×
×

Search in Mata Mata Musik

Sean Reinert Meninggal Dunia, Mantan Dramer Cynic Dan Sejumlah Band Tech-Prog Lainnya

Posted on: 01/26/20 at 3:33 am

SEAN REINERT MODERN DRUMMER
Sean Reinert, foto sesi untuk majalah Modern Drummer (Foto: Thomas Snyder)

Sean Reinert, dramer lawas yang namanya besar bersama band Cynic, salah satu pionir subgenre technical/progressive metal, telah meninggal dunia. Dia ternyata ditemukan tidak responsif di rumahnya di California Jum’at (24 Januari) malam lalu. Penyebab kematiannya adalah karena gagal jantung. Usianya baru 48 tahun.

Sebelum berita duka ini resmi diturunkan, akun media sosial resminya Cynic dan Paul Masvidal sama-sama memposting gambar hitam tanpa ada caption yang menimbulkan tanda tanya besar pada penggemarnya.

Reinert adalah personil yang mendirikan Cynic pada 1987 bersama gitaris/vokalis Paul Masvidal, dan ia bertahan di band ini hingga September 2015.

Pada 1991, Reinert dan Masvidal sempat bergabung dengan Death, band pionir genre death metal yang legendaris pimpinan mendiang Chuck Schuldiner dan ikut rekaman album Human. Setelah tur bersama Death mempromosikan Human, mereka berdua kemudian kembali ke Cynic.

Pada 1993 album debut Cynic, Focus dirilis oleh Roadrunner Records dan hingga hari ini dianggap sebagai salah satu ‘landmark’ esensial di ranah musik technical/progressive metal. Setelah Cynic bubar jalan, Reinert dan Masvidal pindah ke Los Angeles di mana mereka terus bekerja dengan musik, menulis lagu dan tampil untuk acara televisi dan film.

Foto Cynic di majalah Metal Maniacs, 1994

Pada 1996, Reinert membantu rekaman album solonya bassis Cynic, Sean Malone, Cortlandt. Bersama Malone, Reinert juga ikut bergabung bersama para musisi prog senior mereka, yakni Steve Hacket (Genesis), Bill Bruford (King Crimson, Yes), Ron Jarzombek (Watchtower, Spastic Ink), Jim Matheos (Fates Warning) untuk membentuk band proyek bernama Gordion Knot yang menelurkan 2 album, Gordion Knot (1999) dan Emergent (2003).

Pada 1999, Reinert membantu membentuk Aeon Spoke, lagi-lagi bersama Masvidal, band yang dideskripsikan sebagai pengusung ‘ethereal rock’. Bersama band ini, Reinert menelurkan 2 album, Above The Buried Cry (2004) dan Aeon Spoke (2007).

Tapi sebelumnya, Reinert bersama Sean Malone juga bermain di rekaman dua album band ethnic progressive metalnya gitaris Santiago Dobles, Aghora, yakni Aghora (2000) dan Formless (2006).

Pada 2007, Cynic kembali aktif dengan formasi baru untuk menjalani tur dan merekam album baru, Traced in Air, yang dirilis pada 2008 dan dilanjutkan dengan lebih banyak tur. Setelah album itu, Cynic merilis dua EP konseptual, Re-Traced (2010) dan Carbon-Biased Anatomy (2011). Rekaman terakhir Cynic bersama Reinert adalah album Kindly Bent To Free Us yang dirilis pada Februari 2014 via label rekaman Perancis, Season of Mist.

Reinert memainkan pertunjukan terakhirnya dengan Cynic pada September 2015 di Jepang. Dia kemudian mengatakan bahwa “pertunjukan itu tidak sesuai dengan standar” dan menyalahkan kurangnya persiapan band pada “akumulasi perbedaan dalam arah musik dan praktik bisnis”.

Setelah hengkang dari Cynic, Sean terlibat dengan grup progressive rock asal Los Angeles, Perfect Beings, yang album terbarunya, Vier, dirilis pada Januari 2018 melalui InsideOut Music.

Rest in peace, Sean Reinert, one of the best virtuoso drummers in heavy music \m/

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Sons Of Apollo

Sons Of Apollo Merilis Video Singel Ketiga Disusul Tur Dan Merilis CD+...

Sons of Apollo telah merilis video klip dari single ketiga yang berjudul 'Desolate July’. Mengikuti jejak single pertamanya, ‘Goodbye Divinity’

on Jan 14, 2020
Sons of Apollo

Sons of Apollo: Portnoy, Sherinian, Sheehan, Bumblefoot, Scott Soto!

Sheehan, Portnoy, Scott Soto, Sherinian, Bumblefoot (Foto: Secret Signals) Sons of Apollo telah merilis video klip dari singel kedua yang dimilikinya yaitu

on Dec 31, 2019
Mastodon

Mastodon Sedang Bekerja Keras untuk Album Baru 2020

Mastodon akan kembali merilis album studio di tahun 2020 (Foto: Gist Junction) Seperti dilansir Blabbermouth, kuartet stoner metal progresif asal Atlanta, M

on Dec 30, 2019
Tool - Fear Inoculum cover

Mahakarya Hasil Bertapa Selama Tiga Belas Tahun

Cover album 'Fear Inoculum' milik Tool (dok. Tool) TOOLFear Inoculum(2019, Volcano/RCA) Oleh Dharma Samyayogi Fakta: Tiga belas tahun, bray. Terakhir

on Dec 10, 2019