×
×

Search in Mata Mata Musik

Salah Satu Pendiri Kraftwerk, Florian Schneider Meninggal Dunia

Posted on: 05/7/20 at 6:00 am

Florian Schneider
Florian Schneider. (Foto: Getty Images).

Florian Schneider dari band elektronik asal Jerman, Kraftwerk, telah meninggal dunia di usia 73 tahun, menurut laporan dari Billboard.

Dalam sebuah pernyataan, salah satu pendiri Kraftwerk lainnya, Ralf Hütter, telah mengkonfirmasi “berita yang sangat menyedihkan ini bahwa teman dan rekannya selama beberapa dekade, Florian Schneider, telah meninggal dunia karena penyakit kanker hanya beberapa hari setelah ulang tahunnya yang ke-73”.

Baca Juga: Kraftwerk Menangkan Kasus Pelanggaran Hak Cipta dari 20 Tahun Lalu

Florian Schneider membentuk band multimedia yang influential itu dengan Ralf Hütter pada tahun 1970. Kraftwerk menggunaan instrumen elektronik mereka yang mencakup inovasi perangkat buatan sendiri yang dibuat secara khusus dan secara luas telah dikreditkan sebagai perintis musik elektronik yang memengaruhi berbagai genre di seluruh spektrum musik, termasuk hip-hop, synthpop dan rock dengan desain sound, eksperimen, dan inovasi teknis mereka.

Almarhum David Bowie juga mengakui pengaruh Florian Schneider melalui karya seninya. Pada album tahun 1977 David Bowie, Heroes, artis ikonik ini menamai lagu yang paling instrumentalnya ‘V-2 Schneider’ berdasarkan musisi elektronik tersebut.

Florian Schneider – yang memainkan instrumen synthesizer, vocoder, flute, saksofon dan banyak lagi, serta vokal juga – meninggalkan Kraftwerk pada tahun 2008 setelah mengabdi selama empat dekade. Selama waktunya bersama Kraftwerk, dia telah merilis 10 album studio, tujuh di antaranya masuk di chart alias tangga lagu Billboard 200, termasuk album Autobahn dari 1974, yang memuncak pada No. 5. Sesuai dengan tema band yang membahas transportasi dan teknologi, lagu ‘Trans-Europe Express’ – dari album keenam Kraftwerk dan terinspirasi oleh sistem kereta Trans-Europe Express, mencapai No. 67 pada tahun 1978.

Kraftwerk, yang musiknya juga sangat memengaruhi genre musik industrial dan dance, telah memperoleh delapan entry pada chart Dance Club Songs Billboard. Di antaranya adalah sepasang peraihan No. 1 pada tahun 1987: ‘Musique Non Stop’ dan ‘The telephone Call (Remix)’.

Selama beberapa dekade mereka menciptakan musik, Kraftwerl telah menjual 733.000 unit secara kolektif sejak awal Nielsen Music/MRC Data terbentuk pada tahun 1991. Mereka juga memenangkan Grammy untuk Best Dance/Electronic Album pada tahun 2017 atas album 3-D The Catalogue, dan telah dinobatkan dengan penghargaan Lifetime Achievement pada tahun 2014.

Meskipun telah dinominasikan untuk Rock Hall of Fame sebanyak enam kali, sayangnya duo ikon musik elektronik ini masih belum pernah dilantik.

Sebelum kematian Florian Schneider, Kraftwerk telah mengumumkan bahwa mereka akan memulai tur musim panas di Amerika Utara untuk merayakan ulang tahun ke-50 band ini. Pertunjukannya telah diatur untuk menampilkan visual 3-D yang khas dari band ini, dengan menyatukan konsep visual musik dan robotika. Acara perayaan itu telah dibatalkan karena pandemi global Covid-19 atau virus Corona.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Kraftwerk Menangkan Kasus Pelanggaran Hak Ciptanya dari 20 Tahun Lalu

    Kraftwerk Menangkan Kasus Pelanggaran Hak Cipta dari 20 Tahun Lalu

    Keputusan ini bisa memengaruhi banyak musisi Uni Eropa. Kraftwerk, band electronic-pop legendaris yang berbasis di Jerman, baru saja memenangkan gugatan yan

    on Aug 5, 2019
    film edm

    10 Film Dokumenter EDM Wajib Masuk Daftar Tonton!

    Karena EDM bukan anak bawang di industri musik. Baca Juga: Dokumenter Flume Sudah Bisa Ditonton di YouTube Sepuluh tahun terakhir, musik elektronik menyeba

    on Jun 17, 2019
    Keterangan Foto Utama: Daft Punk (kredit foto: olivier Zahm)

    Daft Punk Akan Ciptakan Instalasi Berbasis “Technologic”

    Kraftwerk juga akan tampil sebanyak tiga kali sebagai bagian dari pameran, yang dibuka pada bulan April Oleh Ray Philp (Resident Advisor) ​​​​Seb

    on Mar 5, 2019

    Kraftwerk Tampil Live dengan Astronaut di Stasiun Luar Angkasa Interna...

    Sumber: https://mixmag.net/read/watch-kraftwerk-perform-spacelab-with-an-astronaut-on-the-international-space-station-newsPosted on July 23, 2018Focus keyword:

    on Jul 24, 2018