×
×

Search in Mata Mata Musik

Scorpions Terpaksa Rekaman Album Baru Secara Social Distancing

Posted on: 04/28/20 at 9:00 am

Klaus Meine, vokalis Scorpions. (Foto: Adi Wirantoko).

Pentolan Scorpions, Klaus Meine, berbicara kepada situs penggemar Scorpions News tentang album studio band yang akan datang. Untuk sementara kabarnya akan dirilis tahun 2021, album baru ini akan menandakan rilisan pertama dari para legenda hard rock asal Jerman itu sejak Born To Touch Your Feelings – Best Of Rock Ballads dari tahun 2017, yang merupakan antologi dari materi Scorpions yang baru dan klasik.

Baca juga: SCORPIONS – Still Loving You (Live at JogjaROCKarta Festival 2020)

Ketika ditanya apakah itu merupakan tantangan yang sulit untuk merekam trek vokalnya sendiri selama proses penulisan lagu untuk album baru itu karena pandemi Covid-19, Klaus Meine mengatakan: “Ini sangat menyenangkan. Aku sangat menikmatinya. Aku sudah merekam sesi sendiri sebelumnya, tapi kali ini berbeda karena kami tidak bisa berada dalam satu ruangan bersama yang lainnya. Tidak ada interaksi sama sekali seperti saat bekerja dengan seorang produser atau bekerja dengan seorang engineer, di mana kami bisa seperti, ‘Aku butuh vokalku sedikit lebih tinggi’ – atau apa pun itu. Jadi itu sangat berbeda kali ini”.

Menurut Klaus Meine, Scorpions memiliki “banyak materi” yang ditulis untuk album mendatangnya, yang akan terdiri dari “lagu baru semuanya”. Vokalis veteran itu mengatakan: “Pada akhir harinya, setiap kali kami memiliki kesempatan untuk pergi ke Los Angeles, Amerika Serikat (AS) dan bergabung dengan sang produser Greg Fidelman untuk benar-benar masuk ke tahap produksi – mau itu dia datang ke Jerman atau kami pergi ke L.A., itu tergantung kepada seluruh situasi virus Corona ini. Maksudku, karena masa lockdown ini sangat buruk bagi kita semua dan untuk seluruh dunia. Jadi, kami di sini dan Greg di L.A., dan kami berhubungan melalui Skype dan FaceTime dan semua itu, dan mencoba untuk memanfaatkan yang terbaik dari semua ini dan mencoba untuk lanjut mengerjakan lagu-lagunya. Tapi, tentu saja, kami semua tidak sabar menunggu hari di mana kami semua bisa bersama, dengan seluruh band di studio, bekerja dengan Greg dan Hans-Martin Buff, sang engineer… Aku menantikan hal itu – untuk kembali ke kehidupan normal dan mudah-mudahan kami semua dapat kembali ke pekerjaan kami dan kembali ke kehidupan sehari-hari kami yang normal. Itulah yang paling penting bagi kita semua saat ini”.

Klaus Meine kemudian melanjutkan: “Seluruh dunia sedang melalui masa-masa yang sangat sulit, dan ini sangat menakutkan dan seram. Kami berada dalam situasi yang sangat istimewa sehingga setidaknya kami bisa berada di rumah dan dapat bekerja di studio kami sendiri untuk menjaga semuanya tetap berjalan. Setelah tur yang kami lakukan di Australia dan Asia Tenggara, kami memiliki kesempatan untuk kembali ke studio dan terus mengerjakan lagu-lagu baru – menulis lagu baru, menulis lirik baru. Ini adalah hal yang luar biasa, terutama di hari-hari semuanya sudah lockdown dan kami tidak punya kesempatan untuk pergi ke mana-mana, sungguh – kami tidak bisa bepergian, kami tidak bisa bergerak. Tapi setidaknya kami bisa kreatif. Kami bisa menyelam ke dalam karya kreatif kami sendiri. Dan mudah-mudah, ada hasil bagus dari semua ini”.

Klaus Meine juga berbicara tentang peran produser di berbagai album Scorpions dan betapa pentingnya bagi band untuk bekerja dengan orang-orang baru di berbagai proyek mereka.

“Ini sangat penting, terutama bekerja dengan produser baru dalam album ini,” katanya. “Meskipun kami benar-benar menikmati bekerja dengan teman-teman Swedia kami (produser Mikael ‘Nord’ Andersson dan Martin Hansen) selama beberapa tahun, pada titik tertentu, itu selalu baik untuk membuat perubahan dan mencapai bab baru dalam sebuah buku. Ini seperti tantangan, seperti kamu meninggalkan zona nyamanmu , dan kadang-kadang itu adalah hal yang baik – baik untuk kreativitasmu dan bagus untuk kinerjamu secara keseluruhan, untuk benar-benar mengeksekusinya, tidak mencoba untuk mengendap-ngendap dan mencoba cara yang mudah – tidak, itu bukan cara yang mudah. ​​Tapi aku tidak mengatakan itu memang mudah sebelumnya. Hahaha. Itu tidak pernah mudah untuk membuat album baru… Nuansa dan pendekatannya akan sangat jauh berbeda kali ini”.

Baca juga: Sengatan SCORPIONS & WHITESNAKE Mengguncang JogjaROCKarta Festival 2020 Bag. 3

Album full-length terakhir Scorpions yang berisi lagu baru adalah Return To Forever dari tahun 2015, sebagian terdiri dari lagu-lagu band ini yang disimpan sejak tahun 1980-an. Itu adalah penampilan terakhir yang terekam dari dramer lama Scorpions, James Kottak, yang dikeluarkan dari band pada bulan September 2016. Sejak itu dia telah digantikan oleh Mikkey Dee, yang sebelumnya nge-band dengan MOTÖRHEAD.

Silahkan tonton wawancara lengkap Klaus Meine di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Nicki Minaj

    Nicki Minaj Menolak Undangan Met Gala Karena Wajibkan Sertifikat Vaksi...

    Nicki Minaj (Foto: Frazer Harrison/Getty Images). Nicki Minaj, si ratu bokong "geal-geol", kembali menyentak kancah musik arus utama. Menyusul acara prestis

    on Sep 15, 2021
    Jonathan Davis

    Jonathan Davis Melanjutkan Tur Korn Pasca Isoman Penyembuhan Covid

    Jonathan Davis lebih banyak duduk di kursi selama konser berlangsung. Sebelumnya dikabarkan secara resmi oleh pihak Korn bahwa Jonathan Davis positif mengid

    on Aug 31, 2021
    Eric Clapton dan Brian May

    Brian May Sebut Eric Clapton dan Para Anti-Vaksin Lainnya 'Gila'

    Eric Clapton (Foto: Gareth Cattermole/Getty Images) / Brian May (Foto: Cole Bennetts/Getty Images). Brian May, sang gitaris Queen telah mengomentari pengumu

    on Aug 8, 2021
    Madball

    Madball Menolak Konser Di Mana Pun Yang Wajibkan Paspor Vaksin

    Madball circa 2018 (Foto: Gatorfood). Madball adalah salah satu dari artis dan band yang lantang bersikap berseberangan dengan arus mayoritas dunia. Veteran

    on Aug 6, 2021