×
×

Search in Mata Mata Musik

Setelah 50 Tahun, Brand Amplifier Top Mesa/Boogie Diakuisisi Oleh Gibson

Posted on: 01/8/21 at 10:00 am

Setelah 50 Tahun, Brand Amplifier Top Mesa/Boogie Diakuisisi Oleh Gibson
Ki-ka: Cesar Gueikian, Randy Smith, James “JC” Curleigh. (Foto: dok. Gibson).

Gibson, salah satu brand instrumen musik yang ikonik di Amerika, belum lama ini mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi Mesa/Boogie, salah satu brand yang paling disegani dan bergengsi dalam dunia amplifikasi gitar dan bass. Mesa/Boogie, perusahaan amplifier ini didirikan 51 tahun lalu oleh Randy Smith, yang bertanggung jawab untuk menciptakan sirkuit inovatif yang menggerakkan beberapa sound paling berpengaruh di zaman kita. Kini Randy akan bergabung dengan Gibson sebagai Master Designer dan Pioneer of Mesa/Boogie dan seterusnya. Dalam peran barunya, Randy akan melanjutkan kecintaannya pada teknologi tabung dan visinya untuk membuat amplifier kerajinan tangan yang berkinerja tinggi, yang terus mendefinisikan ulang bagaimana kita memiliki pengalaman dengan seluruh sound dari Mesa/Boogie dan Gibson.

Baca juga: Bagian Dari Sejarah Musik Metal, Gitar Flying V Akan Dirilis Film Dokumenternya

Ruang kerja Randy Simith berawal di sebuah kandang anjing yang doi ‘sulap’ menjadi bengkel amplifier gitar yang berlokasi di tengah hutan redwood California Utara. Dari sana Randy Smith mengembangkan amplifier untuk band-band hebat di wilayah San Francisco sejak 50 tahun yang lalu ketika peralatan vintage masih terbilang baru. Dekat dengan begitu banyak gitaris-gitaris hebat, dari Mike Bloomfield hingga Santana dan The Rolling Stones, Randy Smith mempelajari kelebihan dan kekurangan peralatan di era tersebut dan memulai proses inovasi yang berlanjut hingga hari ini. Mesa/Boogie, perusahaan yang didirikan Randy Smith, adalah pembuat amplifier modern pertama dan merevolusi kinerja amplifier dengan cara yang memengaruhi musik rock di seluruh dunia. Bersamaan dengan menghormati dan meningkatkan sound klasik vintage yang dibesarkan dengannya, Randy Smith, melalui Mesa/Boogie memelopori penemuan High Gain.

“Di Gibson, kami semua tentang memanfaatkan masa lalu ikonik kami dan condong ke masa depan yang inovatif, suatu pencarian yang dimulai lebih dari 100 tahun yang lalu dengan pendiri kami, Orville Gibson,” kata James “JC” Curleigh, Presiden dan CEO Gibson Brands. “Hari ini, pencarian ini berlanjut dengan penambahan Mesa/Boogie ke dalam keluarga Gibson Brands, bersama dengan kepemimpinan visioner Randy Smith dan timnya yang, selama 50 tahun terakhir, telah menciptakan brand ikonik dan inovatif yang telah teruji oleh waktu. Ini adalah kemitraan sempurna berdasarkan pengalaman profesional kolektif kami dan gairah untuk sound“.

“Saya berusia 75 tahun dan masih bekerja setiap hari,” kata Randy Smith. “Ini adalah seni saya dan banyak dari kru kami telah bekerja bersama saya selama 30 hingga 40 tahun. Saat kami menyaksikan JC dan Cesar mengubah Gibson, kami melihat semangat yang sama berbagi nilai-nilai yang sama dan dedikasi yang kuat terhadap kualitas. Saat ini, gitar Gibson adalah yang terbaik dan ketika mereka bertanya apakah kami ingin menjadi toko custom Gibson untuk amplifier, kami membayangkan kolaborasi sempurna yang akan memperluas jangkauan kami sambil melestarikan warisan kami melebihi masa saya. Gibson menyadari nilai unik dari apa yang telah kami bangun bersama-sama dan bab berikutnya dalam kisah Mesa/Boogie ini merupakan kelanjutan dari mimpi itu. Saya sangat beruntung dapat bermitra dengan Gibson baru ini setelah 50 tahun melakukan apa yang saya sukai. Ini merupakan perjalanan hidup saya… dan itu belum berakhir!”

“Mesa/Boogie, yang dipimpin oleh Randy, telah memberikan sound tanpa kompromi sejak awal, dan itu sangat cocok untuk kami,” tambah Cesar Gueikian dari Gibson Brands. “Kami sangat menantikan untuk menjadi penjaga terbaik warisan ikonik Mesa/Boogie yang kami bisa, dan pada saat yang sama, menjadi pengurus masa depan. Kami merasa terhormat bahwa Randy dan tim Mesa/Boogie telah mempercayai kami untuk memimpin Mesa/Boogie ke masa depan. Bersama-sama, kami akan terus mengejar pencarian sound, kualitas, dan keahlian bersama kami, serta mendorong batasan-batasan bagaimana sound gitar tersampaikan dan terasakan”.

“Ini sangat menarik, gue nggak bisa memikirkan perusahaan yang lebih baik untuk membawa obor Mesa/Boogie, dan gue nggak sabar untuk melihat apa yang bisa kita lakukan bersama,” kata Adam Jones, gitaris Tool, band prog-rock/metal pemenang Grammy Awards 2020. “Gue sudah menggunakan amplifier dan cabinet Mesa/Boogie untuk waktu yang lama. Gue menggunakannya di rumah, di studio ketika gue merekam dan di atas panggung ketika gue bermain live, amplifier itu memenuhi semua kebutuhan gue”.

Baca juga: Slash Prediksi 2021 Album Baru Guns N’ Roses dan Slash Featuring Miles Kennedy

“Gue sudah menggunakan gitar Gibson bersama dengan ampli Mesa/Boogie di atas panggung dengan THE ROOTS selama lebih dari satu dekade,” kata Cpatain Kirk Douglas, gitaris untuk grup hip-hop legendaris pemenang Grammy Awards, THE ROOTS. “Baru-baru ini, gue melakukan banyak rekaman di rumah dengan Mesa/Boogies gue, sangat menyenangkan melihat kedua brand bergabung dengan kekuatan kolaboratif”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Tony Iommi

    Tony Iommi & Gibson Luncurkan Gitar SG Special Replika 1964 "Monkey"

    Tony Iommi (Foto: dok. Gibson). Tony Iommi, sang riff lord legenda Black Sabbath dan Gibson telah meluncurkan gitar listrik SG Special seri baru. Model sign

    on Aug 18, 2021
    Kirk Hammett

    Kirk Hammett (Metallica) Resmi Menjadi Artis Endorsement Gitar Gibson

    Kirk Hammett (Foto: Ross Halfin/dok. Gibson). Kirk Hammett, gitaris legendaris Metallica, baru saja mengumumkan kemitraan barunya dengan perusahaan brand gi

    on Jul 30, 2021
    Dave Mustaine

    Umumkan Kemitraan Dengan Dave Mustaine, Gibson Bagikan Foto Prototipe ...

    Dave Mustaine. (Foto: dok. Gibson). Sang 'arsitek agresi' Megadeth Dave Mustaine baru-baru ini mengumumkan dirinya sebagai brand ambassador terbaru gitar Gi

    on Feb 24, 2021
    Gibson Luncurkan Seri Gitar Chris Cornell Tribute ES-335

    Gibson Luncurkan Seri Gitar Chris Cornell Tribute ES-335

    Gitar semi-hollow mendiang vokalis Soundgarden ini  kembali diluncurkan di konser tribute untuk Chris Cornell. Oleh: Michael Astley-Brown (Music Radar)

    on Jan 17, 2019