×
×

Search in Mata Mata Musik

Santamonica Rilis Ulang EP Lamanya Menjadi “Reminisce 189” Via JOOX

Posted on: 03/18/21 at 2:00 pm

Santamonica Merilis Ulang EP Lamanya Menjadi "Reminisce 189" Via JOOX

Grup pengusung Electronic-Pop Dance Santamonica yang terdiri dari Joseph Saryuf dan Anindita Saryuf kembali menyapa penggemarnya. Kali ini mereka merilis ulang mini album (EP) pertama mereka 189 dengan format baru. Berisikan tiga lagu orisinil yang ada di EP tersebut. Plus beberapa karya remix dari lagu orisinil milik Santamonica oleh para musisi teman dekat mereka. EP reissue ini diberi judul Reminisce 189 ini sudah dapat didengarkan secara eksklusif pada aplikasi JOOX.

Baca juga: Duo Electro Pop Santamonica Rilis Single Gubahan Lagu ‘Wanderlust’ Dari Kimokal

Kilas Balik 189

Kita kembali ke kota Jakarta di tahun 2005, kurang lebih 16 tahun silam. Santamonica hadir di tengah industri musik Indonesia melalui sebuah mini album dengan judul 189 (2005, Marmalade Records). EP yang berisi tiga lagu ini mengedepankan aransemen musikal yang eklektik. Perpaduan terbaik dari beberapa genre yang menginspirasi proses kreatif duo ini, seperti Bossanova, Jazz, Indie Pop dan Electronic-Pop.

EP 189 ini pada awalnya hanya dirilis dalam format CD, dicetak dengan sangat terbatas dan juga tidak didistribusikan secara luas. EP ini akhirnya hanya tersedia di beberapa titik distribusi di kota besar yang dipercaya memiliki penggemar genre musik seperti ini. Keterbatasan yang dialami pada saat itu tidak berpengaruh dalam lahirnya koneksi antara penggemar musik ini dengan Santamonica.

Joseph Saryuf sebagai produser dan penulis lagu serta Anindita Saryuf sebagai vokalis dan penulis lirik memang piawai. Bisa dilihat dalam lagu ‘Please Say Yes’, ‘Sought and Found’, dan ‘Serenade of Yellow Park’. Di mana mereka menceritakan ulang apa yang mereka masing-masing rasakan sewaktu bertemu dengan seseorang yang menurut mereka sangat berarti. Yang menjadi tema utama sekaligus benang merah dari mini album ini. Semua cerita dalam tiap lagu disampaikan lewat berbagai metafora. Melalui kata dan nada musikal dalam merangkum pengalaman universal yang pasti pernah dirasakan sebagian besar penikmat musik seperti ini.

Dirilis dan Dikemas Ulang

Sekitar pertengahan tahun 2020, Joseph dan Anindita berkeinginan untuk kembali merilis mini album 189. Dikarenakan banyak teman yang menanyakan kenapa EP 189 tidak tersedia di platform digital manapun. Dan mereka kesulitan untuk menemukan versi fisiknya.

Namun karena tidak lagi dapat menemukan file orisinil dari artwork mini album tersebut, Santamonica akhirnya sepakat untuk mengganti format perilisannya. Mereka melakukan proses mixing dan mastering ulang tiga lagu tersebut. Meminta Art Director Sulung Koesuma untuk menggarap artwork barunya. Mengajak beberapa teman (Gentle Tuesday, Jo x Kons, Direct Action) untuk memproduksi remix dari beberapa lagu milik Santamonica. Baik yang berasal dari mni album 189 atau dari debut album mereka,  Curiouser and Curiouser.

Santamonica Reminisce 189

Hasilnya adalah mini album Reminisce 189. Sebuah upaya kilas balik sisi lain dari Santamonica yang lebih easy-listening. Namun tetap dengan sentuhan baru dan khas, sebagai identitas dari grup musik ini.

“Kami ingin supaya mini album pertama 189 akhirnya tersedia di platform digital dan bisa dinikmati oleh semua orang. Terutama yang sudah mengikuti perkembangan musik Santamonica,” ungkap Anindita Saryuf. Doi menjelaskan pentingnya perilisan ulang mini album 189 namun dengan format yang berbeda.

“Kebetulan juga ada beberapa remix karya teman-teman kami dari lagu-lagu Santamonica yang belum sempat dirilis. Dan momennya pas jadi kenapa enggak digabung saja ke dalam satu mini album cuma dengan judul dan konsep yang berbeda. Makanya namanya jadi Reminisce 189,” ujar Joseph Saryuf tentang detail dari perilisan ulang album ini.

Proses merilis Reminisce 189 ini juga adalah upaya Santamonica untuk menjembatani kerinduan para pendengar karya musik mereka, sejatinya. Joseph dan Anindita sedang mempersiapkan satu album penuh yang akan dirilis enggak lama lagi. Sebelumnya di bulan Februari tahun ini, Santamonica juga telah merilis versi gubahan mereka dari lagu ‘Wanderlust’ milik grup Kimokal. Dan video klip dari lagu tersebut yang disutradarai oleh Aria Wijaksana.

Baca juga: JOOX Ajak Ikuti Kata Hati Via Musik Untuk Kontrol Diri Hadapi Ketidakpastian

Mini album Reminisce 189 ini dirilis melalui label rekaman WKNDR.Music dan sudah dapat dinikmati secara eksklusif pada aplikasi JOOX.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    JOOX Indonesia Music Awards 2021

    Daftar Pemenang JOOX Indonesia Music Awards 2021, BTS Raih 3 Trofi

    JOOX Indonesia Music Awards (JIMA) 2021 telah berjalan dengan sukses! Periode voting-nya telah berlangsung selama sepekan pada 7 - 13 Juni 2021. Gelaran pe

    on Jun 25, 2021
    Daftar Nominasi JIMA 2021

    Inilah Daftar Nominasi & Cara Voting JOOX Indonesia Music Awards 2021!

    Sebuah penghargaan musik pertama yang diselenggarakan JOOX Indonesia untuk mengapresiasi musisi Indonesia dan dukungan penggemar terhadap perkembangan musi

    on Jun 7, 2021
    JIMA 2021

    JOOX Ajak Fans Dukung Idolanya Di JOOX Indonesia Music Awards 2021

    JOOX Indonesia sebagai Tuan Rumah Musik di Indonesia terus berupaya untuk mendukung musisi dan perkembangan industri musik di Indonesia. Perusahaan platfor

    on Jun 7, 2021
    Alan Walker

    Alan Walker 'Believers' Di-Cover-Remix Dipha Barus & Anneth Di JOOX

    Seperti kata pepatah, musik merupakan bahasa universal. JOOX, merupakan salah satu platform streaming musik dan hiburan paling berdedikasi di Asia. Kini JO

    on Jun 3, 2021