×
×

Search in Mata Mata Musik

Sang Co-Founder Mazzy Star, David Roback Meninggal Dunia Pada Usia 61

Posted on: 02/26/20 at 8:12 am

David Roback (Mazzy Star).
David Roback (Mazzy Star).

Musisi multi-instrumentalis sekaligus co-founder dari grup duo alternative-rock Mazzy Star, David Roback, telah meninggal dunia pada usia 61 tahun, seorang perwakilan dari bandnya telah mengumumkannya Selasa lalu. Penyebab kematian David Roback masih belum dirilis untuk publik.

Sebagai seorang produser, gitaris dan pemain keyboard, David Roback membentuk grup duo alternative rock bernama Mazzy Star bersama Hope Sandoval. Kedua musisi ini telah menulis semua lagu untuk grup tersebut.

David Roback memainkan peran utama dalam kebangkitan musik neo-psikedelik pada tahun 1980-an dan 1990-an, menurut laporan dari Los Angeles Times, dengan membantu mendirikan Rain Parade, sebuah band yang dulu menjadi pusat scene musik “paisley underground” di Los Angeles pada awal tahun 1980-an.

David Roback kemudian mendirikan grup bernama Opal dengan sang penyanyi/bassis Kendra Smith, yang adalah seorang mantan anggota band yang sama-sama dari scene “Paisley Underground” juga, The Dream Syndicate. Opal merilis sepasang EP dan album pada 1987 berjudul Happy Nightmare Baby, sebuah karya psikedelik klasik tahun 1980-an yang, karena bermasalah dengan SST (label rekaman yang merilis album itu), sebagian besar popularitasnya telah jatuh di antara celah-celah sejarah musik.

Kendra Smith meninggalkan Opal di tengah sebuah tur dan digantikan oleh seorang penyanyi bernama Hope Sandoval. Dia dan David Roback kemudian mengganti nama grup itu dari Opal menjadi Mazzy Star di Santa Monica pada tahun 1989, dan merilis album debut mereka, She Hangs Brightly, melalui label indie bernama Rough Trade pada tahun 1990.

Dengan meningkatnya minat dalam scene musik rock alternatif yang merupakan gaya khas bermusik mereka, Mazzy Star menandatangani kontrak dengan Capitol Records dan memiliki lagu hit yang tidak terduga pada tahun 1993 dengan ‘Fade Into You’, sebuah lagu dari album mereka, So Tonight That I Might See, yang mencapai posisi No. 44 di chart Hot 100 milik Billboard, dan gaya musiknya yang suram telah menjadi simbol pada era itu.

Mazzy Star telah merilis tiga album yang diakui secara kritis di antara tahun 1990 dan 1996, menciptakan gaya musik yang khas yang digambarkan oleh Rolling Stone sebagai sebuah perpaduan antara nuansa dream pop, psikedelik dan sentuhan blues dan folk dengan beberapa tekstur kasar dari musik alternative rock tahun 1990-an.

Setelah 1997, Mazzy Star sebagian besar kariernya menjalani masa yang tenang selama 14 tahun hingga 2011, ketika mereka merilis sebuah singel baru, dan pada tahun 2013, ketika mereka merilis album keempatnya, Seasons of Your Day. David Roback dan Hope Sandoval mengatakan kepada Rolling Stone bahwa mereka telah menghabiskan waktu bertahun-tahun di antara berbagai album untuk menulis dan merekam tetapi tidak melakukan konser atau pun merilis musik.

“Ketika saya mengerjakan musik dengan Hope, orang yang paling utama dalam pikiran saya adalah Hope,” kata David Roback kepada majalah musik itu. “Kita cenderung terjebak hanya dalam membuat musik untuk diri kita sendiri”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter