×
×

Search in Mata Mata Musik

Seorang YouTuber Bikin Lagu Metallica “Baru” Yang Ditulis Oleh Robot

Posted on: 06/11/20 at 7:00 am

Metallica konser di Global Citizen.
Metallica. (Foto: Theo Wargo/Getty Images for Global Citizen).

Seorang YouTuber yang inovatif telah merilis lagu Metallica “baru” untuk semua fans raksasa heavy metal ini di seluruh dunia dengan lirik yang ditulis seluruhnya oleh robot. Berkat usaha sang musisi parodi Kirt Connor (di bawah nama samaran Funk Turkey), kami sekarang memiliki lagu “thrash-terpiece” modern berjudul ‘Deliverance Rides’.

Baca juga: KISS, Metallica dan Post Malone Masuk Daftar Artis Bayaran Termahal 2020

Seperti yang dijelaskan oleh Kirt Connor dalam deskripsi YouTube-nya, “Dengan menggunakan lyrics.rip untuk mengikis database lirik dari Genius, aku membuat sebuah Markov Chain menulis lirik Metallica. Ini adalah hasil akhirnya – ‘Deliverance Rides’”.

Untuk menjelaskannya, lyrics.rip adalah situs web yang memungkinkan kamu untuk memasukkan nama artis siapa pun dan itu akan menghasilkan lirik untuk sebuah lagu “baru” berdasarkan lirik mereka yang sudah ada. Sebuah Markov Chain, menurut Wikipedia, adalah “sebuah model stokastik yang menggambarkan urutan peristiwa yang mungkin terjadi di mana probabilitas setiap peristiwanya hanya bergantung pada keadaan yang dicapai pada peristiwa sebelumnya”.

Jadi, dengan menghasilkan lirik acak untuk membentuk lagu “baru” oleh artis favorit kita ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Tetapi untuk bisa benar-benar merekam lagu itu adalah prestasi yang cukup keren, terutama mengingat bahwa Kirt Connor memainkan semua instrumen dan menangani bagian vokalnya juga.

“Semua musik/vokalnya dimainkan, di-mix, dan di-mastering oleh aku, di dapurku, menggunakan beberapa gitar murah, mikrofon jelek, dan salinan (aplikasi) ProTools yang jadul,” tulis Kirt Connor di YouTube. “Semua lirik disediakan oleh ROBOT YANG INGIN MENGUASAI KITA SEMUA (ALIAS lyrics.rip)”.

Kirt Connor sebenarnya sukses melakukan imitasi gaya James Hetfield dengan cukup baik, dan sukses menangkap nuansa lagu Metallica dalam instrumentasinya. “Aku mencoba untuk mendapatkan sound yang berada di antara album Master of Puppets dan The Black Album,” ujar Kirt Connor menjelaskan. “Suara dram Lars Ulrich cukup sulit untuk dieksekusi tanpa menghabiskan banyak uang (atau, dalam beberapa kasus, dengan hanya membeli tempat sampah). (Untuk) Bagian gitarnya banyak yang di-multi-tracked”.

Dan untuk liriknya, ada beberapa yang sangat bagus lho, seperti, “I’m the sun/ I’m insane/ Yes, she’ll never love/ Never me/ So let it be/ Death! / Deliverance Rides”.

Dalam beberapa bulan terakhir, Kirt Connor melakukan hal yang sama untuk Nickelback dan AC/DC, dengan menghasilkan lagu ‘Nobody Died Every Single Day’ dan ‘Great Balls’. Baru-baru ini, dia juga membuat lagu Red Hot Chili Peppers berjudul ‘Tool Shed’, meskipun imitasi Anthony Kiedis-nya tidak sebagus saat dia mengimitasi James Hetfield.

Baca juga: Whiskey In The Jar! Metallica Rilis Box Set Sebotol Wiski dan Vinyl

Nah, kamu pasti penasaran ‘kan untuk mendengarkan hasil lagunya seperti apa, sama kami juga, hehe. Ok selamat mendengarkan lagu Metallica yang ditulis oleh robot, ‘Deliverance Rides’ di bawah ini, dan kunjungi kanal YouTube Funk Turkey untuk lebih banyak video parodi yang keren.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021