<-- Google Tag Manager -->
×
×

Search in Mata Mata Musik

Royalti K-Pop di Luar Korea Alami Pertumbuhan Signifikan!

Posted on: 09/4/19 at 10:00 am

The Korea Music Copyright Association atau KOMCA mengungkapkan kalau royalti K-Pop di luar Korea mengalami peningkatan berkali-kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Sejumlah Artis KPOP Dominasi Tangga Lagu Dunia!

Perwakilan dari KOMCA berkomentar, “Artis Korea seperti BTS dan BLACKPINK menerima cinta dari orang-orang di seluruh dunia, dan mereka terus melakukan pertunjukan di luar negeri. Hal tersebut juga merupakan hasil dari penugasan para profesional khusus ke departemen ini dan menggunakan sistem yang diperkuat untuk memantau penggunaan musik di luar Korea untuk memastikan royalti K-pop yang diterima tetap sesuai dengan ketentuan.”

KOMCA Logo

Sejauh ini, pendapatan royalti musik Korea dari luar negeri sudah mencapai angka 11,3 miliar won atau sekitar US$ 9,3 juta. Angka tersebut meningkat sebanyak 140% kalau dibandingkan dengan pendapatan royalti tahun lalu.

Ketua KOMCA Hong Jin Young juga menambahkan, “Saya sangat bangga dan berpikir itu bermakna bahwa orang-orang dari seluruh dunia mendengarkan dan menikmati musik negara kami, dan ini semua dimungkinkan karena kerja keras dari penulis lagu kami yang memasukkan upaya penuh mereka untuk membuat musik yang bagus.”

BTS Komca
BTS salah satu yang berkontribusi untuk peningkatan royalti K-Pop di negara asing.
(Foto: Terence Patrick/CBS via Getty Images)

Hanum Pyramid, yang merupakan organisasi manajemen kepercayaan hak cipta terbesar di Korea dan mengelola hak cipta dari 32.000 pemegang hak cipta musik, memimpin pertumbuhan industri musik dengan jumlah total koleksi sebesar KRW 203,7 miliar tahun lalu.

Baca Juga: 8 Idol K-Pop yang Mendadak Tampil Perdana!

Bulan Mei lalu, Hanum Pyramid terpilih sebagai anggota International Copyright Management Association atay CISAC, yang disebut PBB sebagai organisasi kepercayaan hak cipta, dan memiliki pengaruh langsung pada tren hak cipta internasional dengan 20 organisasi seperti Perancis, Inggris, dan Amerika Serikat. 

Keterangan Foto Utama: Menurut KOMCA, royalti K-Pop di Luar Korea Alami Pertumbuhan Signifikan. (Foto: PG/BAUER-GRIFFIN/GC IMAGES)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

GOT7

GOT7 Hampir Sejajar dengan BTS Berkat EP Call My Name

GOT7 kembali memasuki chart dengan pencapaian baru. Call My Name, mini album terbaru dari boyband K-pop ini, debut di No. 5 pada chart World Albums Bi

on Nov 14, 2019
BLACKPINK & CL

BLACKPINK & CL Menang di E! People’s Choice Awards 2019

BLACKPINK & CL keluar sebagai pemenang di ajang E! People’s Choice Awards 2019! Baca juga: Blackpink Garap Musik Baru dengan Produser Ariana Grande

on Nov 12, 2019
BTS

Pencapaian BTS Ini Kukuhkan Status Mereka Sebagai Raja K-pop!

BTS telah mencetak lebih banyak lagu No. 1 di 2019 dibanding band K-pop lainnya di sepanjang karier mereka Baca juga: BTS Luncurkan Koleksi Aksesoris Lucu B

on Nov 11, 2019
BTS

BTS Luncurkan Koleksi Aksesoris Lucu Bersama Casetify

Koleksi aksesoris ini akan menonjolkan tema dan estetika yang ditampilkan di video musik BTS bersama Halsey, “Boy with Luv.”   Baca juga: Akankah BTS

on Nov 8, 2019