×
×

Search in Mata Mata Musik

Serj Tankian Akan Rilis Materi Musik System Of A Down Sebagai EP Solonya

Posted on: 05/17/20 at 6:30 am

Serj Tankian (System of a Down).
System of a Down saat tampil di Sonic Temple Festival 2019. (Foto: YouTube).

Serj Tankian telah menyibukkan dirinya dengan seabrek-abrek proyek musik selama satu setengah dekade terakhir di mana System of a Down belum merilis musik baru satu pun, tapi dia telah informasikan keberadaan koleksi “lagu rock” yang ditulisnya untuk materi band alternative metal itu sejak setidaknya Juni 2018.

Sementara tiga anggota System of a Down lainnya telah menulis materi musik yang cukup untuk sebuah album dalam beberapa tahun terakhir, Serj Tankian sekarang mengatakan bahwa dia akan terus maju dengan ide lagu-lagunya yang akan dirilis sebagai mini album alias EP solonya karena perbedaan kreatif yang terus mencegah keempat anggota band itu dari mengerjakan materi musik baru bersama.

Baca Juga: Serj Tankian (System Of A Down) Rilis Lagu Baru Untuk Armenia, ‘Hayastane’

Dalam sebuah wawancara dengan Spin tentang Fuktronic, proyek musik elecktronik barunya bersama Jimmy Urine dari Mindless Self Indulgence, subyeknya beralih ke System of a Down dan Serj Tankian pun menguraikan lagu-lagu rock yang telah dia kerjakan untuk sementara waktu:

Ceritakan lebih banyak tentang proyek EP rock yang akan kamu rilis ini.

“Awalnya aku merencanakan lagu-lagu ini untuk album System of a Down jika kami akhirnya ingin mengerjakan album baru. Tapi karena kami tidak bisa benar-benar saling setuju mengenai bagaimana prosesnya akan berjalan maka aku memutuskan untuk menyelsaikan lagu-lagu itu sendiri dan merilisnya sebagai EP solo saya”.

Jadi fans tidak perlu mengharapkan album baru dari System of a Down dalam waktu dekat.

“Aku tidak tahu, men. Itu belum terjadi. Tapi aku tidak menutup kemungkinan”.

Kenapa EP itu mengingatkanmu dengan System of a Down?

“Aku selalu memiliki lagu rock acak yang sudah aku lakukan pada waktu yang berbeda dan aku hanya menyimpannya. Dan kemudian suatu hari proyek yang tepat atau ide yang tepat untuk merilisnya biasanya akan muncul. Semua lagu tersebut memiliki suara piano atau synthesizer, yang sedikit berbeda dengan kru empat orang bersama System of a Down, meskipun kami memiliki beberapa unsur synth juga. Ada beberapa lagu yang sangat-sangat cadas dan ada aspek lucunya juga, dan kemudian ada lagu tentang anakku. Itu semacam menjalankan tantangan terhadap keragaman ekspresi tematik: politik, non-politik. Aku rasa aku memang selalu begitu, secara keseluruhan. Aku pikir aku akan menyebutnya Elasticity hanya karena aku ingin melakukannya dengan System of a Down dan itu tidak terjadi. Bagiku, ini bukan Toxicity tetapi memang Toxicity. Hahaha. Semacam itulah judul yang aku pikirkan. Aku belum menyelesaikannya, tapi aku akan menyebutnya dengan judul seperti itu. Kami mungkin akan merilisnya sekitar akhir tahun ini”.

Bagaimanapun, bagian kata “akhir tahun ini” dari wawancara itu rasanya cukup bikin fans tidak sabar selama masa krisis global seperti ini. Meskipun kabar baik juga bahwa akan ada rilisan baru dari proyek solonya Serj Tankian. Tapi bagi sebagian besar fans, jelas yang lebih ditunggu adalah album baru System of a Down. Album terakhirnya adalah album dobel, Mesmerize/Hypnotize yang dirilis tahun 2005 alias 15 tahun yang lalu.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Poppy

    Poppy Kembali Via Single Baru 'Her' Dengan Gaya Post-Grunge Ciamik

    Poppy (Foto: Jenn Five). Poppy is back! Penyanyi cantik dan eksentrik pengusung genre "crossover" ini kembali dengan single barunya, 'Her'. Lagu yang diprod

    on Jul 1, 2021
    Gelora Saparua

    Gelora Saparua: Episentrum Sejarah Geliat Rock & Metal Indonesia

    Gelora Saparua. Sesuai namanya, Gelora adalah akronim dari Gelanggang Olahraga. Selain lapangan atletik dan taman sarana umum, salah satu tempat di dalam a

    on Jun 7, 2021
    600 Musisi

    600 Musisi (RATM, Serj Tankian) Serukan Boikot Israel Dukung Palestina

    Lebih dari 600 musisi menyerukan kepada rekan-rekan sesama musisi mereka untuk memboikot pertunjukan apapun di Israel sebagai bentuk dukungan untuk Palesti

    on May 27, 2021
    King Gizzard & The Lizard Wizard

    King Gizzard & The Lizard Wizard Siap Rilis Album Ke-18, "Butterfly 30...

    King Gizzard & The Lizard Wizard (Foto: Jason Galea). King Gizzard & The Lizard Wizard. Yoi Australia punya nih. Setelah Tame Impala, gaya rock retr

    on May 12, 2021