×
×

Search in Mata Mata Musik

Roy Head, Rocker Lawas Pelantun Lagu Hit ‘Treat Her Right’, Meninggal Dunia

Posted on: 09/23/20 at 7:30 am

Roy Head, Rocker Lawas Pelantun Lagu Hit ‘Treat Her Right’, Meninggal Dunia
Roy Head. (Foto via Facebook).

Roy Head, rocker yang beken di era 1960-an dan paling dikenal karena lagu hit ‘Treat Her Right’, meninggal dunia pada usia 79 tahun. Menurut laporan dari Montgomery County Police Reporter, penyebab kematian Roy adalah serangan jantung.

Saat pertama kali dirilis pada tahun 1965, lagu ‘Treat Her Right’ menjadi sensasi besar dan menduduki peringkat No. 2 di chart Billboard Hot 100, sambil mengumpulkan angka penjualan yang seharusnya bisa membuat lagu itu jadi No. 1, sayangnya, The Beatles pada saat itu baru saja merilis lagu ‘Yesterday’ mereka. Sejak itu, lagu ‘Treat Her Right’ telah menjadi andalan kultur pop, dengan belum lama ini muncul di kredit pembukaan film Once Upon a Time in Hollywood garapan Quentin Tarantino dan muncul di film The Commitments pada tahun 1991.

Roy Head lahir di Three Rivers, Texas, Amerika Serikat (AS) pada 9 Januari 1941. Ayahnya adalah seorang petani penggarap lahan, dan kecintaan Roy terhadap musik berasal dari mendengarkan para petani kulit hitam bernyanyi di lapangan. “Aliran melodi yang mereka nyanyikan, terdengar seperti serigala sendirian di malam hari,” tuturnya kepada The Houston Chronicle. “Mereka bernyanyi tentang rasa sakit dan kepedihan, semua hal semacam itu”.

Setelah bertugas sebagai bagian dari militer AS, Roy Head bergabung dengan sekelompok musisi yang kemudian dikenal dengan nama The Traits. Saat bermain di berbagai venue kecil di Texas, Roy Head & The Traits mengembangkan reputasi sebagai artis live enerjik yang dipimpin oleh frontman mereka yang suka menari. Jiwa performer Roy Head di atas panggung sangat terinspirasi oleh James Brown, dan doi biasa membumbui penampilan apiknya dengan beberapa gerakan backbend dan sesekali melompat untuk melakukan split.

Roy Head kemudian terus merilis lagu-lagu baru di tahun 1970-an dan 1980-an, sebelum akhirnya beralih dari rock dan R&B ke musik country. Menurut curhatan doi, karier profesionalnya terus-menerus dikelilingi oleh perjanjian kontrak yang buruk dan keputusan saat mabuk yang lebih buruk. Doi mengklaim bahwa doi pernah menggigit Elvis Presley di pergelangan kakinya, dan harus diseret secara paksa oleh pengawal alias bodyguard superstar rock and roll itu. Putranya Roy yang juga seorang penyanyi, Sundance Head, pernah membahas cerita-cerita tentang ayahnya dan mengatakan, “Saya menerima apa yang dia bicarakan dan membagi itu menjadi dua. Kemudian mungkin ada (sisi) yang benar dari situ”.

Roy Head mengalami kebangkitan popularitas selama 15 tahun terakhir ini, terutama karena Sundance Head mulai terkenal di berbagai ajang kompetisi musik. Pada tahun 2007, Sundance menjadi semifinalis acara American Idol, dan pada tahun 2016 doi memenangkan kompetisi The Voice. Kemenangan Sundance mencakup performa dari lagu ayahnya, ‘Treat Her Right’ yang doi bawakan bersama mentornya di acara itu, Blake Shelton.

Sundance mengumumkan kematian ayahnya di media sosial. Doi menulis, “Ayah tua saya Roy Head telah pergi bersama Tuhan pagi ini dia adalah orang yang luar biasa dan ayah yang luar biasa. Dia tidur di pelukan ibu saya di rumah. Saya merasa kaget dan juga bingung. Dia adalah seorang raksasa bagi saya. Saya nggak tahu harus berkata apa lagi sekarang. Tolong doakan ibu dan keluarga saya ya”.

My old dad Roy Head has went to be with the lord this morning he was an amazing person and a wonderful dad. He slept…

Posted by Sundance Head on Monday, September 21, 2020

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    God Bless

    God Bless Ungkap Arti Rayakan 48 Tahun Karier Via Lagu 'Mulai Hari Ini...

    Tonggak awal bagi legenda hidup rock Indonesia God Bless dimulai pada tanggal 4 dan 5 Mei 1973. Pada 5 Mei, nama God Bless disepakati oleh para personelnya

    on May 5, 2021
    The Brandals

    The Brandals Setia Dengan Nuansa Punk Rock Via Single 'Belum Padam'

    The Brandals. (Foto: Ade Branuza). Gerombolan rocker sejati The Brandals merilis single terbaru bertajuk 'Belum Padam'. Sejak 21 Maret, lagu ini resmi diril

    on Mar 22, 2021
    IGMO

    Jelang Album, Rocker Kediri IGMO Luncurkan Single 'Head On Fire' Yang ...

    IGMO. (Foto: Manaditara). Setelah Surabaya, kota Kediri layak juga mendapat julukan kota rock. Bahkan enggak hanya rock, scene musik extreme metal di sana p

    on Mar 1, 2021
    The Beach Boys

    Demi Warisan Yang Teratur, The Beach Boys Menjual Hak Kekayaan Intelek...

    The Beach Boys. Entah itu untuk menopang warisan mereka atau untuk memberi kompensasi hilangnya pendapatan tur konser selama pandemi, tahun lalu kita telah

    on Feb 20, 2021