×
×

Search in Mata Mata Musik

Sarah Harding (eks-Girls Aloud) Meninggal Dunia Karena Kanker

Posted on: 09/6/21 at 1:00 pm

Sarah Harding (eks-Girls Aloud) Meninggal Di Usia 39 Tahun Akibat Kanker
Sarah Harding (Foto: Gus Stewart/Redferns via Getty Images).

Sarah Harding, salah satu anggota pendiri grup pop Inggris Girls Aloud, meninggal dunia di usia 39 tahun akibat kanker payudara.

Baca juga: Spice Girls Nggak Lama Lagi Akan Dibuatkan Film Dokumenternya

Ibu Sarah, Marie, mengumumkan kematian putrinya dalam pernyataan yang dibagikan ke Instagram pada hari Minggu, 5 September. “Banyak dari Anda akan tahu tentang perjuangan Sarah dengan kanker dan bahwa dia berjuang begitu kuat dari diagnosisnya hingga hari terakhirnya. Dia menyelinap pergi dengan tenang pagi ini”.

“Saya tahu dia tidak ingin dikenang karena perjuangannya melawan penyakit yang mengerikan ini. Dia adalah bintang yang bersinar terang dan saya harap dia bisa dikenang sebagai gantinya,” tambah Marie.

Pada Agustus 2020, Harding mengumumkan bahwa dia telah didiagnosis menderita kanker payudara stadium lanjut yang telah menyebar ke bagian lain tubuhnya. Pada Maret 2021, dia mengungkapkan bahwa penyakit itu mematikan dan dia “tidak akan melihat Natal lagi”.

Sarah Harding dan Girls Aloud

Girls Aloud lahir dari reality show kompetisi menyanyi Inggris, Popstars: The Rivals. Setelah mengikuti audisi untuk program dan maju ke final, dia dipasangkan dengan Nadine Coyle, Cheryl Tweedy, Nicola Roberts, dan Kimberley Walsh untuk membentuk Girls Aloud pada tahun 2002.

Single debut grup, ‘Sound of the Underground’ memuncak di nomor satu di UK Singles Chart, menetapkan rekor untuk waktu terpendek antara pembentukan grup dan pencapaian nomor satu single. Semua mengatakan, mereka mencapai empat single No. 1 dan dua album No. 1. Pada tahun 2009, lagu mereka ‘The Promise’ memenangkan Brit Award untuk Best British Single.

Girls Aloud mengalami hiatus pada tahun 2009 sehingga anggota grup dapat mengejar proyek solo. Mereka bersatu kembali secara singkat pada tahun 2012 untuk memulai tur merayakan ulang tahun ke-10 mereka, tetapi mereka mengumumkan perpisahan permanen mereka pada tahun berikutnya.

Selama perpecahan Girls Aloud dan setelah perpisahan mereka, Sarah Harding mengejar karier di dunia akting dengan peran dalam film televisi BBC Free Fall dan dalam komedi aksi St. Trinian’s 2: The Legend of Fritton’s Gold. Dia juga muncul di reality show seperti Celebrity MasterChef dan Celebrity Big Brother.

Baca juga: 10 Musisi Rock Yang Meninggalkan Musik Demi Mengejar Karier Lain

Selamat jalan, Sarah. Rest in peace.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter