×
×

Search in Mata Mata Musik

Selena Gomez Gugat US$ 10 Juta Game Mobile Yang Meniru Karakternya Tanpa Izin

Posted on: 04/17/20 at 10:00 am

Selena Gomez Clothes Forever
Gambar karakter Selena Gomez di sampul majalah Flare yang muncul di game ‘Clothes Forever’. (Foto: Gameindustry.biz).

Selena Gomez telah menggugat para kreator dari game mobile Clothes Forever – Styling Game sebesar US$ 10 juta (Rp 156 miliar), dengan mengklaim bahwa mereka telah mencuri gambar dan ciri-ciri karakteristiknya.

Baca juga: Selena Gomez Membeli Rumah Mewah Milik Tom Petty Seharga Rp 77 Miliar

Game Clothes Forever, yang tersedia di Apple App Store, memungkinkan pemain untuk bekerja sebagai seorang stylist virtual, dan deskripsinya mempromosikan peluang untuk “berinteraksi dengan model dan selebriti paling cantik, seperti Kim Kardashian, Gigi Hadid, Beyoncé, Taylor Swift, dan banyak lagi akan mampir dan meminta saran fesyen KAMU!”.

Gugatan dari sang popstar menyatakan bahwa game ini memiliki citra yang secara “terang-terangan menyontek gambar populer Selena Gomez” yang muncul di sampul majalah Flare, dan bahwa penggunaan karakter yang mirip dengan Selena Gomez telah “menciptakan kesan keliru bahwa dia telah mendukung game itu atau memiliki sesuatu yang berkaitan dengannya, dan tidak diragukan lagi dimaksudkan untuk menarik konsumen untuk menggunakan game tersebut”. Selena Gomez meminta ganti rugi hingga US$ 10 juta, dengan jumlah aktual yang akan ditentukan saat persidangan.

“Selena Gomez adalah seorang ikon fesyen,” ujar Alex Weingarten, seorang pengacara untuk sang penyanyi, dalam sebuah pernyataan kepada Rolling Stone. “Ini adalah pelanggaran berat atas hak Selena Gomez, yang akan kami ajukan dengan gigih untuk membuktikan kebenarannya”.

Gugatan itu menyebutkan beberapa terdakwa yang diduga bertanggung jawab atas game itu, termasuk perusahaan Forgame Holdings dan MutantBox Interactive Ltd.

Gugatan Selena Gomez menggambarkan Clothes Forever sebagai “game mobile yang penuh error” yang “saat ini diberi peringkat bintang 3.5 dari 5 oleh pengguna di situs web Apple App Store”. Gugatan ini juga menyoroti ketergantungan game pada sebuah “strategi buruk yang memikat para penggunanya untuk melakukan pembelian dalam game dalam jumlah sebanyak US$ 99 (Rp 1,5 juta) untuk mendanai pengeluaran yang imajiner dalam game dan membuka fitur baru”.

Selain Selena Gomez, gugatan tersebut juga mengklaim bahwa Clothes Forever telah menggunakan gambar dan ciri-ciri dari Rihanna, Kendall Jenner, Gigi Hadid, Taylor Swift, dan Kim Kardashian.

Gugatan itu juga mengklaim bahwa para pembuat game “tidak mencari atau mendapatkan izin dari Selena Gomez untuk menggunakan gambar atau ciri-cirinya,” dan bahwa mereka “bersekongkol dengan satu sama lain untuk secara salah menggunakan hak publisitas Selena Gomez tanpa otorisasi untuk tujuan komersial mereka sendiri dan telah merugikan Selena Gomez”.

Baca juga: Selena Gomez Rilis 3 Lagu Baru Untuk Album ‘Rare (Deluxe Edition)’

Gugatan itu juga mengklaim bahwa Selena Gomez telah menginvestasikan waktu dan sumber daya kepada kemungkinannya untuk ikut serta dalam “dunia game mobile yang sehubungan dengan fesyen secara khusus,” dan bahwa penggunaan ciri-cirinya pada Clothes Forever telah secara negatif mempengaruhi kemampuannya untuk bergerak maju dengan proyek semacam itu.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Anggota BLACKPINK

    Inilah Jumlah Kontribusi Dari Tiap Anggota BLACKPINK Untuk 8 Lagu Di "...

    Semua fans K-pop di seluruh dunia pasti sudah tahu bahwa BLACKPINK baru saja merilis album studio pertama mereka, THE ALBUM. Album fenomenal ini memiliki t

    on Oct 4, 2020
    Kolaborasi Idol K-Pop

    8 Lagu Kolaborasi Idol Cewek K-Pop Yang Cocok Untuk Setiap Mood Lo

    Idol K-pop telah merilis banyak karya musik hebat sepanjang karier mereka untuk kita nikmati. Beberapa dari lagu-lagu terbaik ini kebetulan merupakan kolab

    on Oct 2, 2020
    BLACKPINK dan Cardi B

    Lagu Kolab BLACKPINK dan Cardi B Mendatang "Bocor" Gara-Gara YG Entert...

    Cardi B dan BLACKPINK. Setelah 'Ice Cream'-nya BLACKPINK dan Selena Gomez sukses mencair dan melelehkan para fansnya di seluruh dunia, lagu kolaborasi merek

    on Sep 2, 2020
    BLACKPINK dan Selena Gomez

    BLACKPINK x Selena Gomez 'Ice Cream' Rilis! Aksen Liriknya Ada Yang Mi...

    Akhirnya saat yang sangat ditunggu-tunggu telah tiba! Single kedua pra-rilis BLACKPINK fitur Selena Gomez telah dirilis MV (Music Video)-nya di YouTube dan

    on Aug 28, 2020