×
×

Search in Mata Mata Musik

Serj Tankian (System Of A Down) Ejek Donald Trump Yang “Ngumpet” Dari Demonstran

Posted on: 06/3/20 at 10:00 am

Serj Tankian.
Serj Tankian.

Para personil band alternative metal System Of A Down (SOAD) telah memposting reaksi yang keras terhadap protes dan kerusuhan yang terjadi sebagai respons dari kematian George Floyd. Sang vokalis SOAD Serj Tankian memusatkan amarahnya kepada Presiden Donald Trump, sedangkan sang dramer John Dolmayan mengkritik para selebriti yang mendukung aksi penjarahan toko-toko dan para pengunjuk rasa yang ugal-ugalan.

Baca juga: Serj Tankian Akan Rilis Materi Musik System Of A Down Sebagai EP Solonya

Beberapa kota di Amerika Serikat (AS) sedang mengalami aksi massif protes, kerusuhan, dan penjarahan setiap harinya sebagai reaksi dari kematian tragis George Floyd akibat kebrutalan petugas kepolisian Minneapolis. Para demonstran menuntut hukuman setimpal kepada petugas polisi yang membunuh pria berkulit hitam tersebut.

Sementara kekerasan sedang meletus di Washington, D.C., AS, dilaporkan oleh banyak media massa bahwa Presiden Donald Trump malah berlindung di bunker Gedung Putih, bukannya muncul di hadapan rakyat untuk meredam kerusuhan.

Melihat berita utama semacam itu, Serj Tankian langsung posting di akun Instagramnya untuk mengejek Presiden Donald Trump dan mengungkapkan perasaannya mengenai aksi protes tersebut:

“Lari Donny ayo lari ke bunker kamu. Kamu mungkin menjadi Presiden AS pertama yang melakukan itu karena takut kepada warga negaramu sendiri. Seorang pemimpin sejati akan menyapa bangsanya dengan baik dan seorang pria sejati akan berhadapan langsung dengan para demonstran di jalanan. Tetapi sama seperti pemimpin korup yang tidak demokratis lainnya di masa lalu, kamu menyadari bahwa mereka bukan orang-orangmu karena kamu sebenarnya bukan Presiden kami. Protes-protes ini bukan hanya karena ras, tetapi juga karena ketidakadilan institusional yang dimulai dengan sistem pemilihan era perbudakan yang membuat kamu berkuasa, perusahaan pelobi K-Street, delegasi super dari korporatokrasi neo-liberal duopolistik berbentuk dua partai yang hari akhirnya telah tiba. Kamu menganggap Antifa sebagai organisasi teroris tetapi bukan KKK? Pelajaran dari revolusi damai yang sukses pada tahun 2018 di Armenia dapat diterapkan di AS dan di tempat lainnya di dunia. Berkoordinasi secara online dan memblokir setiap jalan di mana-mana dan memaksa rezim untuk mengundurkan diri. Waktunya telah tiba. Waktu kamu telah tiba @realdonaldtrump”.

John Dolmayan, yang telah menyatakan pandangannya di masa lalu yang berbeda dari teman satu bandnya di SOAD yang lebih memihak ke “kiri”, menggunakan platformnya untuk mendukung para demonstran yang damai sambil memperingatkan para penjarah toko yang kejam dan para selebriti yang secara langsung atau tidak langsung mendukung mereka:

“Bagi kalian yang melakukan protes secara damai, silakan terus melakukannya, satu-satunya cara untuk melembagakan perubahan moral yang kita semua dambakan adalah untuk melakukannya secara damai dan dengan menggabung suara massa sehingga menjadi satu suara yang tidak dapat disangkal. Kepada orang-orang terkenal yang memberikan dukungan keuangan kepada anggota Antifa yang dipenjara selama penjarahan ini mungkin upaya kalian akan terlayani secara lebih baik dengan membantu ribuan bisnis kecil yang dihancurkan oleh orang-orang ini. Itu sangat mudah untuk tersedot oleh narasi, jadilah lebih substantif, ada orang-orang di luar sana yang benar-benar berpikir bahwa kamu tahu sesuatu yang mereka tidak tahu dan sementara kalian bersembunyi di tempat-tempat aman kalian, mereka yang di jalanan sedang menderita. Aku berjanji untuk membantu bisnis kecil yang dihancurkan oleh kerusuhan mengerikan ini, aku berjanji untuk membuat suaraku didengar untuk mencari keadilan bagi George Floyd dan untuk membantu memastikan ini tidak terjadi lagi dengan cara apa pun yang diperlukan. Aku juga mendukung puluhan ribu pria dan wanita polisi yang berniat baik di AS yang pergi bekerja setiap hari untuk membantu menjaga kita semua tetap aman”.

Dalam berita lainnya, Serj Tankian baru-baru ini bekerja sama dengan Perdana Menteri Armenia untuk lagu baru berjudul ‘Hayastene’, dengan hasil keuntungannya didonasikan kepada berbagai upaya bantuan korban wabah kopad kapid-19. John Dolmayan, sementara itu, merilis album koleksi lagu cover pada awal tahun ini, mengcover berbagai lagu klasik milik David Bowie, Radiohead, dan banyak lagi. Album itu berjudul These Grey Men, menghadirkan penampilan tamu dari Serj Tankian, gitaris Rage Against The Machine Tom Morello, dan vokalis Avenged Sevenfold M. Shadows.

Baca juga: Serj Tankian (System Of A Down) Rilis Lagu Baru Untuk Armenia, ‘Hayastane’

SOAD seharusnya memainkan dua konser di Los Angeles, AS bareng Faith No More dan Korn bulan lalu, tetapi konser anyar itu kini telah dijadwalkan ulang menjadi bulan Mei 2021 karena pandemi kopad kapid-19.

Kamu bisa baca postingan Instagram yang dimaksud dari Serj Tankian dan John Dolmayan di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Ennio Morricone

Metallica, Avenged Sevenfold dan Lainnya Beri Tribute Kepada Ennio Mor...

Ennio Morricone (Foto: via Instagram), James Hetfiled (Foto: Melinda Oswandel). Di setiap konser Metallica sejak tahun 1983, sebelum segala macam riff, solo

on Jul 8, 2020
Bring Me The Horizon

Tonton Video 'Parasite Eve', Single Anyar Bring Me The Horizon Yang Ba...

Oli Sykes dalam video BMTH 'Paraste Eve'. (Foto: YouTube). Akhirnya tiba juga! Setelah berbulan-bulan merilis video teaser dari studio, Bring Me The Horizon

on Jun 26, 2020
Deftones

Album Baru Deftones Telah Rampung Digarap dan Siap Rilis Tahun Ini, Ka...

Deftones. (Foto: Frank Maddocks). Deftones mengabarkan telah merampungkan proses rekaman album terbaru mereka yang sudah sangat ditunggu para fans. Dramer b

on Jun 17, 2020
MAN ON MAN.

Roddy Bottum Rilis Lagu Pertama Dari Proyek MAN ON MAN Yang Sangat Ber...

Roddy Bottum dan Joey Holman (MAN ON MAN). (Foto: Kerrang). Sebagai lanjutan dari pengumuman proyek terbarunya yang bernama MAN ON MAN, kibordis band altern

on May 24, 2020