×
×

Search in Mata Mata Musik

Serj Tankian Siap Rilis EP Solo Barunya, ‘Elasticity’ Musim Gugur Tahun Ini

Posted on: 08/15/20 at 8:30 am

Serj Tankian Siap Rilis EP Solo Barunya, ‘Elasticity’ Musim Gugur Tahun Ini
Serj Tankian. (Foto: Amy Harris).

Vokalis System Of A Down (SOAD), Serj Tankian akan merilis EP solo barunya yang berjudul Elasticity pada musim gugur tahun ini.

Baca juga: Serj Tankian (System Of A Down) Ejek Donald Trump Yang “Ngumpet” Dari Demonstran

Serj Tankian belum lama ini merekam video untuk single pertama EP tersebut yang berjudul ‘Rumi’. Judul ‘Rumi’ ternyata diambil dari nama anak laki-lakinya Serj. Beberapa gambar dari sesi perekaman video itu bisa lo lihat di ujung artikel ini.

Bulan Mei lalu, Serj Tankian mendeskripsikan Elasticity sebagai koleksi “lagu rock” yang pertama kali ditujukan untuk album baru SOAD. Doi mengatakan kepada SPIN: “Awalnya, gue membayangkan lagu-lagu ini untuk album System Of A Down jika kami akhirnya ingin membuat sebuah album System Of A Down. Tapi karena kami belum bisa saling sepakat perihal bagaimana cara kami akan mengerjakan album itu, gue memutuskan untuk menyelesaikan lagu-lagu itu sendiri dan merilisnya sebagai sebuah EP (solo)”.

Musisi jenius berdarah Armenia itu kemudian mengatakan kepada Grammy.com bahwa lagu-lagu di Elasticity “mencakup lebih banyak suara synth daripada kebanyakan lagu System Of A Down lainnya, lebih banyak (chord) arpeggiated semacam itu, tetapi lagu-lagunya masih memiliki alur yang cadas dan juga banyak lagu balada indah yang lebih mirip dengan ‘Elect The Dead’ dan beberapa lagu solo gue sebelumnya. Ini adalah EP yang sangat bagus,” tutur Serj Tankian.

Serj Tankian ungkap alasan dia memberi judul EP itu Elasticity sebagai permainan kata dari album pendobrak dunia SOAD dari tahun 2001, Toxicity.

SOAD belum merilis lagu atau album baru sejak merilis album Mezmerize dan Hypnotize, yang dirilis pada tahun 2005 lalu. Tak terasa sudah 15 tahun lalu!

Pada tahun 2018, gitaris SOAD, Daron Malakian secara terbuka menuduh bahwa Serj Tankian nggak mau merekam musik bersama band ini, dengan Serj Tankian kemudian membalas dengan mengatakan bahwa masalah kreatif dan finansial dengan Daron Malakian menyebabkan kebuntuan dalam proses kreatif SOAD. Dalam sebuah pesan di Facebook, Serj Tankian menulis bahwa Daron Malakian ingin mengontrol proses kreatif SOAD, mengambil lebih banyak uang penerbitan dan menjadi satu-satunya anggota band yang berbicara kepada pers.

Tahun lalu, Serj Tankian memberi tahu Rolling Stone bahwa perselisihan publiknya dengan rekan bandnya itu nggak membuka percakapan lainnya tentang masa depan band mereka. “Gue rasa itu telah melepaskan banyak ketegangan dan (energi) negatif,” katanya. “Semuanya menjadi lebih publik dan terbuka, dan begitulah. Nggak ada diskusi lebih lanjut lagi”.

SOAD memainkan beberapa konser live pada Mei 2019, termasuk sebagai headliner di festival Sonic Temple di Columbus, Ohio, Amerika Serikat dan Chicago Open Air.

Baca juga: Serj Tankian Akan Rilis Materi Musik System Of A Down Sebagai EP Solonya

Band ini dijadwalkan untuk memainkan sejumlah festival musik di Eropa musim panas ini, tetapi semua konser itu telah dibatalkan karena pandemi virus Corona yang melanda dunia.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Nova Abdillah

Solois Alt-Rock Nova Abdillah Lepas Single 'Lost' Sebagai Kontemplasi ...

Nova Abdillah. Kabar baik datang dari scene musik Yogyakarta, suatu kontemplasi akhir tahun tentang keterbatasan ruang gerak pada masa pandemi dari seorang

on Dec 3, 2020
System Of A Down

System Of A Down 'Chop Suey!' Jadi MV YouTube Metal Pertama Raih 1 Mil...

System Of A Down saat syuting video musik 'Chop Suey!'. MV (Music Video) untuk lagu klasik System Of A Down 'Chop Suey!' telah mencapai lebih dari 1 miliar

on Nov 28, 2020
Pas

PAS Band 'Sesungguhnya', Single Baru Setelah 12 Tahun Resesi

Pas Band. (Foto: via Facebook/Pas Band). Penantian para Passer (sebutan fans Pas Band) selama 12 tahun akhirnya terwujudkan melalui single baru Pas Band yan

on Nov 27, 2020
12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Terbaik

12 Kolaborasi Lagu Cover Rock & Metal Secara Social Distancing Terbaik

Tahun 2020 memang penuh tragedi dan menyebalkan tentunya, terutama sejak dimulainya pandemi Covid-19 alias Kopad-Kopid Kagak Jelas ini, di mana seluruh sek

on Nov 23, 2020