenis dengan industri penerbitan musik secara global untuk membantu mereka agar musik dapat lebih terintegrasi ke dalam komunitas pengguna layanan Roblox. Tentu saja ini adalah cara baru yang ditawarkkan kepada setiap penulis lagu untuk memonetisasi lagu yang mereka ciptakan,” ujar perwakilan dari Roblox.

Baca juga: Warner Music Group Menjalin Kemitraan Dengan Twitch

David Israelte selaku Presiden & CEO NMPA berkomentar, “Kami sangat senang jika menemukan jalan dan solusi ke depan bersama Roblox. Karena mereka adalah salah satu media yang menawarkan layanan unik untuk musisi dan penulis lagu. Kami sangat memahami jika musik memiliki potensi untuk memainkan peran yang lebih menyeluruh dalam layanannya. Ini tentu saja menjadi jalan untuk memperluas pengalaman virtual mereka melalui musik”.

Terkait dengan klaim dan kesepakatan ini, Wakil Presiden divisi Global Head Of Music, Jon Vlassopulos menambahkan, “Kami senang telah berdamai dengan anggota NMPA yang terpilih. Secara tidak langsung para pelaku industri penerbitan musik mengamati potensi yang ada pada kami. Dan menjadi peluang kreatif dan komersial bagi para pengguna layanan game online ini”.

Musik adalah cara alami bagi sebagian besar orang untuk mengekspresikan diri. Pengalaman yang menyatukan jutaan penggemar dengan penulis lagu dan artis yang mereka cintai. Tentu saja dengan terjalinnya komitmen ini bertujuan untuk bermitra dengan industri musik secara keseluruhan.

Baca juga: Twisted Sister Terima Rp 16,9 M Dari Politisi Australia Pelanggar Hak Cipta

Hal ini dilakukan untuk menciptakan era sosial baru yang menarik dari segi hiburan yang melibatkan penggemar dan artis dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Suatu inovasi yang patut diacungi jempol oleh kedua belah pihak. Seperti yang dilakukan Roblox saat ini saat menampilkan pertunjukan musik Twenty One Pilots melalui layanan aplikasinya.

Penerjemah, Penulis & Editor: Arslan Musyfia

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Aggregator Musik

    Aggregator Musik: Perantara Pendapatan Di Tengah Disrupsi Teknologi

    Lebih dari satu dekade kita telah memasuki era terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaran teknologi secara fundamental. Mengubah sistem, tatanan, lansk

    on Apr 15, 2021
    Royalti Musik

    Royalti Musik PP No. 56 Saja Heboh, Indonesia Ketinggalan Zaman!

    Main musik mau jadi apa? Tanya orang tua dulu ketika seorang anak mengungkapkan cita-citanya menjadi musisi terkenal. Suatu cita-cita yang jauh dari ideal

    on Apr 13, 2021
    Music Publishing

    Music Publishing: Pondasi Industri Yang Esensial Bagi Ekonomi Musisi

    Dewasa ini, banyak sekali fenomena memprihatinkan bagi kehidupan pencipta lagu “era lawas” di Indonesia. Para pencipta lagu tersebut yang jaya di erany

    on Apr 10, 2021
    Katy Pery

    Katy Perry Menangkan Kasus Pelanggaran Hak Cipta Lagu ‘Dark Horse’

    Katy Perry dalam video klip 'Dark Horse' (Foto: YouTube). Seorang hakim federal bernama Christina A. Snyder telah memberikan kemenangan telak kepada popstar

    on Mar 19, 2020