×
×

Search in Mata Mata Musik

Sebelum ‘Nevermind’ Rilis, Dave Grohl Akui Sempat Takut Dipecat Dari Nirvana

Posted on: 07/6/20 at 7:30 am

Sebelum ‘Nevermind’ Rilis, Dave Grohl Akui Sempat Takut Dipecat Dari Nirvana
Nirvana, foto sesi untuk cover album Nevermind.

Peran Dave Grohl dulu sebagai dramer Nirvana memang merupakan sesuatu yang legendaris, tetapi pada satu titik pentolan Foo Fighters itu sempat khawatir akan dipecat dari band. Dalam sebuah wawancara baru, Dave Grohl akui sempat “gugup” bahwa dia “tidak cukup baik” untuk mempertahankan jabatannya dalam band dewa grunge itu.

Baca Juga: 10 Riff Gitar Terbaik Sepanjang Masa Versi Slash (Guns N’ Roses)

“Gue bergabung dengan Nirvana, gue dulu dramer kelima mereka, ‘kan?” ingat Dave Grohl dalam sebuah wawancara baru dengan Matt Wilkinson dari Apple Music. “Mereka memiliki satu tim berisi dramer sebelum gue dan beberapa dari mereka terasa lebih, umm… gue nggak tahu ya, lebih menyatu dengan band daripada yang lainnya. Jadi ketika gue bergabung dengan band, gue nggak tahu sama sekali tentang Krist dan Kurt (Cobain). Dan ketika kami pertama kali bertemu dan mulai bermain, jelas bahwa ketika kami bersama-sama memainkannya itu berjalan dengan sangat baik, dan kami menciptakan sound yang kebanyakan orang tahu sekarang seperti Nirvana. Kami terdengar seperti itu”.

Dave kemudian melanjutkan, “Tapi gue baru saja bertemu orang-orang ini dan kemudian itu belum lama… Itu hampir tepat satu tahun sejak gue bergabung sampai saat Nevermind dirilis. Dan begitu itu keluar, rasanya seperti segala hal terjadi begitu cepat. Band ini menjadi sangat besar”.

Keberhasilan dan ekspektasi baru yang dihasilkan band itu – bersama dengan sejarah hubungan Nirvana dengan para dramernya – membuat Dave Grohl merasa tidak percaya diri dengan kemampuannya.

“Setiap band yang pernah gue masuki sebelumnya adalah dengan teman-teman yang sudah lama gue kenal,” tutur Dave Grohl. “Jadi ada rasa keamanan di dalamnya. Jadi ketika lo bergabung dengan sebuah band di mana lo nggak mengenal siapa pun dan lo baru mulai mengenal satu sama lain, dan itu terdengar hebat ketika lo memainkan musik, lo ‘kan baru mulai mengenal satu sama lain, tetapi nggak ada koneksi personal yang mendalam. Dan kemudian band menjadi sangat besar dengan sangat cepat”.

Rockstar serba bisa itu lantas menambahkan, “Lo hanya akan merasa sangat gugup bahwa lo akan dipecat atau (keberhasilan) itu akan berhenti. Gue nggak ingin dipecat pada dasarnya. Jadi gue melakukan yang terbaik untuk mencegah hal ini terjadi. Jadi ada rasa tidak aman yang gue miliki – ‘Gue nggak cukup baik. Mereka akan menemukan orang lain’”.

Dave Grohl tetapi telah mengatasi rasa tidak aman itu dan akhirnya menaklukkannya saat dia membentuk band-nya sendiri, Foo Fighters, dan merekam album debut mereka sepenuhnya sendirian, memainkan setiap instrumennya. Wawancara Apple Music ini adalah dalam rangka peringatan 25 tahun dari album debut self-titled Foo Fighters, yang dirilis pada 4 Juli 1995.

Ketika Nirvana bubar setelah kematian Kurt Cobain, Dave Grohl beralih ke proyek barunya demi hiburan bagi dirinya sendiri dan akhirnya sebuah karier yang sangat sukses, bahkan legendaris.

“Jadi setelah Kurt Cobain meninggal, ada periode di mana semua orang hanya bersembunyi dari dunia dan seluruh dunia kita terasa terbalik,” ujar Dave Grohl. “Jadi ada kesedihan, dan ada rasa berduka. Kami semua bersatu bersama. Gue ingat dulu nongkrong dengan Krist Novoselic dan kami berdua memastikan bahwa kami baik-baik saja”.

“Akhirnya, gue mulai mendapat panggilan telepon dari orang-orang untuk bertanya apakah gue ingin bermain dram dengan mereka atau bergabung dengan band lain, dan gue nggak melihat itu dapat terjadi pada saat itu,” kenang Dave Grohl. “Dan biasanya saat pulang dari tur, gue selalu merekam lagu sendiri, tetapi perasaan itu hilang. Gue benar-benar nggak ingin menulis atau bahkan mendengarkan musik, apalagi bergabung dengan band dan bermain musik bareng”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Che Cupumanik dan Robi Navicula

Che Cupumanik & Robi Navicula Rilis 'Jiwa Yang Berani' Untuk Rock Memb...

Robi (Navicula) dan Che (Cupumanik). Pada saat menjelang proses perilisan buku Rock Memberontak, sekitar tahun 2015. Vokalis Cupumanik, Che mengusulkan ide

on Oct 27, 2020
Foo Fighters live

Konser Pertama Foo Fighters Sejak Pandemi Di #SOSFest, Troubadour, Los...

Pada hari Sabtu, 17 Oktober, anggota Foo Fighters bersatu kembali untuk pertunjukan pertama mereka sejak awal pandemi kopad-kopid ora jelas. Sebagai bagian

on Oct 19, 2020
Stevie Nicks

Stevie Nicks Rilis ‘Show Them The Way’, Lagu Solo Barunya Fitur Da...

Stevie Nicks. Stevie Nicks baru saja merilis lagu solo baru pertamanya dalam hampir satu dekade terakhir. Lagu baru itu berjudul ‘Show Them The Way’ dan

on Oct 9, 2020
Linkin Park

Linkin Park Rilis Versi Demo 'In The End' Dari 20th Anniversary Hybrid...

Boleh dibilang Linkin Park adalah band nu-metal/alternative rock yang berhasil menguasai blantika musik rock di era awal millenium alias pada tahun 2000. A

on Oct 2, 2020