×
×

Search in Mata Mata Musik

Sebelum & Sesudah: 23 Rocker Yang Pernah Berambut Panjang dan Pendek

Posted on: 06/2/20 at 6:30 am

Gaya potongan rambut bagaikan sebuah merek dagang atau ciri khas bagi banyak orang, terutama di komunitas musik rock dan metal di mana para musisi cenderung butuh waktu sangat lama untuk memelihara dan menumbuhkan atau memangkas rambut di kepalanya. Terutama musik rock, sejak era 1960-an hingga kini masih identik dengan musisi berambut gondrong.

Baca juga: 18 Band Rock & Metal Yang Stabil: Nggak Pernah Ganti Formasi Selama Kariernya

Dengan pengecualian untuk beberapa orang, seperti Slash dan Claudio Sanchez dari Coheed and Cambria, sebagian besar rocker pernah menggunakan bermacam-macam gaya, dari botak, mohawk, pendek dan gondrong yang berbeda-beda selama karier mereka. Dari potongan rambut yang sangat pendek untuk hanya sementara atau potongan rambut sederhana demi menyesuaikan dengan masa tuanya, dan lain-lain.

Yuk simak galeri foto di bawah ini untuk melihat 23 musisi rock dan metal yang memiliki gaya rambut panjang dan pendek.

1. Ozzy Osbourne

Ozzy Osbourne.
Foto: Ron Galella, Getty Images / Stephen Lovekin, Getty Images.

Sang pangeran kegelapan, eyang Ozzy memiliki gaya rambut panjang selama sebagian besar kariernya, tetapi ada periode di tahun 1980-an di mana rambutnya terlihat lebih pendek. Lebih suka eyang Ozzy pendek atau gondrong, gaes?

2. Phil Anselmo

Phil Anselmo.
Foto: Scott Harrison, Getty Images / Miikka Skaffari, Getty Images.

Phil Anselmo memakai gaya rambut panjang pada awal 2000-an selama aktivitasnya di band sludge-metalnya, Down. Sebelum itu, selama era 1990-an di mana kedigdayaan Pantera sebagai band metal garda depan di tengah gempuran musik alternatif rock, Phil justru lebih lama tampil tanpa rambut alias botak. Sejak Pantera album terakhir, The Great Southern Trendkill, Phil kembali tampil gondrong hingga Pantera bubar dan Phil membentuk Down dan band proyek lainnya. Dan sekarang, Phil kembali plontos.

3. James Hetfield

James Hetfield.
Foto: Marc S. Canter, Getty Images / Jo Hale, Stringer.

Si Papa Het ini memiliki rambut panjang selama masa-masa awalnya di Metallica, tetapi memotongnya di tahun 1990-an pasca The Black Album, di mana Metallica berubah manis menjadi band country, haha. Dia memiliki banyak variasi gaya rambut yang lebih pendek seiring waktu berjalan, termasuk gaya rambut mullet. Tapi Om Jaymz sama-sama gagah dan sangar, mau gondrong atau nggak.

4. Bruce Dickinson

Bruce Dickinson.
Foto: Chris Walter, Getty Images / David M. Benett, Getty Images.

Vokalis Iron Maiden ini dikenal di awal 1980-an dengan rambut gondrong dan poninya yang lurus. Dia memotongnya bertahun-tahun kemudian, tetapi saat ini rambutnya sudah tumbuh lagi. Mudah-mudahan gondrong seperti dulu lagi, Om Bruce, kayak Om Steve Harris, Janick Gers, dan personil lain legenda heavy metal kebangsaan Inggris ini.

5. Kerry King

Kerry King.
Foto: Ann Summa, Getty Images / Kevin Winter, Getty Images.

Gitaris Slayer ini memang memiliki rambut panjang untuk waktu yang tidak begitu lama, selama era 1980 hingga awal 1990an sebelum akhirnya membabat habis rambutnya alias botak. Dia sekarang dikenal karena tato di sisi kepalanya yang sudah botak. Tambah tua tambah sangar sih Om Kerry King ini. Kalau dulu panggilannya mungkin, Kerry Ting alias Kerry Gondrong Kriting, nggak apa-apalah, asal jangan Kerry Ting Ting saja, wkwkwkwk.

6. Axl Rose

Axl Rose.
Foto: Jeff Kravitz, Getty Images/FilmMagic / Alejandro Melendez, Getty Images.

Rambut merah panjang Axl Rose selalu menjadi bagian dari identitasnya. Dia diusir oleh orang tuanya dari rumah saat remaja karena menolak untuk memotongnya, tetapi baru-baru ini dia berubah pikiran. Pada musim gugur tahun 2019, Axl Rose muncul di konser Guns N’ Roses dengan rambut panjang di atas bahu. Axl Rose di masa tuanya terlihat gemuk, tidak sekeren masa mudanya. Diet, olah raga dan konsumsi healthy food, dong Om.

7. Lars Ulrich

Lars Urlich.
Foto: Steve Allen, Getty Images / Spencer Platt, Getty Images.

Meskipun kita sudah terbiasa dengan gaya rambut pendek Lars Ulrich yang telah digunakannya sejak akhir tahun 1990-an, dia memiliki rambut yang sangat panjang bersama dengan sisa anggota Metallica lainnya selama satu dekade sebelumnya. Kerenan gondrong, Om Lars. Ah tapi mau grondrong atau pendek, wajah Lars sudah sangat ikonik.

8. Lzzy Hale

Lzzy Hale.
Foto: Raymond Boyd, Getty Images / Kevin RC Wilson, Loudwire.

Lzzy Hale dari Halestorm mengungkapkan gaya rambut barunya yang pendek pada tahun 2017. Rupanya banyak netizen yang mengkritik dan mengomentari perubahan gaya tersebut – alhasil menginspirasi lagu ‘Uncomfortable’ dari album rilisan 2018.

9. Rob Halford

Rob Halford.
Foto: YouTube – Judas Priest / Maria Ives.

Sebelum mengenakan kostum kulit dan berbagai tindikan di jaket kulitnya yang sangat dikenal dari Judas Priest, pionir heavy metal kebangsaan Inggris ini pernah memiliki estetika yang sangat berbeda. Dari performa mereka pada tahun 1975 di acara The Old Grey Whistle Test dari stasiun TV BBC, kalian dapat melihat sang vokalis Rob Halford dengan gaya rambut panjangnya. Keputusan berubah menjadi pendek hingga botak adalah tepat, Eyang Rob. Jauh lebih ikonik.

10. Tommy Lee

Tommy Lee.
Foto: Joel Selvin, Getty Images / Matt Winkelmeyer, Getty Images.

Dramer ugal-ugalan Tommy Lee memiliki gaya rambut panjang sepanjang era 1980-an selama karier Motley Crue, tetapi dia memotongnya pada dekade berikutnya dan telah memiliki rambut pendek sejak itu.

11. Nergal

Nergal.
Foto: Daniel Boczarski, Getty Images / YouTube – Loudwire.

Nergal, pentolan Behemoth ini memiliki gaya rambut panjang sampai dia tahu dia menderita leukemia yang mengakibatkan dia mencukurnya. “Aku memutuskan bahwa jika aku akan pergi berperang, aku perlu gaya rambut yang siap tempur. Aku mencukur rambutku; aku hanya meninggalkan satu garis di tengahnya. Aku sudah siap. Aku bisa mulai mempelajari musuhku,” jelasnya dalam bukunya, Confessions of a Heretic.

12. Scott Ian

Scott Ian.
Foto: Mike Cameron, Getty Images / Kevin Winter, Getty Images.

Scott Ian, pentolan dan ritem gitaris berbahaya dari Anthrax mengikuti tren rambut panjang di tahun 1980-an, kemudian dia mengubahnya dengan gaya rambut botak di awal tahun 1990-an hingga kini, terlihat mulai botak dalam foto grup di sampul album Persistence of Time.

13. David Lee Roth

David Lee Roth.
Foto: David Tan/Shinko Music, Getty Images / Rachel Murray, Getty Images.

David Lee Roth memiliki gaya rambut ala musisi hard rock 1980-an yang klasik dan tebal. Namun seiring waktu berjalan, ternyata dia sudah capek dan lebih puas dengan penampilan rambut yang lebih ringkas.

14. Eddie Van Halen

Eddie Van Halen.
Foto: Paul Natkin, Getty Images / Daniel Knighton, Getty Images.

Sang maestro gitar Eddie Van Halen telah bolak-balik mencoba gaya rambut panjang dan pendek selama bertahun-tahun, dan dia sempat memiliki gaya rambut puff ala 1980-an di masa awal karier Van Halen.

Baca juga: 7 Kesalahan Tidak Sengaja Dalam Lagu Yang Hasilnya Malah Keren

15. Chris Cornell

Chris Cornell.
Foto: Paul Natkin, Getty Images / Handout, Getty Images.

Chris Cornell memiliki gaya rambut ikal di akhir tahun 1980-an dan awal 1990-an, tetapi dia memotongnya ketika Soundgarden merilis album Superunknown dan membuat gaya rambutnya pendek selama bertahun-tahun di Audioslave. Selama dekade terakhir hidupnya, dia mengembalikan rambut ikalnya yang panjang.

16. Devin Townsend

Devin Townsend.
Foto: Micky Simawi, Getty Images / Will Ireland/Guitarist Magazine via Getty Images.

Devin Townsend memiliki rambut panjang bahkan ketika dia sudah mulai membotak di bagian depan kepalanya. Dia memberi tahu Allschools bahwa alasan dia membabat habis rambutnya adalah karena seorang teman sering mengejeknya, ya karena dia mulai membotak, mirip Profesor yang kebanyakan mikir di laboratorium sampai rambutnya rontok.

17. Jerry Cantrell

Jerry Cantrell
Foto: Jason Merritt, Getty Images / Mike Coppola, Getty Images.

Rambut panjang Jerry Cantrell yang berwarna emas adalah bagian dari penampilan khasnya, meskipun dia memang memotongnya untuk waktu yang singkat selama siklus album The Devil Put Dinosaurs Here milik Alice in Chains. Dan tentu saja, setelah itu rambutnya panjang lagi. Kerenan panjang, Om Jerry.

18. Eddie Vedder

Eddie Vedder.
Foto: YouTube – Pearl Jam / NurPhoto via Getty Images.

Pentolan Pearl Jam ini memiliki gaya rambut panjang yang tipikal dengan banyak rocker grunge lainnya sepanjang tahun 1990-an. Dia memotong rambutnya di atas bahu dalam beberapa tahun terakhir, tetapi masih memiliki aliran rambut yang tetap terlihat bagus.

19. Geoff Tate

Geoff Tate.
Foto: Paul Natkin, Getty Images / Frontiers Music.

Geoff Tate memiliki bermacam-macam gaya rambut panjang yang berbeda hingga awal 2000-an. Yup, Geoff Tate yang mulai dan lebih dikenal sejak era akhir 1980an sebagai vokalis band hard rock/heavy metal Queensryche.

20. Layne Staley

Layne Staley.
Foto: Chris Carroll, Getty Images / Annamaria DiSanto, Getty Images.

Almarhum vokalis Alice in Chains, Layne Staley memiliki gaya rambut panjang selama masa-masa dirilisnya album Facelift, tetapi kemudian mencoba gaya rambut yang lebih pendek sepanjang sisa tahun 1990-an. Mau gondrong atau pendek, Om Layne terlihat keren.

21. Ian Gillan

Ian Gillian.
Foto: Jorgen Angel, Getty Images / Jo Hale, Getty Images.

Ian Gillan, vokalis pionir hard rock legendaris Deep Purple memiliki gaya rambut panjang bergelombang klasik yang tipikal para rocker di tahun 1970-an. Dia membiarkan rambutnya panjang sampai awal 2000-an.

22. Matt Heafy

Matt Heafy.
Foto: Paul McConnell, Getty Images / Kevin RC Wilson, Loudwire.

Matt Heafy, pentolan Trivium memiliki gaya rambut panjang di akhir 2000-an, dan muncul kembali dengan tampilan rambut yang sangat pendek pada tahun 2011. Si Mamatt kerenan waktu panjang atau pendek, gaes?

23. Jon Schaffer

Jon Schaffer.
Foto: Annamaria DiSanto, Getty Images / YouTube – Century Media Records.

Gitaris Iced Earth, Jon Schaffer memiliki gaya rambut panjang yang bergelombang selama bertahun-tahun hingga baru-baru ini, ketika dia memutuskan untuk menumbuhkan janggutnya lebih panjang.

Sumber: Loudwire
Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Aimee Osbourne

Putri Sulung Ozzy, Aimee Osbourne Siap Rilis Album Secara Anonim Via I...

Aimee Osbourne. (Foto: via Make Records). Putri sulung rocker gaek Ozzy Osbourne, Aimee Osbourne telah mengumumkan perilisan album debutnya, Vacare Adamaré

on Sep 23, 2020
Lee Kerslake

Lee Kerslake, Dramer Klasik Ozzy Osbourne dan Uriah Heep, Tutup Usia

Lee Kerslake. (Foto: via LeeKerslake.com). Lee Kerslake, dramer yang tampil di album-album solo klasik Ozzy Osbourne dan anggota lawas Uriah Heep, telah men

on Sep 21, 2020
Guns N' Roses

Kebencian Guns N' Roses Selama Ini Ternyata Dibalas Cinta Oleh Donald ...

Donald Trump / Axl Rose. Selama ini kita tahunya Guns N' Roses (GN'R), terutama sang vokalis, Axl Rose benci banget Donald Trump yang diungkapkan secara pub

on Sep 16, 2020
Ozzy Osbourne

Ozzy Osbourne Sama Sekali “Nggak Tertarik” Reuni Lagi Dengan Black...

Reunian Black Sabbath, 1998. (Foto: Kevin Winter, Getty Images). Setahun setelah Ozzy Osbourne mempertimbangkan untuk bermain "satu konser terakhir" bersama

on Sep 10, 2020