×
×

Search in Mata Mata Musik

Rock & Roll Hall of Fame Ungkap Daftar Artis Angkatan 2021 Yang Dilantik

Posted on: 05/13/21 at 10:00 am

Rock & Roll Hall of Fame Ungkap Daftar Artis Angkatan 2021 Yang Dilantik
Tina Tuner, Jay-Z, Foo Fighters dilantik di Rock & Roll Hall of Fame angkatan 2021.

Rock & Roll Hall of Fame telah mengungkapkan daftar artis untuk angkatan 2021. Ada Foo Fighters, Jay-Z, The Go Go’s, Tina Turner, Carole King, dan Todd Rundgren. Semuanya akan dilantik dalam upacara yang diadakan di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat (AS) pada tanggal 30 Oktober mendatang.

Baca juga: Dave Grohl Siap Terbitkan Buku Pertamanya, The Storyteller

Selain itu, ada LL Cool J, Billy Preston, dan Randy Rhoads. Masing-masing artis tersebut akan dianugerahi Musical Excellence Award (Penghargaan Keunggulan Musik) dari Rock & Roll Hall of Fame. Sementara Kraftwerk, Gil Scott-Heron, dan Charley Patton masing-masing menerima Early Influence Award (Penghargaan Pengaruh Awal). Kemudian pendiri Sussex Records, Clarence Avant menjadi penerima Ahmet Ertegun Award tahun ini. Penghargaan untuk menghormati para profesional industri yang memiliki kinerja di balik layar.

Komite yang terdiri dari 1.200 artis, sejarawan, dan anggota industri musik, serta suara penggemar, menentukan daftar pilihan artis Hall of Fame angkatan tahun ini. Supaya memenuhi syarat, album rekaman pertama calon artis yang terdaftar harus telah dirilis setidaknya 25 tahun yang lalu.

Tiga dari orang yang dilantik tahun ini, yakni Dave Grohl dari Foo Fighters, Tina Turner, dan Carole King, telah memasuki Hall of Fame untuk kedua kalinya. King sebelumnya dilantik bersama dengan mantan rekan penulis lagunya Gerry Goffin pada tahun 1990 sebagai non-performer. Tina Turner masuk pada tahun 1991 sebagai perwakilan dari Ike & Tina Turner. Dan Grohl pertama kali disambut pada tahun 2014 sebagai dramer Nirvana.

Deretan artis berikut ini masuk sebagai finalis angkatan Hall of Fame tahun ini: Rage Against The Machine, Kate Bush, Chaka Khan, DEVO, Iron Maiden, New York Dolls, Dionne Warwick, Fela Kuti, dan Mary J. Blige. Mereka harus menunggu satu tahun lagi untuk pemilihan angkatan mendatang.

Gelaran Rock & Roll Hall of Fame 2021

Upacara pelantikan Rock & Roll Hall of Fame 2021 akan berlangsung di Rocket Mortgage Fieldhouse di Cleveland, Ohio pada tanggal 30 Oktober. Ajang prestisius ini akan disiarkan secara langsung di SiriusXM, dengan siaran televisi di HBO dan HBO Max ditayangkan di kemudian hari.

Baca juga: Rage Against The Machine Ogah Konser Kalau Kapasitas Venue Dibatasi

Para artis angkatan tahun lalu Hall of Fame di antaranya: Nine Inch Nails, Depeche Mode, Whitney Houston, The Notorious B.I.G., T. Rex, dan The Doobie Brothers. Karena pandemi, pelaksanaan upacaranya yang digelar secara offline dibatalkan dan digantikan dengan tayangan khusus di televisi yang sudah direkam sebelumnya.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Halsey

    Halsey Rilis Album Baru Pop + Alt-Rock Libatkan Dave Grohl Selain NIN

    Foto: Lucas Garrido. Halsey baru saja merilis album keempatnya, If I Can't Have Love, I Want Power melalui Capitol Records. Tepatnya pada hari Jum'at, 27 Ag

    on Aug 28, 2021
    Dave Grohl Nirvana Disko

    Dave Grohl Blak-Blakan Soal Isian Dram Nirvana "Nevermind" Ngejiplak

    Dave Grohl (Foto: via From Cradle to Stage (Paramount+)). Dave Grohl mengungkapkan secara blak-blakan bahwa doi menjiplak dari musik disko lawas dan R&B

    on Jul 5, 2021
    Lollapalooza

    Lollapalooza Festival Sediakan 1.200 Tiket Gratis Bagi Yang Mau Divaks...

    Crowdsurfing di Lollapalooza 2019 (Foto: Erika Goldring/FilmMagic). Lollapalooza, salah satu festival musik dan seni terbesar di Amerika Serikat (AS) sedang

    on Jun 12, 2021
    Beyoncé

    Beyoncé & Jay-Z Disebut Membeli Mobil Rolls-Royce Termahal Di Dunia

    The Boat Tail (Foto: dok. Rolls Royce). Beyoncé dan Jay-Z punya mainan baru. Menurut sumber anonim di The Telegraph, pasangan selebriti tersebut baru-baru

    on May 30, 2021