×
×

Search in Mata Mata Musik

Royalti K-Pop di Luar Korea Alami Pertumbuhan Signifikan!

Posted on: 09/4/19 at 10:00 am

The Korea Music Copyright Association atau KOMCA mengungkapkan kalau royalti K-Pop di luar Korea mengalami peningkatan berkali-kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Sejumlah Artis KPOP Dominasi Tangga Lagu Dunia!

Perwakilan dari KOMCA berkomentar, “Artis Korea seperti BTS dan BLACKPINK menerima cinta dari orang-orang di seluruh dunia, dan mereka terus melakukan pertunjukan di luar negeri. Hal tersebut juga merupakan hasil dari penugasan para profesional khusus ke departemen ini dan menggunakan sistem yang diperkuat untuk memantau penggunaan musik di luar Korea untuk memastikan royalti K-pop yang diterima tetap sesuai dengan ketentuan.”

KOMCA Logo

Sejauh ini, pendapatan royalti musik Korea dari luar negeri sudah mencapai angka 11,3 miliar won atau sekitar US$ 9,3 juta. Angka tersebut meningkat sebanyak 140% kalau dibandingkan dengan pendapatan royalti tahun lalu.

Ketua KOMCA Hong Jin Young juga menambahkan, “Saya sangat bangga dan berpikir itu bermakna bahwa orang-orang dari seluruh dunia mendengarkan dan menikmati musik negara kami, dan ini semua dimungkinkan karena kerja keras dari penulis lagu kami yang memasukkan upaya penuh mereka untuk membuat musik yang bagus.”

BTS Komca
BTS salah satu yang berkontribusi untuk peningkatan royalti K-Pop di negara asing.
(Foto: Terence Patrick/CBS via Getty Images)

Hanum Pyramid, yang merupakan organisasi manajemen kepercayaan hak cipta terbesar di Korea dan mengelola hak cipta dari 32.000 pemegang hak cipta musik, memimpin pertumbuhan industri musik dengan jumlah total koleksi sebesar KRW 203,7 miliar tahun lalu.

Baca Juga: 8 Idol K-Pop yang Mendadak Tampil Perdana!

Bulan Mei lalu, Hanum Pyramid terpilih sebagai anggota International Copyright Management Association atay CISAC, yang disebut PBB sebagai organisasi kepercayaan hak cipta, dan memiliki pengaruh langsung pada tren hak cipta internasional dengan 20 organisasi seperti Perancis, Inggris, dan Amerika Serikat. 

Keterangan Foto Utama: Menurut KOMCA, royalti K-Pop di Luar Korea Alami Pertumbuhan Signifikan. (Foto: PG/BAUER-GRIFFIN/GC IMAGES)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Youtube

Kebijakan Baru YouTube Untuk Video Musik Terlaris Dalam 24 Jam!

Sekarang, raksasa streaming video ini tidak lagi menghitung penayangan lewat iklan berbayar sebagai satu ‘view’. Baca Juga: 5 Klip Musik K-Pop Terpopuler

on Sep 18, 2019
Musisi Asia

7 Musisi Asia yang Mendunia Berkat Media Sosial!

Media sosial telah membantu generasi baru musisi Asia menjadi nama besar dengan tetap mempertahankan gaya dan suara khas mereka. Baca Juga: Peluang Baru Musi

on Sep 17, 2019
Group Kpop

10 Group Kpop yang Produksi Musik Mereka Sendiri!

Dalam industri hiburan khususnya K-pop, tidak sedikit label/agensi yang ‘sangat terlibat’ dalam kehidupan artis mereka, bukan hanya dalam urusan pribadi te

on Sep 13, 2019
Plus Global Audition

Big Hit & Source Music Resmi Buka Plus Global Audition!

Audisi ini akan digelar di 16 kota dan terbuka bagi remaja perempuan yang lahir antara tahun 2001 dan 2007 (12 tahun sampai 18 tahun) pada saat pendaftaran.

on Sep 11, 2019