×
×

Search in Mata Mata Musik

Sempat Tuduh Vicky Cornell Korup Uang Konser Amal, Soundgarden Batalkan Gugatan

Posted on: 07/19/20 at 6:30 am

Sempat Tuduh Vicky Cornell Korup Uang Konser Amal, Soundgarden Batalkan Gugatan
Soundgarden (ki-ka): Ben Shepherd, Kim Thayil, Chris Cornell, Matt Cameron, Februari 2015 (Foto: Martin Philbey/Redferns).

Soundgarden telah membatalkan gugatan mereka terhadap Vicky Cornell, setelah menuduhnya menggunakan uang yang diraih dari konser amal mantan vokalis band, almarhum Chris Cornell, untuk “keperluan pribadi untuk dirinya dan keluarganya sendiri”.

Sebelumnya pada bulan Mei lalu, salah satu dedengkot grunge itu sempat menggugat balik janda dari Chris Cornell tersebut – suatu langkah yang dilakukan setelah Vicky Cornell mengajukan dokumen hukum terhadap Soundgarden pada bulan Desember tahun lalu.

Baca juga: Soundgarden Tuntut Janda Chris Cornell Atas Tuduhan Korupsi Uang Konser Amal

Vicky Cornell mengklaim bahwa Soundgarden menahan ratusan ribu dolar dalam bentuk royalti yang seharusnya menjadi haknya dan keluarganya – dengan perselisihan hukum itu juga melibatkan masalah hak cipta atas tujuh rekaman audio yang dibuat oleh Chris Cornell sebelum kematiannya pada Mei 2017.

Baca juga: Istri Chris Cornell Gugat Soundgarden Atas Royalti & Hak Cipta

Pada bulan Mei, para anggota Soundgarden yang masih hidup Kim Thayil, Matt Cameron dan Ben Shepherd menyebut keluhan Vicky Cornell sebagai “tindakan ofensif atas berbagai tuduhan palsu”, dengan surat-surat hukumnya juga mengklaim bahwa “semua penerima pendapatan dari konser amal Chris Cornell belum teridentifikasi, dan Vicky Cornell secara memadai telah gagal menanggapi pertanyaan formal dan informal dari pihak penggugat mengenai bagaimana pendapatan itu digunakan dan dimanfaatkan.

“Soundgarden telah menyadari dan percaya dan karenanya menuduh hal itu, perwakilan Vicky Cornell itu salah karena Vicky Cornell tidak memiliki niat untuk menggunakan sebagian atau semua pendapatan dari konser amal Chris Cornell untuk tujuan amal, tetapi malah untuk keperluan pribadi dirinya sendiri dan keluarganya”.

Sekarang, setelah tim hukum Vicky Cornell mengancam anggota Soundgarden dengan sanksi hukum dan menyebut tindakan mereka sebagai “memalukan dan secara obyektif sembrono”, band ini “sekarang setuju untuk secara sukarela membatalkan klaim konser amal mereka”.

Saat berbicara dengan The Hollywood Reporter, pengacara Vicky Cornell, Martin Singer mengatakan bahwa: “Ketika kami mengancam Soundgarden dengan fakta-fakta yang tidak terbantahkan bahwa klaim mereka tentang Vicky Cornell dan Cornell Charitable Foundation adalah tindakan yang memalukan dan dibuat-buat, dengan meminta pengadilan untuk memberi sanksi kepada mereka atas perilaku buruk mereka, mereka menyerah dan setuju untuk membatalkan klaim mereka”.

“Kami menantikan pengadilan untuk membuat Soundgarden dan pengacara mereka bertanggung jawab atas perilaku memalukan mereka, tetapi mereka malah membatalkan klaim tidak pantas itu karena mereka tahu bahwa mereka akan kehilangan mosi Aturan 11, yang digunakan di pengadilan untuk menghukum dan menghalangi pihak dan pengacara mereka dari mengejar klaim yang sembrono dan obyektif”.

Uang yang terkumpul dari konser amal I Am The Highway: A tribute to Chris Cornell di The Forum di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) pada 16 Januari 2019, digunakan untuk mendukung Epidermolysis Bullosa Medical Research Foundation.

Pada saat Soundgarden menggugat balik pada bulan Mei, Martin Singer mengatakan kepada Billboard bahwa: “Setiap satu sen dari hasil yang diperoleh dari konser amal itu dialokasikan dengan tepat dan dipertanggungjawabkan dan pernyataan mereka tidak hanya salah dan memfitnah, tetapi juga menunjukkan seberani apa mantan teman satu band Chris Cornell dalam menodai warisannya”.

Sementara itu, pertarungan hukum atas kepemilikan tujuh rekaman audio Chris Cornell masih akan berlanjut.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Che Cupumanik dan Robi Navicula

Che Cupumanik & Robi Navicula Rilis 'Jiwa Yang Berani' Untuk Rock Memb...

Robi (Navicula) dan Che (Cupumanik). Pada saat menjelang proses perilisan buku Rock Memberontak, sekitar tahun 2015. Vokalis Cupumanik, Che mengusulkan ide

on Oct 27, 2020
Foo Fighters live

Konser Pertama Foo Fighters Sejak Pandemi Di #SOSFest, Troubadour, Los...

Pada hari Sabtu, 17 Oktober, anggota Foo Fighters bersatu kembali untuk pertunjukan pertama mereka sejak awal pandemi kopad-kopid ora jelas. Sebagai bagian

on Oct 19, 2020
Linkin Park

Linkin Park Rilis Versi Demo 'In The End' Dari 20th Anniversary Hybrid...

Boleh dibilang Linkin Park adalah band nu-metal/alternative rock yang berhasil menguasai blantika musik rock di era awal millenium alias pada tahun 2000. A

on Oct 2, 2020
Mariah Carey

Mariah Carey Diam-Diam Pernah Membuat Album Alternative Rock!

Mariah Carey circa 1995. (Foto: via Frank Micelotta Archive/Getty Images). Hari ini, 29 September, Mariah Carey meluncurkan buku baru sekaligus buku memoar

on Sep 29, 2020