×
×

Search in Mata Mata Musik

Scooter Braun Diam-Diam Jual Master 6 Album Taylor Swift Senilai Rp 4,2 Triliun

Posted on: 11/17/20 at 8:00 am

Scooter Braun Diam-Diam Jual Master 6 Album Taylor Swift Senilai Rp 4,2 Triliun
Taylor Swift (Foto: David Brendan Hall) dan Scooter Braun.

Scooter Braun telah menjual master rekaman dari enam album pertama Taylor Swift ke sebuah perusahaan dana investasi bernama Shamrock Holdings. Seperti dilansir Variety, transaksi itu diperkirakan bernilai sekitar US$ 300 juta (sekitar Rp 4,2 triliun)… anjay!

Baca juga: Bantu Bisnis Toko Indie, Taylor Swift Sebarkan CD ‘Folklore’ Bertanda Tangan

Taylor Swift membahas penjualan tersebut dalam sebuah pernyataan yang diposting ke media sosial pada hari Senin. Doi mengatakan timnya awalnya terlibat dengan Scooter Braun, tetapi menghentikan negosiasi setelah diminta untuk menandatangani “NDA yang sangat kuat bahwa aku nggak akan pernah mengatakan sepatah kata pun tentang Scooter Braun kecuali jika itu positif”. Nggak lama setelah Shamrock Holdings menyelesaikan pembelian master rekamannya, Taylor Swift mengetahui tentang transaksi dan identitas pembeli: “Ini adalah kedua kalinya musikku dijual tanpa sepengetahuanku,” komentarnya.

Taylor Swift mengatakan bahwa doi menerima surat dari Shamrock Holdings yang mengatakan bahwa mereka “ingin menghubungi aku sebelum penjualan untuk memberi tahu aku, tetapi Scooter Braun telah meminta mereka untuk nggak menghubungi aku atau tim aku, atau kesepakatan akan dibatalkan”. Doi awalnya berharap bisa bekerja dengan Shamrock Holdings, tetapi partisipasi seperti itu menjadi nggak efektif setelah doi mengetahui Scooter Braun “akan terus mendapatkan keuntungan dari katalog lama albumku selama bertahun-tahun”.

Perusahaan Scooter Braun, Ithaca Holdings LLC, awalnya membeli mantan label rekaman yang menangi Taylor Swift, Big Machine Records, pada Juni 2019. Taylor Swift menandatangani kontrak dengan Big Machine pada awal kariernya dan merilis semua albumnya bersama mereka hingga Reputation (2017), jadi akuisisi Scooter Braun atas label memberinya pengaruh yang sangat besar atas keuangan kariernya, serta kepemilikan master albumnya.

Taylor Swift menyebut pembelian Big Machine oleh Scooter Braun sebagai “skenario terburuk”, sambil menulis, “Yang bisa aku pikirkan hanyalah penindasan manipulatif yang terus-menerus yang aku terima di tangannya selama bertahun-tahun”. Doi membalas berita tersebut dengan mengancam akan merekam ulang semua album lamanya, yang akan memberinya dan timnya saat ini kendali atas lisensi sinkronisasi dan peluang penerbitan untuk rekaman tersebut. Doi secara hukum diizinkan untuk memulai proses pada 1 November 2020, dan dalam surat hari ini, doi mengonfirmasi bahwa doi sudah mulai melakukan hal itu.

“Aku baru-baru ini mulai merekam ulang musik lama aku dan itu telah terbukti menarik dan secara kreatif memuaskan,” tulis Taylor Swift dalam pernyataannya. Dalam surat terpisah kepada Shamrock Holdings, doi menambahkan, “Aku tahu ini akan mengurangi nilai dari master rekaman album lamaku, tapi aku harap kamu mengerti bahwa ini adalah satu-satunya cara aku untuk mendapatkan kembali rasa bangga yang pernah aku miliki ketika mendengar lagu dari enam lagu pertamaku dan juga mengizinkan penggemarku untuk mendengarkan album tersebut tanpa perasaan bersalah karena menguntungkan Scooter Braun”.

Baca juga: 40 Lagu Hits Terbesar Taylor Swift Dalam Chart Billboard Hot 100

Taylor Swift menandatangani kontrak dengan Universal Music Group pada 2018 dan sejak itu merilis dua album, yakni Lover dan Folklore.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Taylor Swift

    Taylor Swift Marah Kehidupan Cintanya Jadi Lelucon Seksis, Ini Sebabny...

    Taylor Swift. (Foto: via YouTube). Taylor Swift baru-baru ini sangat berang sambil mengkritik keras serial sitkom Netflix Ginny & Georgia karena telah m

    on Mar 3, 2021
    Taylor Swift 2019

    Taylor Swift Ungkap Blak-Blakan Detail Album "Fearless" Versi Rekaman ...

    Taylor Swift, November 2019. (Foto: Matt Winkelmeyer/Getty Images for dcp). Sejak 2019, Taylor Swift berjanji akan merekam ulang enam album pertamanya sebag

    on Feb 14, 2021
    Fiona Apple

    Fiona Apple Berpikir Akan Boikot Grammy Awards 2021 Karena Menominasi ...

    Fiona Apple. (Foto: via CoS). Meski berada dalam masa pandemi, Fiona Apple menjadi salah satu artis yang menonjol berkat merilis album barunya, Fetch the Bo

    on Dec 19, 2020
    Taylor Swift

    Rayakan HUT Ke-31, Taylor Swift Kasih Surprise Fans Dengan Album Baru ...

    Taylor Swift. Taylor Swift nggak mau membiarkan pandemi merusak suasana ulang tahunnya yang ke-31. Kamis pagi, 10 Desember, popstar itu mengumumkan album ba

    on Dec 11, 2020