×
×

Search in Mata Mata Musik

Saat Debutkan MV ‘911’, Lady Gaga Ungkap Lagu Tentang Kesehatan Mentalnya Itu

Posted on: 09/19/20 at 8:00 am

Saat Debutkan MV '911', Lady Gaga Ungkap Lagu Tentang Kesehatan Mentalnya Itu
Lady Gaga dalam MV ‘911’. (Foto: via YouTube).

Lady Gaga baru saja menayangkan secara perdana MV (Music Video) baru yang epik untuk single ‘911’ dari album yang belum lama dirilisnya, Chromatica. Lo bisa tonton MV yang disutradarai oleh Tarsem ini di akhir artikel.

Baca juga: James Hetfield (Metallica) Ungkapkan Apresiasinya Kepada Lady Gaga

Lady Gaga mengganggap MV ini sebagai “film pendek”, dalam visual video tersebut kamera mengikuti terus sang pop megastar saat doi melintasi gurun dan mengikuti seorang penunggang kuda misterius ke desa terpencil. Di sanalah si TG (Tante Girang…eh…Tante Gaga) yang sebelumnya bertopeng, muncul dengan satu pakaian yang sangat detail dengan gaya Lady Gaga yang sebenarnya.

Beberapa di antara kostum pakaian tersebut menampilkan tubuh Lady Gaga yang dibungkus pakaian berwarna biru, renda tembus pandang, sedangkan yang lain menampilkan hiasan kepala. Doi dan orang-orang di sekitarnya melakukan gerakan ritual, dan ada lebih dari segelintir citra yang tampaknya religius (salah satu karakter mirip Bunda Maria mengenakan gaun putih yang rumit dengan tanda silang merah terpampang di dadanya). Ada juga adegan di mana Lady Gaga naik ke udara, tetapi tali di sekitar pergelangan kakinya untuk sementara membuatnya terikat pada pelindung lapis baja, mungkin itu metafora untuk tema-tema utama lagu tersebut.

Dalam wawancara sebelumnya, Lady Gaga mengatakan ‘911’ adalah tentang “obat anti-psikotik yang gue konsumsi. Dan itu karena gue nggak selalu bisa mengontrol hal-hal yang dilakukan otak gue. Gue tahu itu. Dan gue harus minum obat untuk menghentikan proses yang terjadi. “Dalam postingan Instagram yang diunggah pada hari Jum’at, Lady Gaga menambahkan, “Film pendek itu sangat personal bagi gue, pengalaman gue dengan kesehatan mental dan cara realitas dan mimpi dapat saling berhubungan untuk membentuk pahlawan di dalam diri kita dan di sekitar kita”.

BloodPop, kolaborator lawas dan produser eksekutif Chromatica, memberikan komentar serupa tentang ‘911’. “(Obat) yang nggak menyenangkan untuk dibicarakan bagi kebanyakan orang, tetapi itu adalah bagian yang sangat nyata dari kehidupan modern bagi mereka yang membutuhkannya,” kata doi kepada EW.

“Ini adalah kebenarannya dan dia ingin menulis tentang itu meskipun dia tahu akan menyakitkan untuk ‘pergi ke sana’,” imbuh BloodPop. Lagu itu “sangat memukul gue juga karena pada saat itu gue harus menjalani pengobatan OCD dan depresi untuk pertama kalinya dalam hidup gue”.

Baca juga: Lady Gaga Resmi Akan Tampil di MTV Video Music Awards (VMA) 2020

Chromatica dinobatkan sebagai salah satu album terbaik tahun 2020 sejauh ini. Untuk mendukungnya, Lady Gaga bulan lalu membawakan secara medley lagu hit-nya termasuk ‘Rain on Me’, lagu kolaborasinya bersama Ariana Grande di panggung ajang MTV VMA tahun ini.

Ok, monggo didelok MV Ledi Gaga sing anyar saiki…

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Pop 1980an & Heavy Metal

    Studi Baru: Pop 1980an & Heavy Metal Mampu Menurunkan Tekanan Darah & ...

    Pet Shop Boys (Foto: via CoS), Megadeth (Foto: David Brendan Hall). Kalau lo sedang mengalami stres, mungkin salah satu cara ampuh untuk menghilangkannya at

    on Feb 19, 2021
    Ridh

    Darah Muda Pop Ridh Buktikan Potensinya Via EP Perdana "When It's Over...

    Ridh. (Foto: dok. Ridh). Kita harus terus berbangga dengan talenta musik dalam negeri. Setiap tahun, kita selalu mencetak musisi-musisi baru yang bisa menar

    on Feb 15, 2021
    Hanafi Bersaudara

    Hanafi Bersaudara Ungkap Ketegaran Di Titik Nadir Via 'Hujan', Single ...

    Hanafi Bersaudara. (Foto: dok. Hanafi Bersaudara). Hanafi Bersaudara adalah grup musik duo kakak beradik yang terdiri dari Falah Akbar dan Tsaqib, keduanya

    on Feb 4, 2021
    Michael Aldi

    Michael Aldi Tuangkan Cerita Dari Hati Yang Perasa Ke EP "Written For ...

    Michael Aldi. (Foto: dok. Michael Aldi). Setelah tiga tahun berkecimpung secara profesional di dunia musik, Michael Aldi Kurniawan yang merupakan musisi sek

    on Jan 30, 2021