×
×

Search in Mata Mata Musik

Sebelum ‘Nevermind’ Rilis, Dave Grohl Akui Sempat Takut Dipecat Dari Nirvana

Posted on: 07/6/20 at 7:30 am

Sebelum ‘Nevermind’ Rilis, Dave Grohl Akui Sempat Takut Dipecat Dari Nirvana
Nirvana, foto sesi untuk cover album Nevermind.

Peran Dave Grohl dulu sebagai dramer Nirvana memang merupakan sesuatu yang legendaris, tetapi pada satu titik pentolan Foo Fighters itu sempat khawatir akan dipecat dari band. Dalam sebuah wawancara baru, Dave Grohl akui sempat “gugup” bahwa dia “tidak cukup baik” untuk mempertahankan jabatannya dalam band dewa grunge itu.

Baca Juga: 10 Riff Gitar Terbaik Sepanjang Masa Versi Slash (Guns N’ Roses)

“Gue bergabung dengan Nirvana, gue dulu dramer kelima mereka, ‘kan?” ingat Dave Grohl dalam sebuah wawancara baru dengan Matt Wilkinson dari Apple Music. “Mereka memiliki satu tim berisi dramer sebelum gue dan beberapa dari mereka terasa lebih, umm… gue nggak tahu ya, lebih menyatu dengan band daripada yang lainnya. Jadi ketika gue bergabung dengan band, gue nggak tahu sama sekali tentang Krist dan Kurt (Cobain). Dan ketika kami pertama kali bertemu dan mulai bermain, jelas bahwa ketika kami bersama-sama memainkannya itu berjalan dengan sangat baik, dan kami menciptakan sound yang kebanyakan orang tahu sekarang seperti Nirvana. Kami terdengar seperti itu”.

Dave kemudian melanjutkan, “Tapi gue baru saja bertemu orang-orang ini dan kemudian itu belum lama… Itu hampir tepat satu tahun sejak gue bergabung sampai saat Nevermind dirilis. Dan begitu itu keluar, rasanya seperti segala hal terjadi begitu cepat. Band ini menjadi sangat besar”.

Keberhasilan dan ekspektasi baru yang dihasilkan band itu – bersama dengan sejarah hubungan Nirvana dengan para dramernya – membuat Dave Grohl merasa tidak percaya diri dengan kemampuannya.

“Setiap band yang pernah gue masuki sebelumnya adalah dengan teman-teman yang sudah lama gue kenal,” tutur Dave Grohl. “Jadi ada rasa keamanan di dalamnya. Jadi ketika lo bergabung dengan sebuah band di mana lo nggak mengenal siapa pun dan lo baru mulai mengenal satu sama lain, dan itu terdengar hebat ketika lo memainkan musik, lo ‘kan baru mulai mengenal satu sama lain, tetapi nggak ada koneksi personal yang mendalam. Dan kemudian band menjadi sangat besar dengan sangat cepat”.

Rockstar serba bisa itu lantas menambahkan, “Lo hanya akan merasa sangat gugup bahwa lo akan dipecat atau (keberhasilan) itu akan berhenti. Gue nggak ingin dipecat pada dasarnya. Jadi gue melakukan yang terbaik untuk mencegah hal ini terjadi. Jadi ada rasa tidak aman yang gue miliki – ‘Gue nggak cukup baik. Mereka akan menemukan orang lain’”.

Dave Grohl tetapi telah mengatasi rasa tidak aman itu dan akhirnya menaklukkannya saat dia membentuk band-nya sendiri, Foo Fighters, dan merekam album debut mereka sepenuhnya sendirian, memainkan setiap instrumennya. Wawancara Apple Music ini adalah dalam rangka peringatan 25 tahun dari album debut self-titled Foo Fighters, yang dirilis pada 4 Juli 1995.

Ketika Nirvana bubar setelah kematian Kurt Cobain, Dave Grohl beralih ke proyek barunya demi hiburan bagi dirinya sendiri dan akhirnya sebuah karier yang sangat sukses, bahkan legendaris.

“Jadi setelah Kurt Cobain meninggal, ada periode di mana semua orang hanya bersembunyi dari dunia dan seluruh dunia kita terasa terbalik,” ujar Dave Grohl. “Jadi ada kesedihan, dan ada rasa berduka. Kami semua bersatu bersama. Gue ingat dulu nongkrong dengan Krist Novoselic dan kami berdua memastikan bahwa kami baik-baik saja”.

“Akhirnya, gue mulai mendapat panggilan telepon dari orang-orang untuk bertanya apakah gue ingin bermain dram dengan mereka atau bergabung dengan band lain, dan gue nggak melihat itu dapat terjadi pada saat itu,” kenang Dave Grohl. “Dan biasanya saat pulang dari tur, gue selalu merekam lagu sendiri, tetapi perasaan itu hilang. Gue benar-benar nggak ingin menulis atau bahkan mendengarkan musik, apalagi bergabung dengan band dan bermain musik bareng”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Red Hot Chili Peppers

    Red Hot Chili Peppers Jual Katalog Lagunya Ke Hipgnosis Rp 1,4 Triliun

    Red Hot Chili Peppers. (Foto: Getty Images). Red Hot Chili Peppers menjadi artis baru yang bergabung di klub "Jual Putus Katalog Gegara Pandemi". Band funk

    on May 4, 2021
    Mike McCready Fender

    Fender Luncurkan Gitar Stratocaster Signature Mike McCready (Pearl Jam...

    Mike McCready (Pearl Jam). (Foto: Lior Phillips / Fender Custom Shop Mike McCready Stratocaster. (Foto: Fender). Fender Custom Shop berkolaborasi dengan Mik

    on Apr 8, 2021
    Dave Grohl

    Dave Grohl Siap Terbitkan Buku Pertamanya, The Storyteller

    Dave Grohl saat konser Foo Fighters. (Foto: Amy Harris). Enggak bisa menjalani tur karena pandemi, Dave Grohl tetap sibuk selama bulan-bulan awal masa karan

    on Apr 7, 2021
    Soundgarden Vs Vicky Cornell

    Soundgarden Tuduh Vicky Cornell Mengunci Semua Akun Medsos Band

    Soundgarden (Foto: Kevin Winter) / Vicky Cornell (Foto: Frederick M. Brown). Drama hukum antara Soundgarden dan Vicky Cornell semakin ricuh. Para legenda gr

    on Apr 3, 2021