×
×

Search in Mata Mata Musik

San E Rilis Lagu Baru, ‘Feminist’

Posted on: 11/16/18 at 8:45 pm

Dalam sebuah pernyataan, label San E mengaku mereka tidak mengetahui lagu kontroversial tersebut.

Oleh: Tamar Herman (Billboard)

Rapper asal Korea Selatan San E (Jung San) merilis lagu baru hari ini, “Feminist.” Diunggah ke YouTube beberapa jam setelah San E mengumumkan lagu tersebut di media sosial, “Feminist” menunjukkan opini sang artis terkait kondisi gerakan feminisme terkini di Korea Selatan.

YouTuber DKDKTV, yang rutin mengunggah video menjelaskan nuansa video musik K-pop, menerjemahkan lirik yang ada di video “Feminist” San E di YouTube. “Women have always been oppressed/ Us men have always oppressed them historically/But I don’t understand those who say women and men aren’t equal right now,” ujarnya, yang diteruskan dengan opininya tentang bagaimana kesenjangan gaji antar gender di Korea Selatan menjadi yang terendah di antara negara OECD adalah “fakta yang palsu (f**king fake fact.)” Di video itu, San E juga dilaporkan menyatakan diri sebagai seorang feminis: “Sister, why mad?” dia bertanya dalam Bahasa Inggris. “Blame system, not men/ I am feminist.” 

Kesenjangan gaji antar gender di Korea Selatan adalah yang tertinggi di antara negara OECD, sebagaimana dinyatakan dalam laporan OECD The Pursuit of Gender Equality: An Uphill Battle tahun 2017. Laporan tersebut juga menyebutkan wanita di Korea hanya memperoleh 63% dari hasil yang diperoleh pria, dan jumlah wanita di Korea yang bekerja hanya 56,2%.

Di lagu “Feminist,” San E juga mengkritik budaya pacaran di mana pria harus keluar uang, gerakan MeToo, munculnya gerakan “escape the corset” (pemberontakan wanita Korea terhadap ketatnya standar kecantikan) di Korea Selatan, dan mempertanyakan mengapa wanita tidak diharuskan menjalani wajib militer seperti halnya pria, meskipun beberapa komentar di akun Instagram-nya menunjukkan kalau San Esendiri tidak menjalani wajib militer.

“Saya tidak membenci wanita,” tulis sang rapper sebagai keterangan video lagu ini di YouTube, dengan menggunakan istilah dalam Bahasa Korea yang digunakan untuk “kebencian terhadap wanita.” “Saya menolak situasi di mana kebencian melahirkan lebih banyak kebencian.”

Dari beberapa video dan lagu terbaru yang diunggah San E ke saluran YouTube miliknya bulan ini, “Feminist” dirilis sehari setelah rapper ini mengunggah, dan kemudian menghapus, sebuah video di media sosial yang berisi keributan yang sangat dipublikasikan di sebuah bar dekat stasiun metro Isu di Seoul. Lima orang, tiga pria dan dua wanita, ditahan pihak polisi, dan berbagai laporan bertentangan perihal penyebab terjadinya situasi ini pun bermunculan. Kejadian tersebut menjadi topik panas di Korea Selatan setelah salah satu wanita yang diduga terlibat mengunggah petisi ke situs web Blue House – administrasi kepresidenan Korea Selatan – dan memintaapa yang Korea Herald sebut sebagai “akhir dari kebencian pria terhadap wanita.” Dalam waktu 24 jam, lebih dari 300.000 orang menandatangani petisi ini, melampaui jumlah yang dibutuhkan (200.000) untuk mendapatkan respons formal dari kantor kepresidenan.

Label San E, Brand NewMusic, mengatakan kepada media di Korea bahwa pihak mereka tidak mengetahui lagu tersebut sebelum dirilis.

https://twitter.com/dkdktv92/status/1063295314021380096
 

Keterangan Foto Utama: San E. (Foto: Brand New Music)

Posted on November 16, 2018.

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Monsta X

Monsta X Hadirkan Lagu Kejutan “Love U”

Di lagu terbarunya mereka bernyanyi dalam bahasa Inggris. Monsta X kembali dengan single kejutan untuk para Monbebe berjudul “Love U.” Boyband asuhan St

on Sep 20, 2019
B.I iKON

B.I iKON Diduga Mengaku Bersalah Atas Beberapa Tuduhan Narkoba

Status mantan frontman iKON ini berubah dari saksi menjadi tersangka dalam proses penyelidikan yang sedang berjalan. Pada 17 September kemarin, rapper dan m

on Sep 19, 2019
Seventeen

Seventeen Sindir Musik Pop dengan Album Baru, An Ode

An Ode adalah album pop yang menarik dan melukiskan narasi yang lebih rumit daripada kebanyakan grup K-pop di luar sana. Baca Juga: SEVENTEEN Kembali dengan

on Sep 18, 2019
YG Entertainment

YG Entertainment Dirundung Masalah Finansial?

Berbagai pengamat industri K-Pop beri penilaian terhadap kondisi finansial YG saat ini dan di masa mendatang. Baca Juga: Yang Hyun Suk Tanggapi Berita Seputa

on Sep 18, 2019