×
×

Search in Mata Mata Musik

Selena Gomez “Rare”: Kembali Ke Lantai Dansa Yang Familiar

Posted on: 01/24/20 at 9:00 am

Selena Gomez - Rare.
Cover album ‘Rare’ oleh Selena Gomez. (Gambar: Interscope Records).

SELENA GOMEZ
Rare
(2020, Interscope)

Oleh Dharma Samyayogi

Fakta: Rare adalah album pertama popstar Selena Cap Gomeh…ups…Gomez yang dirilis sejak usai pertempurannya dengan penyakit lupus (bukan Lupus-nya Hilman ya! Ed.), yang membuatnya keluar dari sorotan selama beberapa tahun. Album sebelumnya, Revival (2015), menampilkan koleksi hit mengesankan seperti ‘Same Old Love’ dan ‘Good for You’, yang kemudian membantu Selena diakui dan berhasil menghapus statusnya sebagai bintang cilik Disney Channel.

Baca juga: Selena Gomez Rilis 3 Lagu Baru Untuk Album ‘Rare (Deluxe Edition)’

Rare yang sangat dinanti-nantikan ini disuguhkan dengan cara yang sama seperti Revival: lagu-lagu yang bertindak sebagai anthem “penguat diri” yang tenang namun memberikan dampak, di mana Selena menyadari betul penggunaan hentakan bass dan dram minimalis dan vokal yang mengembuskan napas. Banyak dari Rare merefleksikan hubungan yang hilang sekaligus romantis, seperti pada single utama yang emosional ‘Lose You to Love Me’, dan persahabatan yang gagal, seperti ‘People You Know’, yang menampilkan chorus yang catchy banget tentang tumbuh bareng kemudian berpisah.

Kelebihan: Untuk menghasilkan album barunya ini, Selena meminta bantuan dari beberapa orang termasuk teman dan penulis lagu yang dinominasikan Grammy, Julia Michaels dan kolaborator saudara kandung Billie Eilish, Finneas, untuk membuat hook dan melodi yang sangat “menular” alias catchy banget yang membuat album ini mengalir apik dari lagu ke lagu.

Selena memang tidak dikenal dengan vokal yang enerjik. Sebagai gantinya, dia dengan tenang memberikan anthem dansa yang memorable dalam suara yang hampir seperti bernyanyi, misalnya hanya “mmm…mmm…” yang bernada dan beralur pada bagian chorus lagu ‘Look At Her Now’. Dia juga meminta perhatian, bukan dengan chorus yang menonjol, tetapi dengan lirik yang berdampak emosional ketika dinyanyikan dengan perasaan rentan sesuai judul lagunya, ‘Vulnerable’, lagu synth pop yang halus tentang membiarkan pertahanan diri yang lengah.

Di lagu pop klub ‘Dance Again’, Selena memperlihatkan sisi emosinya sambil tetap mempertahankan kekuatan dengan lirik: “Rentan tidak mudah, percayalah, tapi aku pergi ke sana”. Tampaknya menjadi tema umum di album ini, yaitu mengakui trauma masa lalu, tetapi tetap mendorong semangat dan berdansa.

Salah satu highlight album ini adalah kolaborasi yang tidak terduga dengan Kid Cudi di ‘A Sweeter Place’, menampilkan vokal berlapis di atas synth pop yang goyang. Ini adalah satu-satunya momen di album di mana rasanya seperti Selena melangkah keluar dari zona nyamannya untuk memberikan sesuatu yang sama sekali baru baginya, sebuah lagu yang didedikasikan untuk menemukan sesuatu yang baik di antara yang buruk dengan komposisi musik yang sederhana tapi ampuh, bray.

Kekurangan: Meski album ini cukup menarik, beberapa lagunya terasa seperti “sisi B” untuk Revival, menyisakan sedikit ruang untuk sound yang eksperimental. Album ini dengan ciamik mencerminkan tema dan musik Revival, tetapi tidak lebih dari itu. Bagaimanapun itu bukan hal yang buruk, ketika kamu memiliki sesuatu yang berfungsi dengan baik, kenapa harus diubah yee kan. Tapi Selena memiliki potensi untuk menjadi lebih besar, yang berarti album berikutnya bisa menjadi sesuatu yang mengubah aturan mainnya. Antara Revival dan Rare, Selena memiliki sejumlah kolaborasi yang mengisyaratkan sound baru dan menunjukkan bahwa ia mampu bereksperimen, yang berarti dia memiliki album pada tingkat berikutnya dalam dirinya. Dia hanya perlu lebih banyak waktu untuk sampai ke sana.

Baca juga: Selena Gomez Gugat US$ 10 Juta Game Mobile Yang Meniru Karakternya Tanpa Izin

Kesimpulan: Kembalinya Selena Gomez dipenuhi dengan lagu-lagu pop yang bagus, tetapi kurang dari apa yang saya duga mampu dilakukannya. Dia tetap berpegang pada tema yang sama seperti yang dia lakukan pada Revival, alih-alih menjelajahi sound yang berbeda seperti yang dia lakukan dengan single ‘Back to You’ tahun 2018 dan ‘Bad Liar’ tahun 2017 (yang termasuk dalam edisi deluxe Rare). Meski begitu, Rare terbuat dari materi pop yang menuju sempurna: lagu-lagu catchy dengan hook yang asoy dan dance-able, semua dengan lirik bermuatan emosional, yang membuat fanbase Selena Gomez yang berdedikasi kembali merapat, lay.

Verdict: 8,5/10

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BLACKPINK dan Cardi B

Lagu Kolab BLACKPINK dan Cardi B Mendatang "Bocor" Gara-Gara YG Entert...

Cardi B dan BLACKPINK. Setelah 'Ice Cream'-nya BLACKPINK dan Selena Gomez sukses mencair dan melelehkan para fansnya di seluruh dunia, lagu kolaborasi merek

on Sep 2, 2020
BLACKPINK dan Selena Gomez

BLACKPINK x Selena Gomez 'Ice Cream' Rilis! Aksen Liriknya Ada Yang Mi...

Akhirnya saat yang sangat ditunggu-tunggu telah tiba! Single kedua pra-rilis BLACKPINK fitur Selena Gomez telah dirilis MV (Music Video)-nya di YouTube dan

on Aug 28, 2020
Teaser MV Ice Cream

H-1 Peluncuran MV 'Ice Cream' BLACKPINK x Selena Gomez Telah Dirilis T...

BLACKPINK dan Selena Gomez akhirnya merilis teaser MV ‘Ice Cream’ yang sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemar. Teaser MV ‘Ice Cream’ i

on Aug 27, 2020
Selena Gomez dan BLACKPINK

SELPINK In Your Area! Single 'Ice Cream' Selena Gomez & BLACKPINK Baka...

Selena Gomez dan BLACKPINK saat ngobrol virtual. Single kolaborasi Selena Gomez dan BLACKPINK akan diluncurkan pada akhir minggu ini, bray, judulnya lo suda

on Aug 25, 2020