×
×

Search in Mata Mata Musik

Roddy Ricch Kalahkan Justin Bieber Dan Raih Singel No. 1 Berkat 'The Box'

Posted on: 01/14/20 at 6:48 pm

Roddy Rich (Foto: NME)

Roddy Ricch telah berhasil menahan singel comeback Justin Bieber, ‘Yummy’, berkat kesuksesan lagunya yang berjudul ‘The Box’ dalam platform streaming.

Sang rapper melodis berusia 21 tahun dari Compton, California itu telah berhasil mengalahkan singel comeback terbaru dari Justin Bieber untuk mengambil posisi teratas minggu ini di chart single Billboard Hot 100, memberi lagunya peringkat No. 1 untuk minggu kedua yang tidak berturut-turut di atas chart album Billboard 200.

Lagu ‘The Box’ dari album debutnya Please Excuse Me for Being Antisocial (Atlantic), naik dari No. 3 menjadi singel No. 1 pertamanya setelah menghasilkan angka streaming yang luar biasa dalam seminggu yang mencakup 68 juta plays, menurut Nielsen Music, meskipun lagunya tidak memiliki video musik resmi.

Tim label Bieber telah melakukan segala cara agar ‘Yummy’, singel solo pertamanya dalam lebih dari dua tahun, debut di No. 1 pada minggu pertama dirilis.

Selain dorongan kuat di radio tradisional, Bieber mempromosikan tujuh video berbeda untuk ‘Yummy’ – yang semuanya diperhitungkan dalam posisi peringkatnya – dan bahkan menjadi target kritik ketika ia berbagi sebuah postingan di sosial medianya yang kemudian segera dihapus, mengenai sebuah pos yang dibuat oleh penggemar beratnya yang mendorong pendengar untuk memanipulasi sistem streaming. (Di antara kiat-kiat lainnya, pendengar internasional diinstruksikan tentang bagaimana cara mengelabui Spotify agar berpikir bahwa streaming mereka berasal dari Amerika Serikat, dan dengan demikian, layak untuk dihitung oleh Billboard).

Dampak dari lagu ‘The Box’ membantu mendorong album terbaru Ricch, Please Excuse Me for Being Antisocial kembali ke No. 1 dalam chart album untuk minggu kedua, setelah debutnya bulan lalu. Album itu yang sekarang sedang di minggu kelimanya pada chart, dikreditkan dengan 97.000 unit yang menggabungkan penjualan, streams dan unduhan. Tetapi album ini hampir menghasilkan semua aktivitasnya melalui stream audio, dengan hanya menjual 1.000 unit fisik, sementara telah di-stream 127 juta kali.

Chart album minggu ini menandai pertama kalinya streams dari YouTube akan dihitung dalam total penjualan album, meskipun itu hampir tidak berlaku bagi Ricch: Menurut Billboard, streaming audio terdiri dari sekitar 91.000 unit dari total aktivitas rapper, sementara streams video tercatat di bawah 4.000. Ricch menjadi artis pertama yang memuncaki Hot 100 dan Billboard 200 secara bersamaan sejak soundtrack Lady Gaga dan Bradley Cooper ‘A Star Is Born’ hampir setahun yang lalu.

Di tempat lain pada chart album ada sejumlah rilis baru dan setumpuk album yang sebelumnya telah mencapai posisi teratas: ‘Hollywood’s Bleeding’ karya Post Malone ada pada posisi No. 2; ‘Fine Line’ karya Harry Styles ada pada No. 3; dan pemegang No. 1 minggu lalu, kolektif JackBoys dari Travis Scott, jatuh ke No. 4; dan soundtrack untuk ‘Frozen 2’ ada pada No. 5.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

RODDY RICCH

Roddy Ricch Dan Meek Mill Beri Hormat Terhadap Nipsey Hussle Dengan La...

Roddy Ricch dengan tampang 'songong' khasnya (Foto: urbanislandz) Meskipun almarhum Nipsey Hussle secara fisik mustahil untuk muncul di Grammy Awards 2020,

on Jan 29, 2020
RODDY RICCH and SELENA GOMEZ

Setelah Justin Bieber, Kini Roddy Ricch Membuat Pusing Selena Gomez De...

Roddy Ricch vs. Selena Gomez + Justin Bieber (Foto: UrbanIslandz) Roddy Ricch telah membuat bintang-bintang pop ini terguncang dan dia sepertinya tampak men

on Jan 17, 2020
Roddy Ricch

Roddy Ricch Rindukan Sosok Mendiang Nipsey Hussle

Berasal dari Compton, California, Roddy Ricch adalah penggemar berat Nipsey Hussle. Mendiang rapper tersebut tumbuh di wilayah sekitar dan menjadi simbol harap

on Dec 20, 2019